Labels

Ajaib (105) Akhir Zaman (12) Akuntansi (1) Alam (344) Aneh (896) Anime (19) Asal Usul (175) Cerita (73) Cewek (73) Cowok (37) Design (143) Download (7) Ekonomi (27) Fakta (2346) Fenomena (80) fotografi (74) Games (4) Geografi (53) Gila (92) GO Green (58) Hebat (670) Hewan (262) Ilusi (11) Indah (268) Indonesia (196) informasi (3209) Inspirasi (126) Kamus (2) Kecantikan (79) kesehatan (607) Langka (58) lifestyle (232) Love (3) Lucu (156) Makanan (115) Mantap (448) Menakjubkan (1401) Misteri (64) Mitos (39) Movie (1) Otomotif (59) Parfum (2) Puzzle (19) Rapture (2) Relationship (81) Renungan (27) Resensi (3) Resep (3) Science (190) Seni (93) Serba 10 (443) Sport (99) Teknologi (391) Tips (768) Travel (101) Trik (471) Unik (1072) Wallpapers (1)

Saturday, December 31, 2011

Ternyata bukan suara tulang saat kita menarik jari-jari tangan,tetapi..

Banyak orang menganggap bunyi itu berhubungan dengan derak sendi yang kurang menyenangnkan dan percaya bunyi itu disebabkan tulang-tulang yang bergesekan. Sebenarnya bunyi berderak ini tidak disebabkan oleh pergesekan tulang,tetapi oleh gas diantara sendi.



Sendi kita mengandung sesuatu yang disebut sinovia, yang membantu melumasi sendi. Cairan sinovia mengandung gas oksigen, nitrogen, dan karbondioksida. Penelitian menunjukkan bahwa ketika menderakkan sebuah sendi, anda menjauhkan tulang-tulangnya, dan kapsul yang mengelilingi sendi itu pun meregang. Hal ini menyebabkan cairan sinovia menyemprot dari satu sisi buku ke sisi yang lain. Cairan yang berpindah ini menciptakan ruang kosong, yang dengan cepat terisi dengan gas lagi. Perpindahan gas yang cepat inilah yang memunculkan bunyi letupan. Untuk kembali menderakkan buku jari yang sama, Anda harus menunggu sampai gasnya kembali ke cairan sinovia. Itulah sebabnya, kita tidak bisa menderakkan buku jari yang sama dua kali berturut-turur dengan cepat.

7 Hal Yg Membuat Telinga Kita Cepet TBC (Tuli, Budeg, Conge)!!


1. Ear bud atau ear phone pada pemutar musik (music player)
Ear bud membuat suara menjadi lebih keras, sehingga untuk waktu lama dapat memekakkan telinga. Selain itu, ear bud juga membuat perubahan dalam sistem pendengaran. Bila orang terbiasa mendengarkan suara dari ear bud yang dekat dan keras, maka besar kemungkinan ia sulit mendengarkan suara pada level normal atau lembut.

2. Mobil terbuka (openkap)
Mengendarai mobil openkap membuat orang harus mendengar suara dengan level 88-90 Decibel (Db). Sebagai perbandingan, percakapan normal berada kisaran 50 Db, jalan lalu lintas sekitar 70 Db, mesin pemotong rumput sekitar 90 Db. Paparan berulang dari suara di atas 85 Db diketahui dapat menyebabkan kehilangan pendengaran permanen.

3. Obat-obatan
Salah satu efek samping yang kurang dikenal dari beberapa jenis obat, seperti obat nyeri, antibiotik tertentu dan obat kemoterapi berbasis platinum, adalah gangguan pendengaran.

4. Rokok
Satu pembuluh darah melayani koklea, yaitu organ telinga bagian dalam. Nikotin, vasokonstriktor yang menyebabkan pembuluh darah sedikit menyusut, dapat memiliki dampak yang luar biasa pada kapiler kecil yang melayani telinga.

5. Pekerjaan
Bidang pekerjaan seperti musisi, buruh pabrik, pekerja konstruksi dan pemadam kebakaran adalah beberapa orang yang berisiko tinggi untuk terpapar konstan terhadap suara keras.

