Labels

Ajaib (105) Akhir Zaman (12) Akuntansi (1) Alam (344) Aneh (896) Anime (19) Asal Usul (175) Cerita (73) Cewek (73) Cowok (37) Design (143) Download (7) Ekonomi (27) Fakta (2346) Fenomena (80) fotografi (74) Games (4) Geografi (53) Gila (92) GO Green (58) Hebat (670) Hewan (262) Ilusi (11) Indah (268) Indonesia (196) informasi (3209) Inspirasi (126) Kamus (2) Kecantikan (79) kesehatan (607) Langka (58) lifestyle (232) Love (3) Lucu (156) Makanan (115) Mantap (448) Menakjubkan (1401) Misteri (64) Mitos (39) Movie (1) Otomotif (59) Parfum (2) Puzzle (19) Rapture (2) Relationship (81) Renungan (27) Resensi (3) Resep (3) Science (190) Seni (93) Serba 10 (443) Sport (99) Teknologi (391) Tips (768) Travel (101) Trik (471) Unik (1072) Wallpapers (1)

Saturday, October 9, 2010

6 manfaat kacang bagi kesehatan

(wap.sh)

Selain dikenal sebagai salah satu kudapan favorit, kacang ternyata kaya akan vitamin E, asam folat, berbagai mineral, serta asam amino arginine. Meski begitu, sebaiknya pilih kacang yang tidak asin dan dalam jumlah kecil. Beberapa jenis kacang, seperti walnut atau kenari mengandung 650 kalori.

Para peneliti dari California, Amerika, menemukan pola makan harian yang mengandung kacang-kacangan efektif untuk menurunkan kolesterol jahat dan mengandung sterol, komponen yang sering ditambahkan di margarin untuk mengurangi penyerapan kolesterol.

Selain dikonsumsi langsung, kacang juga bisa dihancurkan agak kasar dan menjadi taburan di atas makanan. Setiap jenis kacang memiliki manfaat yang berbeda. Karena itu Anda bisa memilihnya sesuai dengan jenis pencegahan penyakit yang ingin dilakukan.

1. Penurun kolesterol
Para peneliti dari Universitas Loma Linda, California, menemukan kacang almond, makadamia dan kacang pecans membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Peneliti dari Kanada tahun 2002 juga menemukan konsumsi 74 g kacang almond setiap hari akan menurunkan LDL hingga 9,4 persen.

2. Menunda keriput
"Hazelnut sangat baik untuk memperbahui sel-sel kulit karena kaya vitamin E dan asam lemak esensial yang akan membuat kulit tetap kenyal dan mencegah keriput," kata Kumud Gandhi, peneliti makanan dan pendiri Cooking Academy. Kumud merekomendasikan kacang sebagai alternatif pengganti biskuit atau cokelat. Konsumsi 8 buah hazelnuts empat kali dalam seminggu demi kulit indah.

3. Meningkatkan kesuburan

Produksi sperma membutuhkan nutrisi yang spesifik yang kebanyakan tidak didapat dari menu modern, seperti selenium. Salah satu sumber selenium adalah kacang Brazil.

4. Mencegah diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang bisa membantu kita terhindar dari penyakit diabetes dan sindrom metabolik lainnya. Menurut para peneliti, hal itu karena berkurangnya jumlah sel lemak (lipid) dalam darah dan berkurangnya kerusakan sel dan inflamasi.

5. Mencegah pikun
Para peneliti dari University Tuft, Boston, menemukan kandungan aplha-linolenic acid (ALA) pada kacang, dan juga polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan, akan menghambat sinyal penyebab kerusakan pada jalur di otak. Jenis kacang yang disarankan untuk mencegah penurunan daya ingat adalah almond dan kenari.

6. Mencegah kanker
Jenis vitamin E, Gamma-tocopherol, yang terdapat dalam kacang pistachio, diyakini para ahli mampu menurunkan risiko kanker paru. Mengonsumsi kacang pistachio secara rutin juga efektif untuk mencegah penyakit jantung karena bisa menurunkan kadar LDL.
(dat07/pas)

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=148331:6-manfaat-kacang-bagi-kesehatan&catid=28:kesehatan&Itemid=48

12 Tanda Saat Tubuh Perlu Ketenangan


(Foto: thinkstock)

Jakarta,
Panik bisa terjadi kapan saja dan berhubungan dengan banyak hal, seperti uang, pekerjaan, anak-anak atau mertua. Tapi pada kondisi tertentu tubuh juga perlu ketenangan dan terbebas dari serangan panik. Ini dia 12 tanda saatnya tubuh perlu ketenangan.

Saat panik datang atau berada dalam situasi tertekan, maka seseorang memiliki pilihan untuk melawan rasa panik tersebut atau justru melarikan diri. Pada saat bersamaan hormon stres akan mengalir melalui sistem tubuh, jika tidak segera diatasi hormon stres ini dapat menimbulkan kerusakan fisik dan mental.

Dikutip dari Health24, Kamis (30/9/2010) ada 12 sinyal yang dikeluarkan sebagai tanda bahwa tubuh memerlukan ketenangan, yaitu:

1. Merasa pusing
Saat panik, seseorang tidak bisa berpikir dengan jernih. Lonjakan adrenalin akan menyebabkan sebagian aliran darah dialihkan dari otak dan dikirim ke otot. Hal ini akan menimbulkan rasa sakit kepala ringan.

2. Bernapas lebih cepat
Otot-otot tubuh membutuhkan peningkatan kadar oksigen agar bisa berfungsi dengan baik saat panik. Satu-satunya cara untuk mendapatkan banyak oksigen adalah dengan mempercepat proses bernapas.

3. Tidak bisa tidur
Ketika panik, akan muncul banyak pikiran dan perasaan cemas sehingga membuat seseorang tetap terjaga. Sebuah proses kimia yang kompleks akan memicu seseorang tertidur setiap malamnya, tapi proses ini akan terhambat jika adanya hormon kortisol yang tinggi. Padahal seharusnya hormon ini berada di tingkat terendah saat malam hari.

4. Tubuh merasa gatal dan muncul eksim
Kelebihan hormon kortisol saat panik akan merangsang pelepasan histamin di dalam tubuh. Kondisi ini akan memicu timbulnya gatal-gatal di kulit atau eksim yang tiba-tiba muncul kembali.

