Labels

Ajaib (105) Akhir Zaman (12) Akuntansi (1) Alam (344) Aneh (896) Anime (19) Asal Usul (175) Cerita (73) Cewek (73) Cowok (37) Design (143) Download (7) Ekonomi (27) Fakta (2346) Fenomena (80) fotografi (74) Games (4) Geografi (53) Gila (92) GO Green (58) Hebat (670) Hewan (262) Ilusi (11) Indah (268) Indonesia (196) informasi (3209) Inspirasi (126) Kamus (2) Kecantikan (79) kesehatan (607) Langka (58) lifestyle (232) Love (3) Lucu (156) Makanan (115) Mantap (448) Menakjubkan (1401) Misteri (64) Mitos (39) Movie (1) Otomotif (59) Parfum (2) Puzzle (19) Rapture (2) Relationship (81) Renungan (27) Resensi (3) Resep (3) Science (190) Seni (93) Serba 10 (443) Sport (99) Teknologi (391) Tips (768) Travel (101) Trik (471) Unik (1072) Wallpapers (1)

Monday, November 18, 2013

[Salut] Anak SD di Gresik Ciptakan Penyiram Tanaman dengan Ponsel


Fatima Ezzat dan Aurumita, siswa SD asal Gresik, pencipta penyiram tanaman dengan ponsel
(VIVAnews/Tommy Adi Wibowo)


VIVAnews -Dua orang anak siswa kelas lima di Sekolah Dasar Muhammadiyah Manyar, Gresik, Jawa Timur, berhasil menciptakan alat penyiram tanaman dengan ponsel.

Konsep bernama Autopot ini memanfaatkan ponsel bekas untuk menyiram tanaman di mana dan kapan saja. Sistemnya memindahkan energi kimia menjadi energi listrik dan gerak.
Fatima Ezzat dan Aurumita, pembuat konsep Autopot, memaparkan cara kerja dari alat Autopot adalah dengan menyambungkannya dengan ponsel bekas. Lalu, dinamo akan bergerak menyedot dan memancurkan air jika ada sambungan telpon masuk.

"Jadi, prosesnya adalah ketika menelpon ke ponsel bekas, maka getaran dari ponsel bekas itu akan mengubah energi gerak menjadi listrik dan selanjutnya akan memberikan tekanan pada air," ujar Fatima dan Aurumita, kepada VIVAnews, di Pameran Finalis Kompetisi Ilmiah LIPI, Jakarta, 14 November 2013.

Aurumita mengaku memiliki hobi menanam. Namun karena sering bepergian ke luar kota, dia kerap lupa menyiram tanamannya. Dari sinilah ide menyiram tanaman dari jarak jauh bermula.

"Lalu, saya berpikir bagaimana menciptakan alat untuk menyiram tanamannya secara otomatis. Akhirnya saya menemukan ide menyiram tanaman hanya dengan melakukan panggilan telpon," ujar Aurumita.

Dia menambahkan, dengan bantuan alat Autopot ini maka orang-orang akan dapat menyiram tanaman dari mana dan kapan saja. Sekarang pemilik tanaman tidak perlu lagi merasa khawatir tanamanannya layu akibat tidak disiram.

"Biaya pembuatan alat Autopot ini hanya Rp350 ribu. Komponennya terdiri dari botol bekas, ponsel bekas, kabel, kartu SIM card, sedotan, dinamo, selotip, baterai, komponen listrik, dan penyemprot air dari mobil bekas," tutur Fatima.

Autopot adalah salah satu finalis dari kategori National Young Inventor Awards (NYIA) di Kompetisi Ilmiah yang digelar oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 14-15 November 2013.

NYIA adalah ajang kompetisi hasil penemuan siswa umur 8-18 tahun yang mempunyai sifat untuk memudahkan dan mendukung suatu pekerjaan dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. (eh)


© VIVA.co.id
kecil kecil udah pandai berkreasi

Quote:saran buat si Eneng dari agan/wati Kaskuser

Quote:Original Posted By dado0036
kreatif yah..
selain buat nyiram taneman, bisa juga buat nyirem orang tuh..
Biar "Morning Call" makin mantab, hahaha..


Quote:Original Posted By SognBeg
nais

boleh kakak koreksi ya
kembangkan pake scheduler neng
jadi gak usah pake telepun

auto nya bisa hilang kalo kita lupa nelpun



Quote:Original Posted By ahocool
sebagai pengasuh thread hobby elektronika digital.. saya bangga tapi sekaligus miris

jelas2 itu di gambar ada microcontroller yg dirasa terlalu berat buat anak sd

anak kecil seharusnya diajari berlaku jujur looo...
jangan karena ingin menang ...maka porsi yg seharusnya dibantu orang dewasa tetep di nyatakan jujur..."dibantu dibikinkan"..

semoga kejujuran tetap dipupuk pada talenta muda ini oleh guru, orang tua dan kaskuser juga mestinya sadar...

salam


Quote:Original Posted By sinonie
yang komen negatif mate aja lo!!

