Label

Ajaib (105) Akhir Zaman (12) Akuntansi (1) Alam (344) Aneh (896) Anime (19) Asal Usul (175) Cerita (73) Cewek (73) Cowok (37) Design (143) Download (7) Ekonomi (27) Fakta (2346) Fenomena (80) fotografi (74) Games (4) Geografi (53) Gila (92) GO Green (58) Hebat (670) Hewan (262) Ilusi (11) Indah (268) Indonesia (196) informasi (3209) Inspirasi (126) Kamus (2) Kecantikan (79) kesehatan (607) Langka (58) lifestyle (232) Love (3) Lucu (156) Makanan (115) Mantap (448) Menakjubkan (1401) Misteri (64) Mitos (39) Movie (1) Otomotif (59) Parfum (2) Puzzle (19) Rapture (2) Relationship (81) Renungan (27) Resensi (3) Resep (3) Science (190) Seni (93) Serba 10 (443) Sport (99) Teknologi (391) Tips (768) Travel (101) Trik (471) Unik (1072) Wallpapers (1)

Senin, 18 November 2013

[Salut] Anak SD di Gresik Ciptakan Penyiram Tanaman dengan Ponsel


Fatima Ezzat dan Aurumita, siswa SD asal Gresik, pencipta penyiram tanaman dengan ponsel
(VIVAnews/Tommy Adi Wibowo)


VIVAnews -Dua orang anak siswa kelas lima di Sekolah Dasar Muhammadiyah Manyar, Gresik, Jawa Timur, berhasil menciptakan alat penyiram tanaman dengan ponsel.

Konsep bernama Autopot ini memanfaatkan ponsel bekas untuk menyiram tanaman di mana dan kapan saja. Sistemnya memindahkan energi kimia menjadi energi listrik dan gerak.
Fatima Ezzat dan Aurumita, pembuat konsep Autopot, memaparkan cara kerja dari alat Autopot adalah dengan menyambungkannya dengan ponsel bekas. Lalu, dinamo akan bergerak menyedot dan memancurkan air jika ada sambungan telpon masuk.

"Jadi, prosesnya adalah ketika menelpon ke ponsel bekas, maka getaran dari ponsel bekas itu akan mengubah energi gerak menjadi listrik dan selanjutnya akan memberikan tekanan pada air," ujar Fatima dan Aurumita, kepada VIVAnews, di Pameran Finalis Kompetisi Ilmiah LIPI, Jakarta, 14 November 2013.

Aurumita mengaku memiliki hobi menanam. Namun karena sering bepergian ke luar kota, dia kerap lupa menyiram tanamannya. Dari sinilah ide menyiram tanaman dari jarak jauh bermula.

"Lalu, saya berpikir bagaimana menciptakan alat untuk menyiram tanamannya secara otomatis. Akhirnya saya menemukan ide menyiram tanaman hanya dengan melakukan panggilan telpon," ujar Aurumita.

Dia menambahkan, dengan bantuan alat Autopot ini maka orang-orang akan dapat menyiram tanaman dari mana dan kapan saja. Sekarang pemilik tanaman tidak perlu lagi merasa khawatir tanamanannya layu akibat tidak disiram.

"Biaya pembuatan alat Autopot ini hanya Rp350 ribu. Komponennya terdiri dari botol bekas, ponsel bekas, kabel, kartu SIM card, sedotan, dinamo, selotip, baterai, komponen listrik, dan penyemprot air dari mobil bekas," tutur Fatima.

Autopot adalah salah satu finalis dari kategori National Young Inventor Awards (NYIA) di Kompetisi Ilmiah yang digelar oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 14-15 November 2013.

NYIA adalah ajang kompetisi hasil penemuan siswa umur 8-18 tahun yang mempunyai sifat untuk memudahkan dan mendukung suatu pekerjaan dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. (eh)


© VIVA.co.id
kecil kecil udah pandai berkreasi

Quote:saran buat si Eneng dari agan/wati Kaskuser

Quote:Original Posted By dado0036
kreatif yah..
selain buat nyiram taneman, bisa juga buat nyirem orang tuh..
Biar "Morning Call" makin mantab, hahaha..


Quote:Original Posted By SognBeg
nais

boleh kakak koreksi ya
kembangkan pake scheduler neng
jadi gak usah pake telepun

auto nya bisa hilang kalo kita lupa nelpun



Quote:Original Posted By ahocool
sebagai pengasuh thread hobby elektronika digital.. saya bangga tapi sekaligus miris

jelas2 itu di gambar ada microcontroller yg dirasa terlalu berat buat anak sd

anak kecil seharusnya diajari berlaku jujur looo...
jangan karena ingin menang ...maka porsi yg seharusnya dibantu orang dewasa tetep di nyatakan jujur..."dibantu dibikinkan"..

semoga kejujuran tetap dipupuk pada talenta muda ini oleh guru, orang tua dan kaskuser juga mestinya sadar...

salam


Quote:Original Posted By sinonie
yang komen negatif mate aja lo!!

yang penting idenya gan... biarpun ada teknologi lebih mantap dari ini... di usia anak segede gt sudah mantap... dia ada usaha... mau berpikir.. ada keinginan membuat sesuatu yang baru..

harus di apresiasi..

lo inget waktu seumur gt bisa apa? ngerengek ma orang tua buat minta duit buat beli game?????



http://www.kaskus.co.id/thread/5284fcb11acb177d4a00000a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Entri Populer