5. Tubuh berkeringat
Ketika panik, maka denyut jantung dan tekanan darah akan meningkat. Hal ini menyebabkan seseorang berkeringat lebih banyak untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

6. Penglihatan menjadi kabur
Ada banyak penyebab penglihatan seseorang menjadi kabur. Tapi ketika terjadi serangan panik, akan membuat tekanan darah tinggi yang memicu sakit kepala dan menyebabkan penglihatan kabur.

7. Menjadi lebih sering ke toilet
Beberapa orang yang menderita kecemasan atau kepanikan akan membuat tubuh kehilangan vitamin B6 dan menyebabkan seseorang menjadi sering buang air kecil.

8. Berat badan naik atau turun
Saat panik menyerang beberapa orang ada yang mencoba mengatasinya dengan cara makan yang tidak sehat atau justru tidak memiliki nafsu makan. Kondisi ini membuat berat badan seseorang menjadi bertambah atau justru menurun.

9. Mudah terkena sariawan
Salah satu penyebab sariawan adalah kekurangan vitamin B12, dan pemicunya bisa berasal dari adanya tegangan atau kepanikan secara terus menerus.

10. Mengonsumsi alkohol lebih banyak
Beberapa orang ada yang mengatasi rasa paniknya dengan mengonsumsi alkohol, tapi jika konsumsinya berlebihan akan membuat tubuh menjadi stres dan memperburuk kondisinya.

11. Sering terkena infeksi
Ketika tubuh sering mengalami panik, maka secara tidak langsung tubuh selalu berada dalam kondisi siaga. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi sistem kekebalannya, sehingga lebih mudah terkena infeksi.

12. Tidak tertarik pada seks
Percaya atau tidak saat tubuh merasakan kepanikan, maka seks tidak termasuk dalam daftar kebutuhan yang penting. Dan jika kepanikan terus menerus terjadi, maka akan menjadi malapetaka bagi tingkat libido seseorang.

Jika mengalami kondisi tersebut, berilah tubuh waktu untuk beristirahat atau tenang. Misalnya dengan cara mempelajari yoga, menghirup aromaterapi yang menenangkan, bernapas dalam-dalam atau mengonsumsi air putih.

10 Rekor Aneh yang Pernah Ada di Dunia

1. Menyemprotkan Susu Terbanyak ke Mata




Pada tahun 2004, orang Turki Mehmet Yilmaz menyemprotkan susu dari mata ke dalam secangkir kopi pada jarak 2 meter dan 70 cm, pengaturan baru aneh Guinness World Record. Mr Yilmaz, 28, telah menguasai disiplin mata-menyemprotkan - mengisap susu melalui hidung ke mata sebelum menyemprotkan keluar di meja.





2. Tumor Terbesar di Dunia




Pada bulan Agustus 2010, dokter mengeluarkan tumor dengan berat hampir empat batu - 24 kilo, atau 56 pon - dari seorang wanita di Argentina. Sudah tumbuh di dalam tubuhnya selama 18 bulan. Pertumbuhan yang besar itu dibawa keluar dari rahim 54 tahun selama operasi empat jam di sebuah rumah sakit di dekat ibukota, Buenos Aires. Pasien yang tidak disebutkan namanya telah habis berat lebih dari 16 dan batu setengah - lima batu 7 £ kurang dari ketika ia mengakui.

3. Makan Kecoa Terbanyak di Dunia

Sebuah perangkap tikus pensiun dan penghibur paruh waktu, Ken Edwards dari Glossop, Derbyshire, Inggris, makan 36 kecoa dalam satu menit di set "The Big Breakfast", pada tanggal 5 Maret 2001. 47 trik Ken tikus-down-the-celana disebabkan seperti aduk bahwa ia menjadi selebriti semalam. Teman-temannya dan keluarga sekarang digunakan untuk tindakan aneh dan Ken berkata, "Jika aku harus benar-benar melakukan sesuatu yang normal maka mereka akan bereaksi!"






4. Angkat Berat Terberat Dengan Lidah





Warga Inggris Thomas Blackthorne telah dipukuli sendiri Guinness Record dengan mengangkat baja kotak-perspex besar berbingkai penuh pasta - dengan lidahnya!Usaha catatan telah di Roma pada "Circo Massimo" acara yang merupakan alasan untuk pasta. Kotak ditimbang 12 kg, 26 dan setengah kilogram.





5. Makan Otak Terbanyak di Dunia





Jepang yang terkenal kompetitif pemakan Takeru Kobayashi memegang rekor dunia hotdog makan selama hampir enam tahun, dan memegang beberapa catatan makan lainnya, sedangkan peringkat ketiga di dunia untuk makan kompetitif. Itu saja harus memberinya tempat dalam daftar kita, tapi salah satu catatan paling mengesankan ia memegang berkaitan dengan otak sapi: ia makan £ 17,7 itu dalam 15 menit.

6. Wanita Paling Keras Bersendawa





The bersendawa paling keras diukur dari jarak 2,5 m (8 ft 2 in) dan 1 m (3 kaki 3) tinggi, baca 104,75 dB pada bersertifikat dan dikalibrasi kelas 1 pengukuran presisi meteran tingkat kebisingan, dicapai oleh Jodie Taman (AS ) pada set catatan menunjukkan Lo dei, di Madrid, Spanyol, pada tanggal 16 Februari 2008.