yang penting idenya gan... biarpun ada teknologi lebih mantap dari ini... di usia anak segede gt sudah mantap... dia ada usaha... mau berpikir.. ada keinginan membuat sesuatu yang baru..

harus di apresiasi..

lo inget waktu seumur gt bisa apa? ngerengek ma orang tua buat minta duit buat beli game?????



http://www.kaskus.co.id/thread/5284fcb11acb177d4a00000a

7 Logo Termahal di Dunia

Saat ini, masih banyak orang yang tidak mengerti betapa pentingnya sebuah logo bagi perkembangan bisnis. Logo masih terkesan dianggap remeh. Dianggap tidak terlalu penting. Padahal, logo (yang baik) adalah sebuah investasi. Investasi untuk meningkatkan kualitas branding suatu bisnis.

Pemahaman jika logo merupakan investasi membuat banyak perusahaan yang tak ragu mengeluarkan biaya besar “hanya” demi sebuah logo. Misalnya, Pepsi. Pada 2008 lalu, Pepsi harus mengeluarkan dana sebesar 1 juta dollar, atau sekitar 11 miliar rupiah (kurs 11.000) untuk mengganti logo lama mereka. Jumlah yang fantastis?

Namun, biaya yang dikeluarkan Pepsi bukanlah yang terbesar. Masih ada beberapa perusahaan lain yang mengeluarkan biaya yang jauh lebih besar, bahkan berpuluh-puluh kali lipat dari biaya yang dikeluarkan oleh Pepsi.

Berikut ini 7 Logo Termahal di Dunia (bukan versi On The Spot):

7. Pepsi - 1 juta dollar
Spoilerfor PEPSI:


Pepsi (sebelumnya bernama Pepsi-Cola) adalah merek minuman ringan yang diproduksi oleh PepsiCo dan dijual di seluruh dunia melalui toko, restoran, dan mesin penjual. Minuman ini merupakan saingan terbesar Coca-Cola. Pepsi dibuat pertama kali pada 28 Agustus 1898 oleh ahli farmasi yang bernama Caleb Bradham, dan menjadi merek dagang pada 16 Juni 1903.

Di Indonesia, Pepsi diproduksi oleh PT. Pepsi-Cola Indobeverages. Pabriknya terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Perusahaan tersebut merupakan joint-venture antara PepsiCo Amerika Serikat dengan Indofood CBP Sukses Makmur Indonesia. Saat ini PT. Pepsi-Cola Indobeverages memproduksi Pepsi, 7 Up, Mirinda, Gatorade, Tropicana Twister, Tehkita dan Fruitamin.


6. BBC - 1,8 juta dollar
Spoilerfor BBC:


British Broadcasting Corporation (BBC) merupakan perusahaan penyiaran asal Britania Raya yang dibentuk tahun 1927.

Layanan televisi BBC di Britania antara lain adalah BBC One, BBC Two, BBC Three, BBC Four, saluran berita BBC News, dan dua saluran anak-anak, CBBC Channel serta CBeebies. BBC One dan Two bisa diterima dengan transmisi analog, sedangkan sisanya digital. BBC juga mengelola sebuah stasiun yang dikhususkan untuk politik bernama BBC Parliament, yang menyajikan berita Parlemen Britania, Skotlandia, Parlemen Eropa serta Senat Amerika Serikat.

Operasi BBC dijalankan oleh BBC Worldwide termasuk saluran televisi internasionalnya seperti BBC World News, BBC Prime, BBC America, BBC Canada dan BBC Japan.


5. Australia and New Zealand Banking Group - 15 juta dollar
Spoilerfor ANZ:


Bank ANZ adalah bank terbesar keempat di Australia, setelah Commonwealth Bank, Westpac Banking Corporation, dan National Australia Bank. Bank ini didirikan pada tahun 1835.


4. Posten Norge - 55 juta dollar
Spoilerfor POSTEN:


Posten Norge atau Norway Post adalah nama institusi layanan pos Norwegia yang berdiri sejak 1647. Perusahaan ini memiliki empat divisi: Pos, Logistik, Distribusi dan Jaringan ErgoGroup AS yang mengkhususkan diri dalam layanan elektronik dan outsourcing. Posten Norge dimiliki oleh Departemen Transportasi dan Komunikasi Norwegia, yang memegang distribusi surat di seluruh negeri.


3. Accenture - 100 juta dollar
Spoilerfor ACCENTURE:


Accenture merupakan perusahaan konsultan manajemen global, servis teknologi, dan outsourcing yang berbasis di Irlandia. Perusahaan ini disebut sebagai perusahaan konsultan terbesar di dunia jika diukur dari pendapatan. Hingga saat ini, Accenture sudah melayani klien di lebih dari 120 negara.

Saat ini, total aset Accenture tercatat sebanyak 16,87 miliar dollar.


2. BP - 211 juta dollar
Spoilerfor BP:


BP (sebelumnya bernama British Petroleum) adalah sebuah perusahaan minyak bumi bermarkas di London, dan termasuk di antara empat perusahaan minyak terbesar di dunia (di samping Shell, ExxonMobil, dan Total).

