Labels

Ajaib (105) Akhir Zaman (12) Akuntansi (1) Alam (344) Aneh (896) Anime (19) Asal Usul (175) Cerita (73) Cewek (73) Cowok (37) Design (143) Download (7) Ekonomi (27) Fakta (2346) Fenomena (80) fotografi (74) Games (4) Geografi (53) Gila (92) GO Green (58) Hebat (670) Hewan (262) Ilusi (11) Indah (268) Indonesia (196) informasi (3209) Inspirasi (126) Kamus (2) Kecantikan (79) kesehatan (607) Langka (58) lifestyle (232) Love (3) Lucu (156) Makanan (115) Mantap (448) Menakjubkan (1401) Misteri (64) Mitos (39) Movie (1) Otomotif (59) Parfum (2) Puzzle (19) Rapture (2) Relationship (81) Renungan (27) Resensi (3) Resep (3) Science (190) Seni (93) Serba 10 (443) Sport (99) Teknologi (391) Tips (768) Travel (101) Trik (471) Unik (1072) Wallpapers (1)

Saturday, November 6, 2010

Membanting Kemurungan di Bantimurung

Oleh Amril Taufik Gobel

Sedang murung atau sedih? Jangan risau.

“Banting saja kemurunganmu di Bantimurung,” seloroh kawan saya saat kami bercakap mengenai obyek wisata andalan di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Jaraknya lebih kurang 45 km dari Kota Makassar.

Dan memang benar, selama saya melewatkan masa SMA di Maros dulu (1986-1989), Bantimurung menjadi pilihan berwisata bagi kami sekeluarga dan teman-teman sekolah. Selain memang tempatnya dekat, air terjun serta obyek wisata lain yang ada di sekitarnya menawarkan keindahan. Kemurungan itu rasanya bagai terbanting. Dari pusat kota Maros, Bantimurung sudah dapat dijangkau dengan waktu lebih kurang 20 menit dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Secara geografis objek wisata Bantimurung memiliki luas wilayah mencapai 6.619,11 km2 Memasuki kawasan ini, kita akan disambut oleh sebuah gapura besar dengan kupu-kupu raksasa, diikuti patung kera berukuran jumbo. Ini menandakan Bantimurung merupakan habitat asli kupu-kupu dan kera.

Photo credits - TEMPO/Ayu Ambong

Air terjun jatuh perlahan melalui batu cadas dari ketinggian 15 meter dan lebar 20 meter menyajikan nuansa alam yang khas. Selain pemandangan alam yang indah, air terjun ini juga dimanfaatkan oleh pengunjung untuk kegiatan mandi atau sekadar untuk merasakan percikan sejuk air pegunungan.

Di sekitar air terjun, terdapat cekungan-cekungan sungai yang biasa dimanfaatkan pengunjung untuk berenang. Di sebelah kiri air terjun terdapat jalan wisata dan tempat duduk permanen yang membatasi jalan dengan sungai, terusan dari air terjun. Biasanya pengunjung yang datang sekadar mengabadikan gambar panorama air terjun. Di sebelah kanan air terjun, terdapat areal yang cukup landai untuk berkumpul bersama keluarga dengan menggelar tikar sambil menikmati pemandangan. Pengunjung juga bisa duduk di bawah pepohonan rindang atau mandi di air terjun.

Photo credits - TEMPO Zulkarnain

Taman Wisata Alam Bantimurung secara umum bergelombang sampai berbukit-bukit. Batuan kapur membentuk bebukitan terjal di kanan kiri sungai. Daerah datar terletak di bagian selatan, tempat terdapatnya air terjun dan kolam. Daerah datar lainnya yang mempunyai panorama cukup menarik terletak di bagian utara taman wisata alam, dapat ditempuh melalui jalan setapak dari air terjun. Vegetasi yang terdapat di Taman Wisata Alam Bantimurung adalah tipe hutan hujan pegunungan yang didominasi oleh famili Liniaceae, antara lain; jambu hujan (Eugenia sp), jabon (Anthocepalus cadamba), pala-pala (Mangifera sp), enau (Arenga pinnata), centana (Pterocarpus indicus) dan lain-lain.