7. Obyek Terbesar Dihapus Dari Tengkorak Manusia





Pada tahun 1998, ketika ia berada di rumah seorang teman di Jacksonville, Florida, seorang penyerang yang tidak diketahui ditikam Michael Hill di kepala dan kiri, menganggap bahwa target itu akan berbaring dan mati seperti manusia normal. Sebaliknya, Michael berjalan menyusuri jalan ke rumah seorang teman untuk mendapatkan bantuan dengan pisau hidup 8 inci masih tertanam dalam hal abu-abu. Peluang menentang, bola perunggu Michael menjelaskan bahwa ia "... tidak merasakan sakit pada awalnya dan itu hanya ketika aku berada di rumah sakit itu memukul saya dan saya merasa seperti mata saya melotot."
kedatangan Hill dan pengobatan di pusat Jacksonville Shands Trauma didokumentasikan dan disiarkan di seri KLT Trauma: Hidup di UGD.
Meskipun pisau besar menembus otaknya, Hill sadar dan responsif ketika tiba di rumah sakit. Empat jam setelah ia tiba pisau itu telah dihapus. Hill bertahan bahkan tanpa infeksi dan dalam waktu tujuh hari habis dari rumah sakit, meskipun pisau telah menyebabkan kerusakan permanen pada ingatan dan lumpuh tangan kirinya. Dia sekarang telah sakit kepala sesekali dan kebutuhan obat untuk mencegah kejang. Dia sekarang pemegang bangga Guinness Record untuk "Terbesar Obyek Dihapus Dari Human Skull".

8. Memasukkan Belatung Terbanyak ke Dalam Mulut dalam Satu Jam







Charlie Bell, seorang pekerja baja bekas, memecahkan rekor dunia untuk "paling banyak belatung digerakkan oleh mulut dalam satu jam." Bell dilaporkan membawa dua kaki persegi belatung hidup dalam satu jam dari satu wadah ke yang lain hanya menggunakan mulutnya.The-35-tahun dari Leyton, London Timur, mengaku "Itu menjijikkan."

9. Laba-laba Terbanyak yang Diletakkan Pada Tubuh Selama 30 Detik







Tom Buchanan, seorang anak Australia, mengklaim rekor dunia untuk memiliki laba-laba yang paling di tubuhnya selama 30 detik. Dia telah 125 laba-laba Golden Orb di tubuhnya untuk total 55 detik. Golden Orb laba-laba yang tidak beracun, menurut Buchanan, tetapi mereka menggigit dan dapat membuat tubuh Anda membengkak.

10. Mencium Bau Kaki Terbanyak di Dunia





Madeline Albrecht Cincinnati, Ohio, tahu ia ditetapkan untuk kebesaran ketika ia disewa oleh Top Hill Penelitian Laboratorium, laboratorium pengujian untuk Dr Scholl's. Tugasnya adalah untuk mengendus kaki dan ketiak yang dia lakukan selama 15 tahun bau. Selama karirnya aromatik nya, Madeline Albrecht sebuah mendengus 5.600 kaki dan diperkirakan jumlah yang tidak diketahui dari ketiak. Dan itu, teman-teman kita, adalah kebenaran stinkin '.

sumber: oddee.com - dunia-panas.blogspot.com

MENGAPA AIR HUJAN BISA MEMBUAT SAKIT?

Sebenarnya yang membuat kita merasa sakit adalah karena adanya perbedaan suhu pada tubuh kita. Kalau kita kehujanan (yang kena hujan kepala) maka bagian kepala akan lebih dingin dibandingkan bagiantubuh yang lain

Maka kita akan merasa ada “kelainan” dalam kepala kita. Kita lalu bilang “kepala kita pusing”.

Begitupun kalau tengkuk kita terus menerus kena angin (misalnya pas lagi duduk deket jendela), kita akan merasa ada kelainan ditengkuk kita.

Namun kalau seluruh tubuh kita kehujanan, sebetulnya kita tidak akan sakit. Karena seluruh tubuh kita mempunyai suhu yang sama. Apalagi kalau kita bermain, tubuh kita akan mengeluarkan enegi yang akan diubah menjadi panas. Dengan begitu suhu badan kita yang panas bisa menangkal suhu dingin yang disebabkan guyuran air hujan.

Maka dianjurkan, kalau kita sehabis teguyur hujan, sebaiknya kita mandi air hangat, agar suhu kita cepat kembali normal.

Tekanan udara yang rendah seperti hujan, mendung dan kelembaban tinggi terbukti menjadi pemicu sakit kepala pada anak-anak. Menurunnya tekanan udara telah ikut menurunkan kekebalan tubuh meski belum diketahui persis penyebabnya.

Dalam studi ini peneliti melibatkan 25 anak-anak dan remaja yang memiliki riwayat penyakit migrain dan sakit kepala kronis. Peneliti menemukan, anak-anak cederung lebih sering sakit kepala saat cuaca hujan atau kelembabannya lebih tinggi dari biasanya.

Partisipan yang ikut dalam studi ini hampir 3 kali lebih memungkinkan menderita sakit kepala ketika cuaca hujan atau kelembaban tinggi dibandingkan saat kondisi udaranya kering.

Pada studi tersebut, peneliti memberikan anak-anak komputer genggam yang dapat merekam gejala sakit kepala selama dua minggu. Setelahnya peneliti membandingkan informasi tersebut dengan kondisi cuaca yang ada saat itu.

Studi yang dipimpin oleh Dr Mark Connely dari Children's Mercy Hospital and Clinics di Kansas City, Missouri ini melengkapi penelitian sebelumnya yang menggunakan metode kurang tepat. Hasil penelitian ini dilaporkan dalam jurnal Headache.

Hasil penelitian secara keseluruhan didapat selama periode hujan anak-anak memiliki kemungkinan menderita gejala sakit kepala sebesar 59 persen dibandingkan dengan cuaca kering yang hanya sebesar 21 persen.

Sedangkan pada kondisi kelembaban tinggi di atas rata-rata kemungkinan sakit kepala sebesar 58 persen dibandingkan saat kelembaban normal yang hanya 22 persen.

'Hasil ini memberikan pegangan bagi anak-anak agar dapat mencegah serangan sakit kepala saat musim hujan. Tapi kami belum mengetahui dengan pasti mengapa hujan dan kelembaban yang tinggi dapat memicu sakit kepala pada anak-anak,' ujar Dr Connelly, seperti dikutip dari Reuters.

Bayi Usia 4 Tahun Diculik dan Dibunuh oleh Monyet

monyetSeorang ibu muda di Malaysia histeris saat anaknya yang baru berusia empat hari diculik dan dibunuh. Pelakunya bukan manusia, melainkan seekor monyet. Binatang primata itu langsung menjadi incaran petugas dan mati ditembus timah panas.