Pada Desember 1998, BP bergabung dengan American Oil Company (Amoco), membentuk "BP Amoco". Namun, langkah ini dipandang umum sebagai sebuah pembelian Amoco oleh BP, hanya saja digambarkan secara resmi sebagai sebuah penggabungan karena alasan legal. Setelah setahun beroperasi bersama, mereka menggabungkan banyak operasi dan nama "Amoco" dilepas dari nama perusahaan.


1. Symantec - 1,28 miliar dollar
Spoilerfor SYMANTEC:


Symantec Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang menghasilkan berbagai macam perangkat lunak. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1982, dan bermarkas di Sunnyvale, California. Perusahaan ini beroperasi lebih dari 40 negara.

Symantec disebut sebagai pemimpin global di bidang solusi-solusi keamanan, backup dan ketersediaan. Salah satu produknya yang terkenal adalah Norton (Antivirus & Internet Security)


INFOGRAFIS


============================= UPDATE =============================

Perbandingan Dengan Beberapa Logo Terkenal Lain:
Quote:
Spoilerfor LOGO LAIN:
Google - $0


Coca-Cola - $0


Nike - $35


Twitter (Logo Lama) - $15

============================= UPDATE =============================

Quote:MENGAPA HARGA LOGO MAHAL?
Ada beberapa alasan mengapa sebuah logo memiliki harga yang mahal (bahkan meski menurut orang lain desainnya simpel, biasa aja, dll).

Pertama, ditinjau dari aspek proses pembuatannya. Setidaknya, ada delapan proses pembuatan logo, dan semuanya tidak mungkin dikerjakan hanya selama 1-3 hari (makanya aneh kalo ada yang sanggup bikin logo hanya dalam satu atau dua hari, prosesnya seperti apa?). Ini salah satu faktor mengapa sebuah desain (khususnya logo) bisa menjadi sangat mahal. Bikinnya lama, terus menghabiskan banyak energi dan pikiran. Ini kedelapan proses itu:

  1. Desain Brief: Memberikan kuesioner atau melakukan wawancara dengan klien untuk mendapatkan gambaran desain yang diinginkan.
  2. Riset & Penelitian: Melakukan penelitian yang difokuskan pada bisnisnya itu sendiri. Misal, sejarah dan sistem kerja perusahaannya, siapa saja pesaingnya, dan strategi branding apa yang sudah dilakukan oleh para pesaing.
  3. Referensi: Melakukan penelitian soal desain logo yang telah sukses. Mengapa logo-logo tersebut bisa sukses dikenali banyak orang? Mengapa logo-logo tersebut bisa berhasil meningkatkan branding?
  4. Sketsa & Membuat Konsep: Mengembangkan konsep desain logo sesuai apa yang didapatkan dari brief, riset dan referensi.
  5. Refleksi: Mengambil istirahat selama proses desain, mematangkan ide, dan mengubahnya ke format digital.
  6. Presentasi: Menyajikan beberapa konsep logo ke klien.
  7. Revisi Minor (bukan redraw): Melakukan sedikit perbaikan (jika ada).
  8. Finishing.


Kedua, ditinjau dari nilai logonya itu sendiri. Ada empat faktor:
  1. Logo adalah kesan pertama yang dirasakan oleh orang lain terhadap suatu bisnis, karena logo merupakan representasi dari suatu perusahaan. Kesan ini dapat membuat orang-orang menilai perusahaan tersebut sebagai bisnis yang serius dan profesional.
  2. Logo membutuhkan umur panjang. Setelah dirancang, logo akan mewakili wajah suatu perusahaan selama bertahun-tahun.
  3. Logo harus asli. Sebuah logo harus dirancang khusus. Sebuah "logo generik" tidak akan bisa mencerminkan nilai-nilai suatu perusahaan.
  4. Logo harus tampak profesional. Logo yang dibuat asal-asalan dan tidak memerhatikan aspek-aspek komunikasi dan kepantasan akan menyebabkan suatu bisnis dianggap tidak profesional.


Tambahannya:
Quote:Original Posted By unreback
ane tambahin nih, kenapa logo itu bisa mahal2 gitu selain emang orang yang buatnya udah terjamin kualitas kerjanya

ada 5 prinsip untuk buat logo menurut Jacob Cass (logo designer):
simple, mengesankan, gak akan termakan waktu, versatile (ane bingung nyari bahasa Indonesia yg tepatnya, intinya sebuah logo bisa dipakai disegala ukuran, bisa di cetak dalam satu warna), tepat/cocok dgn produk yg diwakili oleh logo tersebut.

nah susah kan memenuhi 5 prinsip itu, sebenernya sih teorinya banyak ane kasih ilmu yg gampang diterapin aja
nih contoh logo yang gak timeless dan yg timeless:

Spoilerfor contoh logo:
http://www.kaskus.co.id/thread/52861b35fdca179001000004
Related Posts with Thumbnails

Entri Populer