Photo credits - TEMPO Zulkarnain

Selain menikmati pesona air terjun Bantimurung, terdapat objek wisata lain di sekitar kawasan ini yakni goa mimpi dan goa batu. Goa Mimpi merupakan salah satu tempat yang digemari. Di dalam goa terdapat stalaktit (relief batu yang terbentuk dari tetesan air dan menggantung di atas langit-langit goa) indah dengan kumpulan kristal. Bening dan mampu memantulkan cahaya. Di sekelilingnya diterangi lampu sehingga memperindah suasana dalam goa. Inilah yang membuatnya disebut goa mimpi karena ketika berada di dalamnya, kita seakan-akan berada dalam mimpi.

Untuk menuju Goa Batu dibutuhkan stamina yang prima meskipun pengelola sudah membuatkan anak tangga setinggi 10 meter. Perjalanannya cukup jauh dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 20 menit. Namun setelah tiba, segala kelelahan segera terbayar dengan pemandangan indah serta air terjun kecil yang begitu asri. Belum lagi keindahan di dalam goa dengan stalaktit dan stalagmite sepanjang lorong 30 meter.

Photo credits - TEMPO Rully Kesuma

Pada 1856 – 1857, Alfred Russel Wallace menghabiskan sebagian hidupnya di Indonesia untuk meneliti berbagai jenis kupu-kupu, termasuk kupu-kupu Bantimurung. Menurut Wallace, Bantimurung merupakan The Kingdom of Butterfly karena ditemukan beragam spesies kupu-kupu langka yang jarang terdapat di daerah lain. Berbagai jenis kupu-kupu yang terdapat di kawasan tersebut antara lain dari family Saturnidae, Nocturnidae, Spingidae dan Nyphalidae. Jenis kupu-kupu tersebut menurut para ahli hanya terdapat di Taman Wisata Alam Bantimurung. Menurut Matimu (1977) dan Achmad (1998) dalam Buku Rencana Pengelolaan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (2006), terdapat 103 jenis kupu-kupu yang ditemukan di sana, dan sebaran kupu-kupu jenis komersil seperti Troides haliptron dan Papilio blumei adalah dua jenis endemik yang mempunyai sebaran sangat sempit, yaitu hanya pada habitat berhutan di pinggiran sungai.

Untuk menjaga kupu-kupu dari kepunahan, pemerintah setempat membuat penangkaran di lokasi ini, dan tentunya menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung. Selain penangkaran, ada juga museum kupu-kupu sebagai informasi dan pusat data kupu-kupu yang hidup di alam Bantimurung. Sebelum pulang jangan lupa untuk membeli oleh-oleh kupu-kupu indah Bantimurung yang sudah diawetkan dalam bingkai kaca dengan jumlah variatif. Oleh-oleh ini bisa dipajang di dinding rumah sebagai kenangan dan tanda bahwa Anda sudah mengunjungi “Kerajaan Kupu-Kupu” di Bantimurung.

Photo credits - TEMPO Zulkarnain

Untuk menikmati kesejukan dan keindahan Bantimurung, pengunjung cukup membayar retribusi karcis sebesar Rp 5000 untuk dewasa dan Rp 3500 bagi anak-anak. Bagi Anda yang ingin berlama-lama di sini, tersedia fasilitas penginapan dengan kisaran harga antara Rp 40 ribu sampai Rp 60 ribu plus fasilitas televisi di dalamnya.

Selamat membanting kemurungan di Bantimurung!

http://id.travel.yahoo.com/jalan-jalan/41-membanting-kemurungan-di-bantimurung?cid=today

Surono: Letusan Besar Merapi Bisa Terjadi


VIVAnews
- Aktivitas Gunung Merapi melewati tengah malam semakin meningkat. Radius zona aman diperluas menjadi di luar 20 kilometer. Kondisi ini diduga adanya dorongan magma terdalam yang bisa memicu ledakan dahsyat.

"Ini adalah skenario ketiga yang tidak saya sukai. Ini dapat membuat eksplosif menjadi besar karena yang mendorong sekarang adalah magma paling dalam," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, Doktor Surono, di tvOne, Jumat 5 November 2010 dini hari.