Menurut media di Malaysia, kejadian berlangsung di Happy Garden, Kuala Lumpur, Kamis 6 Oktober 2010. Ibu korban, V. Revathy (26) meninggalkan bayinya di ruang tamu rumahnya untuk ke toilet. Mertua Revathy, A. Valayutham (70) kebetulan juga meninggalkan si bayi untuk mengambil air.

Saat itulah muncul seekor monyet jenis macaque masuk ke dalam rumah dan menculik bayi. “Kami mencari bayi kami dengan panik ke seluruh rumah dan menemukannya berlumuran darah di luar rumah,” ujar Valayutham seperti dilansir dari laman harian The Star.

Bayi perempuan malang tersebut ditemukan di luar rumah dengan luka gigitan parah pada wajah dan lehernya. Korban segera dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong. Saat insiden terjadi, ayah korban, V. Neru, (29) sedang tidak berada di rumah.

Rumah keluarga etnis India itu berada di tengah-tengah rimbunan pepohonan tempat tinggal sekelompok monyet. Warga setempat kerap menjumpai monyet-monyet tersebut berkerumun di dekat pemukiman mereka.

Direktur Cagar Alam dan Taman Nasional Negeri Sembilan, Ishak Muhammad, mengatakan bahwa dia beserta timnya langsung memburu monyet tersebut dan menembaknya sampai mati setelah monyet tersebut berperilaku agresif. “Kami menduga monyet itu memasuki rumah untuk mencari makanan, lalu dia mengira bayi tersebut adalah makanan dan membawanya ke atap,” ujar Ishak.

Dia melanjutkan, bayi itu kemudian dijatuhkan ke tanah oleh si monyet, yang kemungkinan kaget setelah mendengar teriakan orang tua korban.

Ibu CacatTanpa 2 Kaki Ini Mempunyai 130 Anak

Tidak semua kecacatan secara fisik berakhir dengan penderitaan yang berkepanjangan, seperti yang dialami Xu Yuehua, seorang ibu cacat yang tidak memiliki dua kaki.

cacat
Padahal, Xu Yuehua 55 tahun yang lalu dilahirkan sebagai anak yang normal dan tumbuh menjadi gadis cantik yang normal.

cacat
Hay Facters Silahkan Membaca artikel ini yang saya Himpun dari Kompas.com

Namun, sekitar 37 tahun yang lalu Xu Yuehua mengalami kecelakaan hebat. "Saya kehilangan kedua kaki saya. Saat itu saya sempat putus asa, tetapi saya tidak boleh menyerah," katanya.

Xu lalu memutuskan untuk mengabdikan sisa hidupnya dengan melayani sesama terutama, anak yatim piatu.

Selama 37 tahun dia mengabdikan diri dengan mengadopsi dan mengangkat anak hingga berjumlah 130 anak.

Para anak asuhnya ini berada di Institut Kesejahteraan Sosial Xiangtan, Provinsi Hunan, China Tengah. Dia mengasuh sendirian, dengan menggunakan bangku kecil tempat dia bergerak dan berpindah dari satu tempat tidur menuju tempat tidur yang lain.

Ketika harus melakukan perjalanan yang agak jauh, salah satu anak angkatnya akan menggendong Xu. "Dia anak yang kuat. Aku digendong untuk pergi yang agak jauh," katanya.

cacat
Xu mengaku tidak pernah menyesali keputusannya dalam melayani anak yatim tersebut. Dia justru mendapat kebahagiaan dengan pekerjaannya tersebut.

Di Jepang Adalah Ilegal / Melanggar Undang-Undang Untuk Menjadi Gemuk


Jepang mungkin adalah satu-satunya negara yang meloloskan Undang-Undang anti-obesity alias anti-gemuk di dunia. UU yang disahkan tahun lalu tersebut melarang masyarakan Jepang untuk gemuk.

Bagi seorang cowok, pinggang yang melebihi 33.5 inchi adalah gemuk. Bagi cewek, 35.4 inchi. Lho, kok malah batas cewek lebih besar daripada cowok ya.

Apabila anda melewati batas maksimum tersebut, maka anda harus ikut konseling dengan dokter, pergi ke gym, dan memakai pedometer sampai berat anda setara atau dibawah batas maksimum lagi.

Disamping itu, boss anda juga akan di denda karena anda gemuk, sehingga boss tersebut akan membayar biaya gym anda.

Alasan UU ini adalah dengan semakin sedikit orang yang kegemukan, maka semakin rendah biaya kesehatan yang dikeluarkan di negara tersebut.
Wah, bagaimana kalau UU tersebut diterapkan di Indonesia ya, haha

Image

Justin Bieber Didepak dari Facebook


Ketenaran bintang pop Justin Bieber membawa sial dalam hidup pria ini. Kebetulan, dia sejak lahir dinamakan sama persis dengan Justin Bieber.

Bedanya jika yang satu amat ngetop, Justin Bieber yang ini adalah warga biasa. Ia tinggal di Jacksonville, Amerika Serikat. Baru-baru ini Bieber didepak dari keanggotaan Facebook begitu saja.

Tanpa konfirmasi apapun, Bieber tiba-tiba melihat profilnya tiada. Menurut Bieber, pihak Facebook sengaja menghapus profilnya karena menganggap ia memakai nama palsu dan menyalahgunakan ketenaran Bieber.

"Mereka memiliki kebijakan menghapus akun tanpa bertanya terlebih dahulu," keluh Bieber, seperti detikINET kutip dari FoxNews, Jumat (8/10/2010). Bieber sudah coba menghubungi Facebook untuk memulihkan profilnya, namun belum ada tanggapan.

Punya nama sama persis dengan bintang tenar membuat Bieber yang sudah berumur 35 tahun ini juga sering diserbu surat dari penggemar. Dia dikira sebagai Justin Bieber, si penyanyi top.

Bukan kali ini saja perkara nama membuat seseorang dihapus dari keanggotaan Facebook. Sebelumnya, seseorang bernama Caitlin Batman Shaw juga ditolak dari Facebook karena dianggap menyalahgunakan nama karakter superhero Batman.

http://andinewblog.blogspot.com/2010/10/justin-bieber-didepak-dari-facebook.html

Salah Nyanyi Lagu Kebangsaan, Didenda Rp17,2 Jt

MANILA - Jangan main-main jika sampai salah menyanyikan lagu kebangsaan. Setidaknya inilah yang dialami oleh warga Filipina. Salah menyanyikan lirik lagu kebangsaan, maka dapat berakhir di penjara atau didenda sebesar USD2.000 atau sekira Rp17,2 juta (Rp8,914 per USD).