6. Diabetes
Diabetes dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke telinga. Pembuluh darah sempit atau abnormal akibat diabetes dapat mencegah darah mencapai koklea, juga dapat mencegah proses pembersihan racun. Ini memiliki potensi untuk merusak sel-sel lembut di dalam telinga.

7. Anemia sickle cell
Orang dengan anemia sickle cell sering mengalami kelelahan dan sakit karena sel-sel darah merahnya cacat yang berbentuk sabit tidak bulat. Padahal aliran darah normal penting untuk mencapai telinga.

Lima Alasan Ilmiah Kenapa Wanita Sulit Turunkan Berat Badan

Gemuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Perempuan terkadang merasa sulit menurunkan berat badan dibandingkan laki-laki. Ternyata, itu bukanlah sekedar perasaan. Banyak faktor ilmiah yang menyebabkan perempuan lebih sulit untuk membakar lemak tubuh dibandingkan laki-laki.

Inilah alasan wanita sulit menurunkan berat badan.

1. Wanita memiliki lebih banyak lemak dibandingkan otot
Perempuan lebih banyak memiliki lemak dibandingkan otot di dalam tubuh. Jaringan otot bersifat lebih aktif dari jaringan lemak. Kalori yang tersimpan dalam otot lebih mudah terbakar. Pria yang memiliki jumlah otot lebih banyak dibandingkan wanita lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

Dibandingkan lelaki, jumlah lemak yang ada pada tubuh perempuan hampir mencapai dua kali lipatnya. Sebagai calon ibu, lemak ini penting diperlukan untuk membantu ketika hamil dan menyusui.

2. Distribusi lemak
Distribusi lemak pada perempuan dan pria juga berbeda. Perempuan lebih banyak memiliki lemak di bagian bawah tubuh. Sementara itu, lelaki menumpuk lemaknya di tubuh bagian atas.

Ada perbedaan sifat lemak yang cukup mendasar tergantung dari letaknya di dalam tubuh. Lemak bagian atas lebih cepat terbakar dibandingkan lemak tubuh bagian bawah. Hal ini bisa diuji pada wanita yang sedang diet. Penurunan berat badan cenderung diamati dari pengukuran tubuh bagian atas yang lebih mudah mengecil.

3. Perempuan memiliki bentuk tubuh lebih kecil dari pria
Umumnya, wanita memiliki perawakan yang cenderung lebih kecil dibandingkan pria. Ukuran tubuh yang lebih besar membuat pria lebih mudah kehilangan panas tubuh. Hilangnya panas tubuh dapat meningkatkan metabolisme. Sehingga, hal tersebut mudah menurunkan berat badan.

4. Hormon tubuh
Secara alami, hormon pria membantu menurunkan berat badan. Testosteron dan hormon pertumbuhan dapat meningkatkan tingkat metabolisme. Hormon itu bisa meningkatkan massa otot tubuh. Karena pria menghasilkan lebih banyak testosteron dibandingkan perempuan, mereka cenderung membakar lemak lebih banyak daripada wanita.

Selama kehamilan dan siklus menstruasi, sel-sel lemak dalam tubuh wanita mempertahankan jumlah air akibat perubahan hormonal. Adanya kandungan air dalam lemak membuat sel-sel lemak memperbesar. Alhasil, adanya air menyebabkan metabolisme lemak menjadi sulit dilakukan oleh wanita.

Hormon progesteron yang diproduksi oleh perempuan juga memicu rasa lapar. Tak hanya itu, progesteron membuat wanita merasa mengantuk dan kurang berolahraga. Sehingga, hal tersebut semakin memicu kenaikan berat badan.

5. Faktor kehamilan
Sel-sel lemak berkembang biak dan berkembang selama kehamilan. Setelah kehamilan, sel-sel lemak masih ada dalam tubuh. Setiap kali tubuh makan makanan yang berlebih, sel-sel lemak akan semakin luas dan membuat berat badan bertambah.

Friday, December 30, 2011

Berbuat Baik Ga Ada Ruginya!

Tahukah Anda melakukan sesuatu yang baik akan membawa keuntungan positif dalam hidup Anda . Memberi jauh lebih baik dari menerima. Menolong dan memberi orang lain memiliki pengaruh psikologi dan fisik positif pada kesehatan.