Menurut Surono, akibat dorongan magma terdalam dari gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah-DIY itu, terjadi getaran secara terus-menerus. Getaran timbul terus meluas.

Maka itu, PVMBG mengeluarkan imbauan agar pengungsi mundur dari titik maksimum batas bahaya 20 kilometer. Ini merupakan perluasan radius bahaya kedua setelah awalnya ditetapkan 10 dan 15 kilometer dari puncak Merapi.

Surono menambahkan, letusan yang terjadi sampai detik ini merupakan rangkaian letusan sejak Rabu 3 November 2010 sekitar pukul 11 siang. "Letusan belum berhenti, getaran semakin kuat. Satu letusan besar bisa terjadi," ujar doktor gunung berapi lulusan Prancis ini.

Peningkatan aktivitas Merapi terjadi menjelang tengah malam atau dini hari Jumat 5 November 2010. Peningkatan aktivitas Merapi ditandai dengan adanya suara gemuruh menggelegar yang tidak kunjung berhenti

Friday, November 5, 2010

Spesifikasi Yamaha Lexam | Harga Yamaha Lexam | Foto & Video


Spesifikasi Yamaha Lexam | Harga Yamaha Lexam | Foto & VideoSpesifikasi Yamaha Lexam | Harga Yamaha Lexam | Foto & Video. Yamaha Lexam adalah salah satu motor bebek matic buatan yamaha dengan transmisi gear otomatis, Untuk Yamaha Lexam Specification sendiri mengusung mesin 110 cc menggunakan transmisi otomatis dengan teknologi Y-Cat atau dengan bahasa panjangnya Yamaha Compact Automatic Transmission. Walaupun banyak yang beranggapan kalau Yamaha Lexam akan menjadi rivalnya motor bebek matik pertama di Indonesia yaitu Revo Techno AT lansiran Honda. Motor matic baru dari Yamaha ini memang telah beredar di negara Vietnam tahun lalu.

Yamaha Lexam adalah bebek matik Yamaha yang sudah lebih dulu meluncur di Vietnam. Mengadopsi teknologi Yamaha Compact Automatic Transmission (YCAT), meski berbentuk layaknya motor tipe bebek, tapi transmisi Yamaha Lexam sudah automatic dengan continuously variable transmission (CVT) layaknya skutik.

Yamaha Lexam Andalkan Y-CAT

Y-CAT adalah teknologi andalan Yamaha untuk mengahdapi teknologi CV-Matic honda. Teknologi ini mengandalkan drive belt dengan elastisitas tinggi yang terbuat dari bahan resin. Keunggulan teknologi ini adalah performa maksimal mesin dapat diperoleh pada putaran rendah, dan untuk mencapai kinerja maksimum tidak perlu mengkonsumsi banyak bahan bakar.

Spesifikasi Yamaha Lexam | Harga Yamaha Lexam | Foto & Video

Spesifikasi Yamaha Lexam

  • Mesin : 4 stroke, single cylinder, 2 valve, SOHC, air cooled four stroke
  • Kapasitas : 113.7cc
  • Tenaga maksimum : 6.18 kW / 8000 rpm
  • Torsi maksimum : 8.23 Nm / 6500 rpm
  • Kapasitas Tangki : 4.1 liter
  • Sistem : Karburator
  • Pengapian : CDI
  • Sistem Kopling : Basah – Sentrifugal Matic
  • Sistem Transmisi : V Belt Y-CAT
  • Dimensi p x l x t : 1.920mm x 680mm x 1.075mm
  • tinggi : 760 mm
  • berat : 98 – 108 kg

Video Yamaha Lexam




Harga Yamaha Lexam belum dirilis, nampaknya Harga Yamaha Lexam ada di kisaran 15 jutaan.