Aturan mengenai denda ini bahkan sudah ditetapkan oleh parlemen Filipina dan sudah dijadikan hukum yang mengikat. Senat Filipina memilih akan menjatuhkan hukuman berupa denda atau penjara bagi warga mereka yang menyanyikan Lupang Hinirang tidak sesuai ataupun tanpa sikap patriot.



'Kongres telah telah memberikan peluang bagi pemerintah untuk memperkuat kampanye patriotisme, rasa hormat dan kecintaan kepada negara dengan mengharuskan menyanyikan lagu kebangsaan dengan benar,' ungkap pengusung aturan tersebut Salvador Escudero seperti dikutip Reuters, Jumat (8/10/2010).



Alasan Escudero mengajukan aturan ini disebabkan banyaknya artis Filipina khususnya para penyanyi yan merubah ritme dan melodi dari lagu. Dia juga menyayangkan banyaknya seniman yang membuat celana pendek dan kaus dari bendera Filipina.

sumber : Okzone.com


Binatang-Binatang Unik Selain Burung Yang Bisa Melayang

Bisa terbang mungkin memiliki manfaat, tetapi untuk kebanyakan hewan itu bukan pilihan. Tapi, jangan ketipu dengan nama-nama mereka yang kita anggap tidak bisa terbang.

1. Flying Frog

http://bioweb.uwlax.edu/bio203/s2009/houk_step/wallaces-flying-frog.jpg

Katak terbang mempunyai kaki berselaput dan penutup kulit yang memungkinkan untuk bergerak secara aerodinamis melalui pohon-pohon di hutan. Bahkan, katak terbang menghabiskan seluruh keberadaan mereka di pohon-pohon, hanya turun untuk kawin dan bertelur.
http://www.artglass-pottery.com/images/03979Frog.JPG

Katak terbang menyamarkan diri di daun lingkungan mereka, meminimalkan ancaman predator, dan memungkinkan mereka untuk berburu serangga.


2. Flying Fish

http://blogs.dispatch.co.za/dispatchnow/files/2008/01/flying-fish.jpg

Ditemukan di semua samudra, ikan terbang menggunakan sirip dada besar mereka untuk meluncur 50 meter di atas air ketika terancam oleh predator / pemangsa. Untuk mencapai udara, ikan terbang akan mengepakkan ekor mereka 70 kali per detik.
http://www.supiri.com/wp-content/uploads/2009/05/supiri_flying_fish_06.jpg

Ekor ini juga digunakan untuk menekan air untuk memungkinkan ikan ini meluncur beberapa saat di udara sebelum turun ke laut. Ikan terbang dapat lebih lama melayang di udara dengan meluncur mengikuti arus udara dan laut yang kuat.

3. Gliding Lizard

Kadal ini seperti makhluk naga yang legendaris hanya saja ia tidak menyemburkan api. Hewan ini mempunyai panjang hanya 9 cm, dengan ekor lebih panjang dari tubuhnya.

Kadal ini menggunakan penutup kulit di bawah lengannya yang memungkinkan untuk melayang dari puncak pohon ke puncak pohon lainnya. Makanannya adalah serangga. Hidupnya selalu dia atas pohon, hanya ketika sudah menemukan pasangan saja, kadal ini meluncur turun ke dasar hutan untuk meletakkan telur-telurnya.

4. Gliding Ant


Semut ini sangat bergantung dari kecepatan angin dan udara untuk dapat melayang.
Namun mereka juga mampu menavigasi dengan baik dan dapat mengatur ke arah mana mereka akan melayang dan mendarat.

5. Squirrel Glider


Dianggap punah sejak tahun 1939, hanya saja baru-baru ini baru dikonfirmasikan bahwa tupai peluncur masih hidup, tinggal di hutan kering Selatan- Australia Timur. Tupai peluncur adalah poligami marsupial yang memakan buah-buahan dan kacang-kacangan, dan bersembunyi dari rubah dan burung hantu.

http://2.bp.blogspot.com/_ChFkrUFrbOs/TI9BViGOOpI/AAAAAAAABO8/73K9aggNvrY/s1600/sugar-glider-1-330-astrodigi-790768.jpg


6. Flying Squid

http://i.telegraph.co.uk/telegraph/multimedia/archive/01445/HumboldtSquid_1445724c.jpg

Ketika melarikan diri dari predator, cumi melompat terbang dari laut dan bisa tetap melayang di udara hingga beberapa meter. Untuk mencapai udara, cumi akan meniup keluar air untuk membawanya keluar dari laut.
http://landbase.hq.unu.edu/Symposia/2002Symposium/Presentations/Shibata_files/slide0028_image117.jpg

Karena itu cumi ini dianggap hewan-jet yang memiliki kemampuan mendorong seperti jet. Sirip kecilnya dapat membantu untuk memberikan keseimbangan selama meluncur.

7. Flying Snake


Tanpa sayap, sirip, atau anggota badan, ular terbang ini mampu pindah dari satu pohon ke [ohon lainnya dengan melompat dan melayang. Jadi, ketika di pohon, ular terbang ini bergerak ke ujung cabang.

Di sini, ia mengangkat tubuhnya, mengisap dalam-dalam perut dan tulang rusuk yang menonjol keluar sehingga berbentuk cekung. Lalu ia menghentakkan ekornya, ular terbang meluncur bebas di udara untuk mencapai cabang berikutnya.
http://ngm.nationalgeographic.com/google-earth/asia/images/rainforestgliders1.jpg

Ular terbang beracun, tinggal di Asia Selatan, dan sering menikmati mangsanya yang benar-benar bisa terbang seperti burung dan kelelawar.

