Labels

Ajaib (105) Akhir Zaman (12) Akuntansi (1) Alam (344) Aneh (896) Anime (19) Asal Usul (175) Cerita (73) Cewek (73) Cowok (37) Design (143) Download (7) Ekonomi (28) Fakta (2345) Fenomena (80) fotografi (74) Games (4) Geografi (53) Gila (92) GO Green (58) Hebat (669) Hewan (262) Ilusi (11) Indah (268) Indonesia (197) informasi (3209) Inspirasi (126) Kamus (2) Kecantikan (79) kesehatan (607) Langka (58) lifestyle (232) Love (3) Lucu (156) Makanan (115) Mantap (448) Menakjubkan (1400) Misteri (64) Mitos (39) Movie (1) Otomotif (59) Parfum (2) Puzzle (19) Rapture (2) Relationship (81) Renungan (27) Resensi (3) Resep (3) Science (190) Seni (93) Serba 10 (442) Sport (99) Teknologi (391) Tips (768) Travel (101) Trik (471) Unik (1072) Wallpapers (1)

Wednesday, November 3, 2010

Kopi nusantara yang sehat untuk penderita sakit maag


kopiKopi adalah jenis minuman yang paling digemari nomor dua di Indonesia setelah minuman teh. Kopi termasuk minuman yang paling disukai tidak hanya oleh para orang tua, namun juga oleh anak-anak muda. Sebagian masyarakat di Indonesia mengkonsumsi kopi untuk pendamping aktivitas sehari-hari, karena dari bahan kopi inilah terkandung bahan kafein yang berkasiat untuk mempertahankan stamina terutama berguna bagi siapa saja yang membutuhkan untuk menambah daya tahan mata dan tubuh, terutama bagi orang-orang yang memerlukan jam kerja ekstra untuk digunakan sebagai penghilang rasa kantuk dan lelah.

Dari beberapa riset yang ada dikemukakan bahwa kopi dapat memberikan efek ketagihan atau kecanduan bagi para pengguna yang rutin tiap hari mengkonsumsinya. Kopi juga bisa mengakibatkan dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi pengguna kopi yang melebihi batas wajar dalam mengkonsumsi kopi. Namun apapun dampak yang akan diakibatkan dari minum kopi, kenyataannya minuman kopi menjadi sesuatu yang favorit dan banyak digemari oleh siapa saja dan dari kalangan apa saja. Kopi sudah menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari para pengguna yang merasakan lebih banyak manfaatnya dari pada keburukannya. Bahkan kopi bisa menjadi penyemangat tersendiri bagi siapa saja yang membutuhkan waktu untuk kerja malam, dan juga dibutuhkan oleh siapa saja yang memerlukan untuk mengikuti acara-acara khusus yang diadakan pada malam hari seperti menonton acara sepak bola dunia dan lain sebagainya.

Namun perlu disadari juga bahwa bagi sebagian orang, minuman kopi akan sangat dihindari terutama bagi orang-orang yang mengalami atau menderita suatu penyakit tertentu seperti penyakit maag. Seseorang yang sudah memiliki penyakit maag akan berusaha menghindari dan menghilangkan kebiasaan minum minuman yang terbuat dari kopi. Biasanya penderita sakit maag akan merasa mual dan muntah jika meminum minuman kopi. Lalu bagaimana tindakan bagi para penggemar kopi untuk bisa terhindar dari rasa sakit akibat kopi yang dikonsumsinya jika mereka menderita sakit maag? Apakah jika seorang penggemar kopi yang sudah bertahun-tahun bahkan puluhan tahun sudah mengkonsumsi kopi lalu akan begitu saja berhenti dari kebiasaan minum kopi karena dia terkena sakit maag?

Tulisan ini saya buat untuk sedikit memberikan informasi kepada siapa saja yang sudah divonis menderita sakit maag namun tidak ingin terlepas dari kebiasaan minum kopi. Kebetulan suatu waktu saya pulang kerja seperti biasanya dari kantor menuju ke rumah saya, seperti kebiasaan setiap harinya saya selalu menyalakan radio FM yang ada di mobil saya. Waktu itu secara kebetulan ada sebuah radio favorit di kota ini yang sedang membahas tentang kebiasaan mimum kopi bagi para penderita sakit maag. Dijelaskan bahwa sekarang ini sudah bukan zamannya lagi bagi seseorang yang menderita penyakit maag untuk berhenti dari mengkonsumsi minum kopi. Ternyata telah dilakukan penelitian oleh sebuah produsen kopi yang ada di kota Bandung bahwa kopi yang telah disimpan bertahun-tahun di gudang penyimpanan bisa mengurangi kadar asam yang terkandung di dalam kopi. Kopi yang masih baru dan langsung diolah menjadi bahan baku yang akan dijadikan sebagai minuman kopi ternyata mempunyai kadar asam yang tinggi dan akan berakibat buruk khususnya bagi lambung manusia. Jika asam dari kopi tersebut masuk ke dalam perut maka akan mengakibatkan rasa mual, penuh disertai perasaan ingin muntah. Namun dari penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa kopi yang telah disimpan selama 8-10 tahun bisa mengurangi kadar asam yang terkandung di dalam kopi hingga 0%.Kadar asam dari kopi yang telah disimpan tersebut ternyata tidak berpengaruh kepada para pengguna kopi khususnya untuk para penderita sakit maag. Rasa dan aroma kopi itupun tidak berbeda dengan kopi yang hanya disimpan dalam beberapa waktu saja. Ini menunjukkan bahwa kopi yang telah disimpan dengan waktu yang lama tersebut bisa dikonsumsi oleh siapa saja khususnya penderita sakit maag tanpa harus takut dan khawatir penyakitnya akan kambuh ketika meminum minuman kopi.

Alangkah indahnya jika semua kopi bisa disajikan dengan cara menyimpan dalam kurun waktu seperti itu. Mungkin akan banyak orang yang tidak akan takut lagi mengkonsumsi kopi meskipun mereka sudah menderita penyakit maag tadi. Semoga dengan adanya penelitian ini bisa memberikan informasi yang baik khususnya bagi para produsen minuman kopi untuk melakukan langkah yang sama terhadap proses produksi untuk menghasilkan minuman kopi yang lebih sehat dan menyehatkan.

Bagaimanapun juga kopi adalah aset bangsa yang perlu dilestarikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat kita sendiri. Kopi merupakan minuman nusantara yang dihasilkan, diolah, dan diproduksi oleh bangsa kita sendiri. Selain akan menguntungkan bangsa kita sendiri, dengan mengkonsumsi kopi berarti juga menyelamatkan aset negara yang cukup berharga, karena selain memberikan kenikmatan dan khasiat tesendiri, minuman kopi juga bisa meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia. Bayangkan jika seluruh masyarakat kita tiap hari bisa mengkonsumsi kopi yang sehat, maka jutaan petani dan pekerja di bidang produksi kopi akan semakin terbantu dalam peningkatan kesejahtreaan kehidupan mereka. Dan tidak sampai disitu saja, dengan peningkatan hasil dan produksi kopi yang dimanfaatkan sendiri oleh bangsa ini, kita juga bisa mempertahankan sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia dan mampu menyejahterakan rakyatnya dengan hidup sehat menggunakan kopi yang diolah dengan cara sehat pula.
(winarnoedy@gmail.com)

http://edywinarno.com/2010/01/olimpiade-komputer/

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Entri Populer