Spesifikasi Yamaha Lexam | Harga Yamaha Lexam | Foto & Video


Airbus 380, Si Bongsor Seharga Rp3,4 Triliun

Penumpang Qantas Airways A380 saat tiba di Bandara Changi Singapura, Kamis (4/11). Foto: Chong/REUTERS

SIAPA sangka, pesawat superjumbo Airbus A380 milik maskapai Qantas mendarat darurat di Singapura setelah mesinnya rusak di langit Batam adalah kecelakaan pertama pesawat terbesar di dunia itu. Dan maskapai penerbangan Qantas juga dikenal paling nyaman dan masuk lima besar sebagai maskapai terbaik di dunia. Pesawat jenis A380 adalah pesawat kebanggaan Airbus.

Dia menjadi bintang Paris Air Show 2005 ketika prototipenya dipamerkan. Sejak terbang perdana pada 27 April 2005, belum ada pesawat penumpang yang memecahkan rekor kapasitas penumpangnya. A380 bisa memuat penumpang sampai 525 penumpang untuk model tipikal 3 kelas kabin yaitu ekonomi, bisnis dan kelas satu. Bahkan, A380 bisa mengangkut sampai 853 penumpang untuk versi yang seluruhnya kelas ekonomi.

Mesin pesawat superjumbo jet ini pun mumpuni. A380 ini dilengkapi 4 mesin jet pabrikan Rolls Royce. Pesawat ini panjangnya 73 meter dengan rentang sayap 80 meter. A380 sanggup melesat sampai 900 km/jam. Sementara untuk kabin penumpangnya pun dilengkapi dengan berbagai fasilitas top. Harganya juga top, sekitar Rp3,4 triliun.

Penumpang kelas satu ada yang mendapatkan kabin pribadi, galeri seni, bahkan fasilitas spa, tergantung maskapainya. Singapore Airlines bangga bukan main saat pertama kali menjadi maskapai komersil yang menerbangkan A380 pada 25 Oktober 2007.

Namun, insiden di Batam akan menjadi catatan buruk pesawat bongsor ini. Seperti dilansir AFP, Kamis (4/11/2010) inilah insiden pertama A380 di dunia. A380 milik maskapai Qantas Airways dengan nomor penerbangan QF32 terbang dari London ke Sydney dengan transit di Singapura. QF32 menggunakan Airbus A380-800 buatan tahun 2008.

Nah, insiden ini terjadi dalam perjalanan dari Singapura ke Sydney. Saat baru terbang 6 menit, satu mesin jet ini mengalami kerusakan. Bahkan, ada komponen fiberglass dari pesawat yang berjatuhan dari langit.

Warga Batam sempat mendengar seperti suara meledak dan melihat pesawat berasap. Sementara pecahan dari penutup mesin jet ini berjatuhan menimpa mobil, sekolah dan juga warga Batam. Atas kejadian ini, pilot memilih balik ke Bandara Changi Singapura dan telah mendarat dengan selamat.

Jubir Airbus di Toulouse, Prancis, seperti dilansir channelnewsasia.com masih menolak untuk berkomentar. “A380 beroperasi dengan baik,” ujarnya pendek.

Saat ini, sekitar 15 maskapai penerbangan sudah memesan pesawat A380 ini dengan total 154 order. Pemesanan tertinggi dilakukan oleh Emirates sejumlah 41 buah. Maskapai lain yang juga memesan A380 ini antara lain Lufthansa, Qantas, Singapore Airlines, dan Malaysia Airlines. Sedangkan Garuda Indonesia memesan untuk penerbangan haji yang masih dalam tahap kesepakatan.

Airbus sendiri menyatakan bisa memenuhi pesanan 4 buah per bulan. Penerbangan komersial pertama sudah digembar-gemborkan oleh Singapore Airlines yang sudah mempromosikan bahwa mereka akan menjadi maskapai pertama yang menggunakan A380 untuk rute London dan Sydney dari Singapura.

Sementara, Qantas memesan dua belas Airbus A380-800 dengan pilihan dua belas lainnya di tahun 2000.

Maskapai ini akan menjadi yang kedua (setelah pengguna pertama Singapore Airlines) yang menerima A380 dan dijadwalkan menerima empat pesawat pada akhir 2008 dan tujuh pada pertengahan 2009, setelah Airbus melaporkan penundaan pengiriman lebih lanjut. Qantas menukar 8 pilihan pada A380, menambah pesanan resmi menjadi 20 unit. Semua pesawat dikirim antara 2008 hingga 2015.