8. Flying Lemurs

http://animal.discovery.com/tv/a-list/creature-countdowns/treehuggers/images/flying-lemur.jpg

Flying lemur, atau dikenal sebagai Flying lemur dari Filipina, memiliki kaki berselaput besar dan ekor kaki panjang, yang dihubungkan oleh membran pada anggota tubuh depannya.
http://www.lifeinthefastlane.ca/wp-content/uploads/2008/11/flying_lemur_1sfw.jpg

Makhluk malam ini dulu pernah di buru untuk di konsumsi sebagai salah satu menu makanan yang lezat, tetapi baru-baru ini telah diletakkan pada daftar spesies langka.

9. Flying Gecko

http://dsc.discovery.com/convergence/quest/borneo/field-guide/gallery/guide_gecko.jpg

Cicak terbang memiliki jarring-jaring dari membran meliputi tubuh mereka, yang memungkinkan mereka untuk melayang di udara dan melekat pada pohon sewaktu mendarat. Cicak terbang bergantung pada kamuflase untuk melindungi diri dari predator, seperti laba-laba besar.

http://fenz-capri.blogspot.com/2010/10/binatang-binatang-unik-selain-burung.html

10 FAKTA UNIK TENTANG PONSEL / HANDPHONE YANG BELUM ANDA KETAHUI

Ponsel, HP, atau telepon genggam sudah menjadi barang kebutuhan pokok masyarakat kita. Tingkat penetrasinya pun mengalahkan telepon tetap (itu lo telepon yang nongkrong di rumah-rumah yang masih menggunakan kabel) yang hanya berkisar pada angka 4%. Kalau digabung dengan fixed wireless (macam pengguna CDMA gitu deh) hanya berkutat pada angka kurang dari 15%. Bandingkan dengan pengguna telepon seluler (pengguna GSM) yang hampir mencapai angka 30% dari total penduduk Indonesia! Tentu itu merupakan angka yang sangat fantastik, mengingat pengembangan telepon tetap telah berlangsung selama puluhan tahun, sedangkan ponsel hanya butuh 10 tahun untuk menyentuh angka 25%. Berikut ini adalah sisi unik dan fakta-fakta menarik dari device yang sangat fenomenal ini:

1. Operator telekomunikasi dengan jumlah pelanggan terbesar di dunia ternyata di pegang oleh China Mobile. Pelanggannya mencapai 200 juta orang lebih. Melampaui posisi Vodafone yang memiliki pelanggan sekitar 186 juta orang.

2. Pelanggan Layanan 3G terbanyak di dunia adalah NTT DoCoMo dari jepang. Pelanggannya mencapai 29 juta orang. Urutan kedua diduduki oleh 3 Italy dari negara italy dengan jumlah pelanggan kurang lebih 8 juta. Sedangkan posisi ketiga di raih oleh SoftBank Mobile dari Jepang.

3. Rekor mengetik SMS tercepat dipegang oleh Ang Chuang Yang. Remaja 16 tahun asal Singapura ini berhasil mengetik SMS 160 karakter hanya dalam waktu 41,52 detik. Prestasi Ang kali memecahkan rekor yang sebelumnya dicatatkan warga Amerika Ben Cook pada bulan Juli 2006, dengan catatan waktu 42,22 detik.

4. Ponsel kamera pertama di dunia adalah Sharp J-SH04 yang dikeluarkan di Jepang pada bulan November tahun 2000. Ponsel ini memiliki resolusi kamera 110.000 piksel.

5. Virus ponsel pertama di dunia dibuat oleh Job de Haas, peneliti keamanan komputer di Belanda, pada tahun 2001. Virus ini dapat merusak ponsel-ponsel Nokia lewat pesan singkat alias SMS.

6. Ponsel komersial pertama yang diluncurkan ke pasaran adalah Motorola DynaTAC 8000x pada tahun 1983.

7. SMS (Short Messages services) pertama kali dikirimkan lewat jaringan GSM Vodafone di Inggris pada bulan Desember tahun 1992. Bunyi tulisan yang dikirimkan adalah " Merry Christmas".

8. Ponsel yang memiliki kemampuan bergerak secara dual mode (GSM/WCDMA) pertama di dunia adalah Nokia 6650. Ponsel ini diluncurkan pada tanggal 26 September tahun 2002.

9. Ponsel terkecil di dunia dipegang oleh Xun Chi 138. Ponsel ini memiliki panjang 2.64 inci (6.7 cm) dan berat kurang dari 2 ons (56.69 gram). Telah didukung layar touch screen beresolusi 260 ribu warna, kamera 1.3MP , music player serta memori internal sebesar 121MB.

10. Mobile blogging (Moblog) pertama kali dibuat oleh Tom Vilmer Paamand pada tanggal 21 Mei tahun 2000.

http://frima378.blogspot.com/2010/10/10-fakta-unik-tentang-ponsel-handphone.html

Fisikawan Indonesia Pertama yang Mendalami Teori Einstein



Biografi
Beliau menjadi guru besar fisika teori Institut Teknologi Bandung per Januari 1995 dan dikenal sebagai fisikawan pertama Indonesia (bahkan Asia Tenggara) dalam teori relativitas khususnya Relativitas umum yang tergolong langka di bidangnya.
Pada tahun 1967, putra dari Israel Silaban dan Regina br Lumbantoruan ini berangkat ke Amerika Serikat untuk belajar relativitas umum dan ia diterima di pusat gravitasi kajian Syracuse langsung di bawah bimbingan oleh Peter Gabriel Bergmann dan Joshua N. Goldberg yang dikenal sebagai otoritas relativitas umum setelah pencetusnya, Albert Einstein. Di sana Pantur Silaban memasuki isu paling hangat yakni mengawinkan Medan Kuantum dan Relativitas Umum untuk meminak Teori Kuantum Gravitasi. Itulah impian terkenal Albert Einstein yakni meramu keempat interaksi yang ada di alam semesta dalam satu formulasi yang gagal ia peroleh sampai akhir hayatnya: Grand Unified Theory. Pekerjaan ini diselesaikan dengan disertasi yang berjudul "Null Tetrad, Formulation of the Equation of Motion in General Relativity" pada tahun 1971.
Setelah kembali ke Indonesia, Pantur Silaban menjadi orang pertama di Indonesia yang mempelajari relativitas Einstein sampai tingkat doktor. Beberapa risetnya diterbitkan Journal of General Relativity and Gravitation. Sekian banyak makalahnya dimuat berbagai proceedings. Seniornya, Prof. Achmad Baiquni (almarhum), selalu menyebut nama Pantur Silaban sebagai otoritas bila menyinggung nama Einstein dan beberapa kali diundang sebagai pembicara di International Centre for Theoretical Physics (ICTP), Trieste, Italia, yang didirikan Nobelis Fisika, Abdus Salam. Pantur Silaban selalu mencermati indikasi akan keberhasilan Teori Kuantum Gravitasi hingga kini.
Di lingkungan keluarga ia menebang folklore, "rebung tak jauh dari rumpunnya". Keempat putrinya, buah perkimpoian dengan Rugun br Lumbantoruan, merupakan sarjana dari perguruan tinggi negeri. Anna br Silaban lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran; Ruth br Silaban dokter spesialis saraf lulusan Universitas Padjajaran; Sarah br Silaban lulusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung dan magister Universitas Teknologi Chalmers, Swedia; dan si bungsu Mary br Silaban adalah lulusan Teknik Geologi Institut Teknologi Bandung.