Dalam beberapa penelitian di Amerika pada orang dewasa menunjukkan bahwa peserta yang memberikan dukungan dan cinta pada orang lain memiliki kesehatan yang lebih baik. Mereka cenderung awet muda dan terhindar dari depresi dibanding mereka yang tidak pernah memberikan.

Sehingga, jika Anda ingin terlihat lebih baik, hidup sehat dan mungkin awet muda, sisihkan waktu untuk membantu orang lain. Mulailah dan terus lakukan dengan sesuatu yang kecil. Berikut cara sederhananya:

1. Melakukan sesuatu bagi orang lain

Tawarkan untuk membuat atau mendapatkan secangkir kopi atau teh saat Anda telah mendapatkannya. Cucikan gelas rekan kerja Anda ketika Anda selesai mencuci milik Anda.

2. Tawarkan bantuan pada orang asing


Berikan tempat duduk di kereta atau bis yang penuh atau membawakan makanan bagi mereka yang lapar.

3. Menjadi sukarelawan dalam masyarakat

Jangan hanya memikirkan atau membicarakannya tetapi lakukan!

4. Membantu pekerjaan-pekerjaan rumah

Bantulah ibu Anda dalam menyelesaikan tugas-tugas rumah, kemudian tetangga yang memerlukan bantuan untuk menyapu rumah atau bahkan menyiram tanaman.

5. Berikan tumpangan pada teman atau rekan kerja

Jika Anda memiliki kendaraan, tanyalah tetangga apakah perlu tumpangan ke kantor atau hanya ketempat pemberhentian bus atau kereta. Dan janganlah minta uang!

Ada banyak hal kecil yang bisa kita lakukan untuk membantu orang lain sehari-hari. Dalam melakukannya, faktor berbuat baik yang harus selalu dikedepankan. Ini adalah sesuatu yang uang tidak bisa beli dan bahkan tidak melibatkan uang.

Kebaikan sejati
Sungguh teramat mudah menjadi orang yang bijaksana. namun teramat sulit menjadi seorang yang benar. Lebih mudah memberitahu orang lain tentang kesalahannya daripada merubah kesalahan kita sendiri, karena itu teman, lebih baik kiranya kita banyak bekerja daripada melulu berteori. Kebaikan terjadi bila seseorang berbuat bukan karena berbicara tentangnya.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12237462

Dunia Sejuta Warna [Editing Fotograph] keren banget !















































































http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2709284

Thursday, December 29, 2011

(Ilmiah) Anjing adalah Serigala? (Check it Out!!)

Spoiler for dari uji lab:

"The domestic dog is an extremely close relative of the gray wolf, differing from it by at most 0.2% of mtDNA sequence….
In comparison, the gray wolf differs from its closest wild relative, the coyote, by about 4% of mitochondrial DNA sequence."
Robert K. Wayne, Ph.D


"anjing memiliki kekerabatan yang sangat dekat dengan serigala abu, perbedaannya hanya sekitar 0.2% dari rentetan DNA mitokondria....
Sebagai perbandingan, serigala abu-abu berbeda dari kerabat liar terdekatnya, anjing hutan (coyote), dengan sekitar 4% dari urutan DNA mitokondria. "
Robert K. Wayne, Ph.D

jadi bisa di tafsirkan bahwasanya serigala berkerabat dengan anjing lebih dari kekerabatannya dengan coyote(bahasa indonesianya anjing liar)




Selama ini kita bahwa anjing sadalah serigala yang dipisahkan dari alam liar oleh manusia purba. kemudian dibiakkan, dan manusia mulai ikut campur dalam perkembangan serigala menjadi anjing. Manusia hanya membiakkan serigala dengan karakter tertentu sesuai kebutuhan manusia pada saat itu. Setelah puluhan ribu tahun akhirnya manusia telah menciptakan berbagai macam jenis anjing. Dari anjing pekerja hingga anjing toy yang menjadi teman atau peliharaan saja . Dari anjing kampung yang memiliki kemampuan bertahan hidup yang menakjubkan hingga anjing yang tidak mungkin bertahan hidup tanpa bantuan manusia, karena proses kelahirannya harus dibantu manusia.