Warga Batam sendiri, tidak mengira yang meledak itu pesawat Qantas A380 milik Australia dan berlogo kangguru warna merah dengan latar belakang putih. Sementara, Lion Air berlogo singa berwarna merah dengan latar juga putih. Sepintas, kedua pesawat ini mirip saat mengudara.

Warga menduga pesawat Lion yang terbakar dan meledak di udara. Apalagi, dua hari sebelumnya Lion Air tergelincir saat mendarat di bandara Supadio, Pontianak. Jadi, kalau pesawat celaka, tak perduli pesawat canggih maupun pesawat tua. (afp/aat)

(berita terkait kejadian kemarin pagi) Mesin Pesawat Qantas Meledak

Petugas bandara Changi, Singapura, menyemprotkan cairan khusus untuk memadamkan api di mesin pesawat A 380 milik maskapai Qantas setelah mendarat darurat dengan selamat. Foto: Vivek Prakash/REUTERS

Mendarat Darurat di Singapura, 433 Penumpang Selamat

Langit Batam pagi kemarin, Kamis (4/11) tampak cerah. Warga pun baru saja memulai aktivitas kerja mereka. Jarum jam saat itu menunjukkan pukul 09.15 WIB. Namun, tiba-tiba langit Batam menggelegar. Suara letupan keras begitu jelas terdengar. Khususnya di Kawasan Batam Centre. Warga Batam Centre pun berhamburan keluar rumah dan kantor, ingin melihat apa yang terjadi.

Tepat di atas Perumahan Duta Mas, tampak sebuah pesawat tiba-tiba terbang rendah dari arah Singapura. Mesin kedua bagian kiri mengeluarkan percikan api—yang diikuti asap tebal. Pesawat ini pun terbang melambat.

“Saya terkejut, saya kira ada bom meledak, rupanya mesin pesawat meledak,” ujar Faiza,28, warga Perumahan Legenda Bali, sambil memperhatikan pesawat yang mesinnya mengeluarkan asap tebal.

Warga menduga pesawat itu jatuh di Dam Duriangkangatau sekitar Telaga Punggur. Ada juga yang mengira mendarat darurat di Bandara Hang Nadim Batam. Bahkan, ada yang mengira jatuh di Taman Raya.

Dugaan itu ternyata meleset, beberapa saat kemudian, tampak pesawat itu putar haluan arah Singapura. Kemudian beberapa kali berputar di atas udara Batam. Sempat juga berputar lama di atas laut lepas (out port limited/OPL).

“Setelah mutar-mutar, terbang lagi menuju Singapura,” kata Bagong, wartawan Batam TV yang sempat mengabadikan momen itu di atas gedung Graha Pena—Batam Pos, di lantai 10.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Kelompok Seksi Teknis Keselamatan ATC Bandara Hang Nadim, Elfi Amir. “Tidak ada mendarat di Hang Nadim. Itu pesawat luar negeri yang kendalinya dipegang bandara Changi Singapura. Pasti mendarat di Changi,” ujarnya.

Informasi yang diperoleh Batam Pos, pesawat yang mesinnya meledak itu ternyata Airbus 380 superjumbo milik maskapai Qantas Aiways, Australia. Pesawat itu baru 15 menit lepas landas dari bandara Changi, Singapura menuju Sydney, Australia. Sebelumnya, Pesawat dengan nomor penerbangan QF32 terbang dari London, Inggris, ke Singapura.

Christopher Lee, salah satu penumpang pesawat itu mengungkapkan, suasana yang sempat mencekam di dalam pesawat. Ketika itu, dia dan para penumpang baru sekitar 15 menit lepas landas dari Bandara Changi.

“Setelah meninggalkan Singapura, terdengar ledakan. Bunyinya tidak hanya sekali, namun dua kali dan kemudian terdengar suara berderik di dalam kabin,” kata Lee kepada stasiun radio Australia, ABC Radio, dikutip vivanews.com.