JAKARTA – Tahun 2005 ini ditetapkan sebagai Tahun Fisika Dunia oleh badan pendidikan PBB, UNESCO. Tepat 100 tahun silam, Alberts Einstein muda –masih 26 tahun— menulis artikel ilmiah bertajuk ”On the Elektromagnetik of Moving Body”. Tulisan inilah yang akhirnya menelurkan teorinya yang paling populer hingga kini, teori relativitas.
Salah satu murid dari cucu Einstein ada di Indonesia. Dialah Prof. Dr. Pantur Silaban. Mahasiswa jurusan fisika elektro bisa jadi tak awam lagi mendengar namanya. Dialah yang menerjemahkan dua volume buku Elements of Engineering Electromagnetics ke bahasa Indonesia.
Lahir di Sidikalang, Sumatera Utara, 11 November 1937, lelaki ini memang diliputi rasa keingintahuan ihwal alam. Tak heran setiap orasi ilmiahnya selalu bertema ihwal alam semesta dan jagat raya. Tema itu pula yang diangkatnya dalam ajang simposium internasional fisika di Trieste-Italia, Melbourne dan New York.
Berawal dari menggondol gelar sarjana teknik fisika teoretik Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung (ITB). Tahun 1964 ia diangkat menjadi staf pengajar Jurusan Fisika. Dua tahun kemudian tepatnya Desember 1966, ayah dari empat puteri ini bertolak ke Amerika Serikat dengan beasiswa United States Agency For International Developments (USAID) untuk melanjutkan pendidikan di Graduate School, Syracuse University, New York.
Mengenai kampusnya ini, Pantur sempat menuturkan komedi ke mahasiswanya. ”Hanya ada dua jenis orang yang kuliah di Syracuse, yakni orang Yahudi dan orang pintar. Saya bukan orang Yahudi,” demikian candaannya yang terkenal ke seantero mahasiswa ITB.
Di sini ia sempat menjadi siswa cucu dari Einstein. Kemudian ia melanjutkan menggondol gelar Doctor of Philosophy (Ph.D.) dalam Teori Relativitas Umum dari School of Relativity, Department of Physics, Syracuse University, New York (USA), pada tanggal 12 Juni 1971. Istri dari Rugun Lumbantoruan ini adalah orang Indonesia pertama yang mendalami teori peninggalan Einstein tersebut. (mer)
sumber


Perjalanan Karir Prof.Dr.Pantur Silaban
Quote:
1. Seorang murid SMP di Sidikalang terpana pada keterangan guru ilmu alamnya. “Sinar yang masuk dari udara ke dalam air selalu dibelokkan.” Laki-laki remaja itu pun bertanya: mengapa? Tak ada jawaban memadai.
Hukum Snellius mengenai pembiasan itu merupakan pintu masuk bagi Pantur Silaban mencintai fisika. Karena tak ada jawaban jitu dari sang guru, ia pun bernazar akan menggeledah rahasia alam melalui studi fisika di kemudian hari.

2. Selain mendalami fisika, ia berhasrat pula mempelajari teologi. Meninggalkan Sumatera selepas sekolah lanjutan atas, pria kelahiran Sidikalang, 11 November 1937 itu mampir di Jakarta membekali diri mengikuti ujian saringan masuk sekolah tinggi teologi. “Anehnya, saya sakit selama di Jakarta mempersiapkan diri masuk ke sana,” katanya. Perjalanan diteruskan ke Bandung. Tujuannya satu: kuliah fisika di ITB. Dia diterima di sana.


3. Dalam tempo enam setengah tahun, waktu optimal pada zaman itu merampungkan kuliah tingkat sarjana, Pantur lulus pada tahun 1964 dan berhak menyandang gelar doktorandus dalam fisika. Ia langsung diterima sebagai anggota staf pengajar Fisika ITB


4. Selama kuliah kecenderungannya pada bidang tertentu dalam fisika mulai terbentuk. Pantur amat menggandrungi matematika murni dan mata kuliah yang tergolong dalam kelompok fisika teori, seperti mekanika klasik lanjut, teori medan elektromagnetik, mekanika kuantum, dan teori relativitas Einstein. Maka, ketika datang kesempatan studi lanjut di Amerika Serikat pada tahun 1967, tujuannya sudah jelas. “I go there just for the General Relativity Theory, no other things,” katanya. “Itu yang ada di benak saya waktu itu.”


5. Peter G. Bergmann (salah satu murid-murid dekat Einstein) bersedia menjadi
ko-pembimbingcucu murid Einstein. untuk disertasinya. Dengan demikian, Pantur merupakan fisikawan Indonesia yang berguru langsung kepada murid dan kolega Einstein dalam Relativitas Umum. Ia merupakan satu dari 32 mahasiswa dari seluruh dunia yang mempelajari Relativitas Umum di Syracuse dengan Bergmann sebagai pembimbing atau ko-pembimbing dalam kurun tahun 1947-1982. Tak salah kalau orang menyebutnya sebagai
6. Pada tahun 1971, Pantur Silaban dikukuhkan sebagai Ph.D. dengan disertasi berjudul Null Tetrad Formulation of the Equations of Motion in General Relativity. Garis-garis besar mengenai apa yang dicapai dalam disertasinya ini tercantum dalam Dissertation Abstracts International, Volume: 32-10, Seksi: B, halaman: 5963 .