Saat ini perkembangan ilmu pengetahuan telah memberikan keyakinan bahwa serigala dan anjing memang kerabat yang sangat dekat atau bahkan mungkin sebenarnya serigala tidak lebih dari sekedar variasi jenis (trah) anjing. Hal ini bisa kita lihat dari beberapa hasil penelitian berupa pohon filogenetika yang dibuat berdasarkan pengurutan mtDNA berbagai jenis binatang yang diperkirakan berkerabat. Salah satu contohnya bisa dilihat dari gambar di bawah ini.

Spoiler for pohon filogenetika:




Bagi seorang ahli genetika, serigala (Canis lupus), anjing (Canis familiaris) dan coyote (Canis latrans) bukanlah benar-benar sebuah spesies tersendiri karena tidak ada perbedaan signifikan diantara mereka secara genetis. Mereka tidak terpisah secara reproduktif, artinya masih bisa terjadi persilangan antara ketiga jenis canis ini.

Spoiler for serigala (Canis lupus):



Spoiler for anjing (Canis familiaris):



Spoiler for coyote (Canis latrans):




Dengan mengetahui hal ini kita sebagai pemilik anjing bisa belajar bahwa pada dasarnya anjing dan serigala tidak berbeda jauh. Insting untuk membentuk kawanan/pack pada serigala juga ada pada anjing. Anjing yang kita pelihara meskipun cuma seekor akan tetap menunjukkan perilaku ini walaupun tidak kita sadari. Anjing akan mengangap manusia yang memelihara dan berinteraksi bersama dia dalam keseharian adalah kawanannya.


Dalam kawanan serigala pasti ada serigala yang lebih dominan dari pada yang lain sehingga muncul peringkat di dalam kawanan, serigala dominan teratas atau pemimpin kawanan (alpha) akan menentukan segala sesuatu yang terjadi di dalam kelompok sehari-hari. Mulai dari cara berjalan yang berurutan hingga urutan memakan hasil buruan. Begitu pula dengan anjing yang menganggap kita sebagai kawanannya, dia membutuhkan pemimpin kelompok yang otoriter sekaligus bijaksana, jika dalam kawanannya tidak ada pemimpin kelompok maka dia akan menjadi pemimpin kelompok. Biasanya masalah mulai muncul ketika anjing yang kita miliki mulai mencoba menjadi pemimpin kelompok. Mulai dari kencing sembarangan, naik ke atas kasur atau sofa, menarik-narik kekang, hingga menyalak atau menggigit kita ketika dia tidak suka dengan apa yang kita lakukan.


Dalam dunia serigala peringkat juga tidak selalu tetap, tetapi juga bisa berubah seiring bertambahnya usia kawanan. Seekor anak serigala bisa saja menjadi pemimpin kawanan ketika ternyata dia tumbuh besar dan mampu mengalahkan serigala yang lebih tua. Artinya seekor anak anjing yang tadinya lucu dan penurut juga bisa menjadi anjing yang menyebalkan dan perusak jika kita tidak memeliharanya dengan benar. Anjing dewasa yang telah disekolahkan-pun jika berpindah tangan atau berganti pemilik bisa menjadi seolah-olah tidak pernah sekolah.


Perlu diingat juga bahwa perilaku anjing dominan ini tidak tergantung jenis atau trah anjing. Bukan berarti bahwa jika kita memiliki Labrador atau Golden yang terkenal ramah dan cerdas lantas bebas dari perilaku dominan. Bahkan anjing toy seperti Chihuahua dan Pom bisa menjadi dominan. Pernah melihat Pom yang menggigit ketika akan dipegang oleh orang asing? Mudah-mudahan kita sekarang tidak heran lagi ketika mengetahui perilaku kita yang memanjakan peliharaan kita membuat kita atau orang lain di sekitar kita celaka, atau bahkan membuat anjing kita sendiri celaka.

jadi sekarang tau kan mengapa ada anjing yang jinak dan ada yang masih ganas? sebagian besar jawabannya adalah karena pengaruh sifat bawaannya dari serigala.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12240247
Related Posts with Thumbnails

Entri Populer