Dia mengungkapkan, peristiwa itu terjadi saat pesawat terus terbang ke atas dan tanda wajib kenakan sabuk pengaman masih menyala. Lee kemudian memuji kesigapan para awak kabin yang segera mengambil prosedur darurat dan mengabarkan pilot atas kejadian yang dialami di kabin penumpang.

Pilot pun berhasil mendaratkan pesawat relatif mulus. “Saya sering menjalani penerbangan internasional, satu hingga dua kali dalam seminggu dan ini merupakan salah satu pendaratan paling mulus yang saya alami,” kata Lee.

Penumpang Qantas lainnya juga menyatakan mendengar bunyi ledakan keras beberapa saat setelah pesawat lepas landas dari bandara Singapura.

“Kami dengar suara boom. Saat melongok ke luar jendela, saya melihat api menyala di sayap pesawat,” ujar Ulf Waschbusch, warga Jerman.

“Selanjutnya, beberapa pecahan kecil di bagian sayap kiri jatuh,” lanjut eksekutif perusahaan teknologi di Singapura tersebut yang hendak berlibur ke Sydney, Australia. “Kami semua (para penumpang, Red) tak sampai panik. Para kru membantu dengan cekatan dan luar biasa. Saya merasa ditangani dengan baik,” ungkapnya.

Tyler Wooster, 16, duduk di kursi dekat jendela di atas bagian sayap pesawat ketika insiden tersebut. “Tiba-tiba saya dengar bunyi ledakan yang sangat keras seperti suara meriam. Saya tidak tahu apa yang terjadi di bagian mesin. Tapi, saya lihat ada lubang besar di bagian sayap. Tampaknya, bagian sayap habis dikuliti,” tuturnya.

Larry Heragy, penumpang lain, merasa ada yang tidak beres ketika dirinya mendengar bunyi ledakan dari luar pesawat.
“Sekitar 10 sampai 15 menit setelah pesawat lepas landas, kami mendengar ledakan keras. Lalu, terdengar ledakan keras lain di bagian belakang mesin,” ujarnya.

Kerusakan mesin diperkirakan terjadi pada pesawat Qantas yang lepas landas dari Singapura pukul 09.56 waktu setempat (pukul 08.56 WIB) itu. Selanjutnya, pesawat mendarat sekitar satu jam 50 menit kemudian.

Pihak Qantas justru membantah terjadi ledakan. Namun, setelah pesawat menyentuh landasan Bandara Changi, Singapura, api terlihat masih menyala pada mesin di bagian sayap kiri dekat badan pesawat. Asap juga muncul di bagian tersebut. Petugas pemadam kebakaran bandara langsung menyemprotkan air ke bagian itu.

Melalui pemeriksaan, diketahui bagian atas sayap kiri pesawat rusak. Selain itu, lempengan yang dicat logo kanguru terbang warna merah hilang. Seorang petugas penyelidik menuturkan, pesawat mengalami kerusakan di bagian belakang salah satu di antara empat mesinnya.

Lembaga investigasi kecelakaan udara Prancis, BEA, menyatakan, para pakar mereka akan dilibatkan dalam penyelidikan insiden tersebut. “Yang kami ketahui sementara ini, penutup mesin hilang. Kerusakan di bagian belakang motor jet itulah yang mengakibatkan terjadinya masalah,” kata juru bicara BEA di Paris.

Juru bicara Qantas, Olivia Wirth, mengakui ada masalah di salah satu mesin. “Ada masalah di mesin nomor dua dan mesin itu langsung dimatikan serta pesawat tiba dengan selamat,” kata Wirth seperti dikutip ABC News. (cr6/spt/nur/jpnn)


http://www.batampos.co.id/mesin-pesawat-qantas-meledak.html#more-21211

Satu Jam Jadi Pegawai Pizza Diberi Gaji $19.400


Sebuah restoran Pizza, Domino Pizza menawarkan gaji £19,400 untuk jadi pegawainya dan hanya untuk waktu 1 jam.
Bahkan Domino Pizza gak meminta syarat-syarat khusus untuk menjadi pegawainya.

Yang menariknya lagi, Domino Pizza tidak memerlukan pegawai dengan banyak pengalaman. Yang tidak punya pengalaman pun boleh melamar untuk mendapatkan gaji £19,400 tersebut.