7. Setahun setelah menyelesaikan disertasinya, Pantur kembali di Bandung pada tahun 1972 dan mengajar di Jurusan Fisika ITB. Orang pertama Indonesia yang mendapat doktor dalam Relativitas Umum itu adalah orang Sumatera pertama—tidak sekadar orang Batak pertama—yang mendapat Ph.D. dalam fisika. Sebuah risetnya setelah disertasi ini dimuat di Journal of General Relativity and Gravitation. Sekian makalahnya mengenai teori gravitasi dan fisika partikel elementer dimuat di berbagai prosidings dalam dan luar negeri. Ya, sebagai seorang fisikawan teoretis, Pantur juga menggumuli fisika partikel elementer.
Pantur menganjurkan supaya dia dipotret bersama mobil Toyota-Corollla keluaran 1984 itu. “Ini mobil saya yang pertama dan terakhir, tidak akan pernah saya ganti,” kata Pantur seraya mengingatkan bahwa “Einstein selama hidupnya tidak pernah punya mobil.”






sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5452015

Wanita Yang Memelihara 11 Binatang Buas Tanpa Dikandang

Riana, Wanita Yang Memelihara 11 Binatang Buas, 4 Cheetah 5 Singa dan 2 Macan. Riana mendapatkan cheetah pertamanya yang bernama Fiela pada 2006. Waktu itu ia sadar bahwa hewan dengan kecepatan lari luar biasa itu sedang menuju kepunahan. Di seluruh Afrika hanya tersisa 1.000 ekor. Demi mengabdikan diri pada kelangsungan hidup Fiela, ia keluar dari Departemen Kehakiman, pekerjaan yang sudah digelutinya selama 22 tahun.



Setelah itu ia bekerja sementara di sebuah ranch permainan dan di tempat ia bisa memelihara Fiela. Riana baru bisa mewujudkan keinginannya setelah membentuk FFCBP, untuk memastikan kemampuan bertahan hidup cheetah-cheetah sebatang kara itu dalam jangka panjang, berikut ekosistemnya. Di rumah yang menjadi kediaman Riana itu, hewan-hewan itu dianggap sebagai keluarga dan di sana mereka bebas mengaum sesuka hati.



Dari Fiela, kemudian terus berdatangan binatang-binatang lain hingga jumlahnya mencapai 11 ekor. Di tempat penampungan seluas 1 hektare itu, para pengunjung bisa bertemu Fiela dan hewan-hewan lain. Mereka bisa berinteraksi, seperti berfoto bareng. Bahkan tak jarang ada yang memanfaatkan hewan-hewan itu untuk menambah keunikan foto-foto pernikahan.



Meski hubungan batinnya dengan hewan-hewan itu sudah demikian dekat, Riana harus melepaskan mereka ke alam bebas suatu saat nanti, ketika mereka sudah bisa mengurus diri sendiri. “Di tempat penampungan, biasanya induk meninggalkan satu atau dua anaknya. Jadi ketika mereka masih kecil ya saya yang memberikan susu lewat botol, siang dan malam,” kata Riana.



Ketika masih kecil, anak-anak cheetah itu tidur di keranjang khusus, tetapi ketika sudah besar mereka tidak ragu-ragu mendobrak kamar Riana dan naik ranjang. Kadang mereka juga bertingkah ketika lapar.



Mereka bisa saja tiba-tiba naik meja dan menggigit apa saja yang ada di atasnya. Untunglah dua anjing Riana tidak termasuk dalam daftar menu binatang-binatang buas itu. Bahkan tak jarang mereka saling berebut makanan atau bermain bersama.


sumber= kaskus.us

10 Hewan Darat Terberat di Dunia saat ini

1. Gajah Afrika (African Elephant)



Rata-rata Mass (lb): 18.500 (8.500 kg)
Maksimum Mass (lb): 27.000 (13.000 kg)
Rata-rata Panjang (ft): 21,85



2. Gajah Asia ( Asian Elephant )



Rata-rata Mass (lb): 8750 (4.200 kg)
Maksimum Mass (lb): 11.000 (5.200 kg)
Rata-rata Panjang (ft): 19,5



3. Badak Putih Bercula Dua (White Rhinoceros)



Rata-rata Mass (lb): 5.000 (2.350 kg)
Maksimum Mass (lb): 7920 (3.850 kg)
Rata-rata Panjang (ft): 12,5



4. Kuda Nil (Hippopotamus)



Rata-rata Mass (lb): 5250 (2.500 kg)
Maksimum Mass (lb): 7100 (3.400 kg)
Rata-rata Panjang (ft): 11



5. Gaur



Rata-rata Mass (lb): 3.300 (1600 kg)
Maksimum Mass (lb): Tidak Diketahui
Rata-rata Panjang (ft): 9,8



6. Jerapah (Giraffe)



Rata-rata Mass (lb): 3.000 (1400 kg)
Maksimum Mass (lb): 4400 (2.100 kg)
Rata-rata Panjang (ft): 15,4



7. Walrus



Rata-rata Mass (lb): 2.645 (1200 kg)
Maksimum Mass (lb): 4.500 (2.150 kg)
Rata-rata Panjang (ft): 11



8. Badak Hitam Bercula Dua ( Black Rhinoceros )



Rata-rata Mass (lb): 2420 (1.150 kg)
Maksimum Mass (lb): 4.000 (1.900 kg)
Rata-rata Panjang (ft): 11,25



9. Buaya ( Saltwater crocodile )



Rata-rata Mass (lb): 1.700 (785 kg)
Maksimum Mass (lb): 3.300 (1600 kg)
Rata-rata Panjang (ft): 20



10. Wild Asian Water buffalo



Rata-rata Mass (lb): 1.684 (770 kg)
Maksimum Mass (lb): 2.640 (1250 kg)
Rata-rata Panjang (ft): 11,4


Sumber= http://www.dalimunthe.com/2010/01/10-hewan-terberat-di-seluruh-dunia-
Related Posts with Thumbnails

Entri Populer