Adapun gaji yang lumayan untuk jangka waktu 1 jam itu dilakukan dalam rangka merayakan ulang tahun ke 25 Domino Pizza di kota tersebut.

“Pada dasarnya, kerjaan itu untuk semua orang yang berusia lebih dari 18 tahun, tidak ada pertanyaan tentang pendidikan atau pengalaman,” ujar Jubir dari Domino.

“Kami sebenarnya sedikir terkejut dengan jumlah respon terkait hal itu," ujarnya lagi.

Banyak komentar di sebuah artikel Jepang tentang penawaran itu yang mengatakan kalau gaji itu murah untuk dampak iklan dan uang itu sebaiknya dipakai untuk penggunaan yang lebih baik, misalnya seperti untuk menaikkan gaji pekerja secara keseluruhan.

“Jika aku mendapatkannya, aku gak bisa kerja untuk jadi takut dengan apa yang orang sekitarku pikirkan,” tulis salah seseorang.

(Pic) Kisah Sepasang Kekasih di bawah Rintik Hujan (so sweet...)

Ini adalah beberapa foto tentang pasangan cinta.
Ini adalah kisah cinta nyata dan sangat romantis.
Hal ini semua sangat lucu dan menceritakan kisah nyata cinta.

romantic_proposal_in_640_01.jpg (411×600)

romantic_proposal_in_640_02.jpg (410×600)

romantic_proposal_in_640_03.jpg (409×600)

romantic_proposal_in_640_04.jpg (413×600)

romantic_proposal_in_640_05.jpg (640×209)

romantic_proposal_in_640_06.jpg (600×382)

romantic_proposal_in_640_07.jpg (411×600)

romantic_proposal_in_640_08.jpg (411×600)

romantic_proposal_in_640_09.jpg (600×382)

Bukti Indonesia sebagai Calon Kekuatan Ekonomi Baru Dunia

Optimisme tentang masa depan ekonomi Indonesia kian mengemuka. Apalagi, setelah sejumlah lembaga dan institusi bergengsi dunia mulai memasukkan negeri ini sebagai calon kekuatan ekonomi baru di masa yang akan datang.

"Saya melihat, Indonesia bukan sekedar berpotensi masuk kelompok BRIC, tetapi bisa menggeser posisi Rusia," ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan di Jakarta, Selasa, 2 November 2010.

BRIC adalah akronim yang dipopulerkan oleh Goldman Sachs Group pada 2001, merujuk pada empat negara calon kekuatan ekonomi baru dunia pada 2020. BRIC kepanjangan dari Brazil, Rusia, India dan China. Total produk domestik bruto (PDB) BRIC diperkirakan mencapai US$30,2 triliun atau melampaui PDB tujuh negara industri maju (G-7) pada 2027. Bahkan, BRIC akan menjadi kekuatan ekonomi paling dominan pada 2050.

Namun, BRIC dianggap belum mencerminkan potensi kekuatan ekonomi yang lebih luas, termasuk sejumlah negeri berkembang. Untuk mengakomodasinya, Goldman Sachs membuat istilah baru, yakni Next11. Ini mencakup Indonesia, Turki, Korea Selatan, Meksiko, Iran, Nigeria, Mesir, Filipina, Pakistan, Vietnam dan Bangladesh.

Morgan Stanley malah mengusulkan tambahan Indonesia pada BRIC menjadi BRICI. Alasannya, dalam lima tahun ke depan, lembaga terkemuka ini memperkirakan PDB Indonesia bakal mencapai US$800 miliar.

Senada dengan itu, majalah bergengsi The Economist, pada Juli 2010 juga memasukkan Indonesia sebagai calon kekuatan ekonomi baru pada 2030 di luar BRIC. The Economist mengenalkan akronim baru dengan sebutan CIVETS, kepanjangan dari Colombia, Indonesia, Vietnam, Egypt, Turkey dan South Africa. The Economist memperkirakan PDB enam negara ini rata-rata akan tumbuh 4,5 persen per tahun selama 20 tahun ke depan.

"Kemunculan CIVETS akan mempercepat pergeseran ekonomi global ke wilayah Timur dan Selatan," tulis Economist.

Kini, proyeksi sejumlah lembaga asing tersebut mulai bergema di Jakarta. Dalam sebuah forum diskusi bertema "Indonesia The Next I in BRICI?" yang digelar di Jakarta, kemarin, sejumlah petinggi dan eksekutif menyuarakan optimistisme serupa.

"Indonesia memiliki semua prasyarat untuk masuk jajaran elit BRIC. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menambahkan 'I' pada akronim BRIC untuk menjadi BRICI," kata Wakil Direktur Bank Mandiri Riswinandi. "Sebab, label ini jadi acuan investor asing menanamkan modal mereka."




Menurut Kepala Ekonom Bank Mandiri, Mirza Adityaswara, ada sejumlah alasan mengapa Indonesia layak disejajarkan dengan negara BRIC.

- Pertama, wilayah Indonesia tergolong luas hingga lebih dari 3 juta km2.
- Kedua, potensi pasar RI besar dengan jumlah penduduk 230 juta jiwa.
- Ketiga, memiliki kekayaan sumber daya alam, bahkan produsen nomor satu minyak sawit mentah, nomor dua timah dan eksportir besar batu bara.
- Keempat, pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen per tahun. Bahkan, RI menjadi satu dari tiga negara di dunia dengan pertumbuhan ekonomi positif pada 2008 bersama Cina dan India.
- Kelima, PDB per kapita Indonesia pada 2009 sekitar US$3.900 atau lebih baik dari India yang hanya US$2.900.
- Keenam, fiskal Indonesia tergolong sehat dengan defisit hanya 1,6 persen, lebih kecil dari defisit anggaran Rusia sebesar 6 persen, Brasil 3,3 persen, India 10 persen dan China 2,2 persen.

Bahkan, Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD) memuji ekonomi RI cukup tangguh dalam menghadapi krisis global. PDB Indonesia pada 2009 sebesar 4,6 persen atau ketiga terbesar dalam kelompok negara G-20, setelah China dan India. "Situasi terkini memberi peluang unik bagi Indonesia untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan taraf hidup secara berkelanjutan," kata Sekretaris Jenderal OECD, Angel Gurria.

Namun, untuk mengejar impian sebagai negara berpengaruh di bidang ekonomi ada sejumlah syaratnya. OECD menyebutkan Indonesia harus serius menerapkan agenda reformasi, seperti perbaikan sistem pemungutan pajak, peningkatan efektivitas belanja negara, serta penegakan sistem hukum. "Subsidi energi Rp144 triliun pada 2010 harus dihapuskan bertahap," katanya. Dengan begitu, Indonesia punya anggaran lebih besar untuk membiayai infrastruktur yang kurang memadai.

Xavier Salai Martin, Chief Advisor dari World Economic Forum juga menyebutkan sejumlah syarat yang hampir sama agar Indonesia masuk jajaran ekonomi bergengsi. Syaratnya adalah perbaikan infrastruktur fisik, peningkatan mutu birokrasi, penegakan sistem hukum dan menjaga stabilitas ekonomimakro.

"Waspadai soal infrastruktur, jika tidak investasi, Indonesia takkan bisa mencapai pembangunan yang diharapkan."


Ref: VivaNews

42 Gambar Ilustrasi yang tercipta Dari Api

shadow-light13

chymere

freaky665


eic

ShadowUmbre

Noldofinve


sakimichan

DesignSpartan

Daelyth

alexiuss

alexiuss

Saimain

MindStep

mceric


Radojavor

exileddelusion

Amuletz


Varges

alexandrabirchmore

kir-tat

Twelfth

ladyofdragons

Daina-Lockie

Red-IzaK

Keun-chul

traxyn

souls-poison

Scarlet-Fog

dolphy

algy

checkered-fadora

nooblar

ShadowUmbre

Eeren

garun

kuschelirmel

tomer666

Spell

VegasMike

Phanox

DeadRedneck

roger-that007



http://www.lintasberita.com/go/1439561

Related Posts with Thumbnails

Entri Populer