Label

Ajaib (105) Akhir Zaman (12) Akuntansi (1) Alam (344) Aneh (896) Anime (19) Asal Usul (175) Cerita (73) Cewek (73) Cowok (37) Design (143) Download (7) Ekonomi (27) Fakta (2346) Fenomena (80) fotografi (74) Games (4) Geografi (53) Gila (92) GO Green (58) Hebat (670) Hewan (262) Ilusi (11) Indah (268) Indonesia (196) informasi (3209) Inspirasi (126) Kamus (2) Kecantikan (79) kesehatan (607) Langka (58) lifestyle (232) Love (3) Lucu (156) Makanan (115) Mantap (448) Menakjubkan (1401) Misteri (64) Mitos (39) Movie (1) Otomotif (59) Parfum (2) Puzzle (19) Rapture (2) Relationship (81) Renungan (27) Resensi (3) Resep (3) Science (190) Seni (93) Serba 10 (443) Sport (99) Teknologi (391) Tips (768) Travel (101) Trik (471) Unik (1072) Wallpapers (1)

Sabtu, 10 Desember 2011

11 Benda yang Sebaiknya Dibawa Saat Travelling

Anda merencanakan untuk pergi berlibur saat akhir pekan ini? Agar acara travelling Anda menyenangkan dan nyaman, ada beberapa benda yang wajib dibawa. Seperti yang dikutip dari Time of India, ini dia sebelas benda tersebut.

1. Tabir Surya
Quote:
Spoiler for foto...:

Ingin berlibur ke pantai, gunung atau kota, tabir surya atau sunblock adalah benda yang wajib dibawa. Paparan sinar matahari tetap bisa merusak kulit walau iklim terasa dingin.
2. Obat-obatan
Quote:
Spoiler for foto...:

Pastikan Anda memiliki persediaan obat yang cukup hingga hari terakhir liburan. Tidak semua kota atau negara memiliki persediaan obat yang sama dengan tempat tinggal Anda.
3. Hand Sanitizer
Quote:
Spoiler for foto...:

Gel pencuci tangan dapat menjaga tangan Anda bebas dari kuman dan tetap bersih setiap saat. Ini penting, terutama ketika Anda pergi ke daerah, dimana air bersih tidak selalu tersedia.
4. Kotak P3K
Quote:
Spoiler for foto...:

Benda yang satu ini tidak boleh tertinggal karena dapat menolong Anda, terutama jika berpergian di tempat yang memiliki perbedaan bahasa.
5. Tisu Basah
Quote:
Spoiler for foto...:

Walah sudah membawa gel pembersih tangan, ada baiknya Anda membawa tisu basah. Berfungsi sebagai penyeka keringat berlebih yang menyegarkan, jika Anda mengunjungi negara panas.
6. Kacamata Hitam
Quote:
Spoiler for sfoto...:

Kacamata hitam bukan hanya untuk bergaya, tapi juga bisa melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya.
7. Kantong Plastik
Quote:
Spoiler for foto...:

Berguna untuk menaruh pakaian kotor atau basah agar pakaian Anda lainnya tetap bersih. Kantung ini juga berguna sebagai tempat muntahan bagi Anda yang mudah mabuk darat, laut dan udara.
8. Fotokopi Dokumen Penting
Quote:
Spoiler for foto...:

Fotokopi dokumen penting seperti paspor, tiket pesawat, KTP dan SIM harus selalu ada dalam koper Anda. Jika terjadi hal buruk seperti tas dicopet, Anda dapat lebih mudah mengurus kehilangannya.
9. Gembok dan Kunci Koper
Quote:
Spoiler for gembok...:

Jangan lupa untuk membawa cadangan gembok serta kunci koper, jika sewaktu-waktu kunci Anda rusak atau memiliki tambahan koper akibat banyaknya oleh-oleh yang dibeli.
10. Permen Karet
Quote:
Spoiler for foto...:

Bila bepergian dengan pesawat, sebaiknya siapkan permen karet karena dapat mengurangi tekanan telinga saat take-off. (ke trit yang berhubungan dengan ini : KLIK)
11. Buku, Majalah atau Mainan
Quote:
Spoiler for foto...:


Bepergian ke tempat yang jauh dan membutuhkan waktu berjam-jam tentu membuat Anda bosan. Oleh karena itu, bawalah buku, majalah atau teka-teka silang untuk menghilangkan kebosanan.
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11420319

[INFO] Gangguan Saat Bepergian Dengan Pesawat

Quote:
[center][size="4"][font="Comic Sans MS"][center]
Perjalanan udara bisa dikatakan sebagai yang paling aman dan nyaman. Tapi ada beberapa masalah pada transportasi udara ini, gangguan yang terjadi karena kurangnya tekanan atmosfer, oksigen yang minimum, kebisingan mesin pesat, serta getaran. Berikut ini beberapa masalah kesehatannya.

Quote:
Quote:
1. Deep Vein Thrombosis (DVT)
Spoiler for wow:


DVT merupakan kondisi pembekuan darah pada vena seperti di kaki. Apalagi saat perjalanan sangat jauh dan tidak sering menggerakkan kaki.
Solusi: Sesekali menggerakkan kaki dan jangan menyilangkan kaki.
Quote:
Quote:
2. Jet Lag
Spoiler for wow:

Apa sih jet lag? Jet lag adalah saat melakukan perjalanan yang melintasi beberapa zona waktu, yang menyebabkan kelelahan, emosian, sakit perut, hingga gangguan tidur.
Solusi: Lebih sering menjemur diri di bawah sinar matahari. Jika pergi ke arah timur, usahakan tidur lebih awal.
Quote:
Quote:
3. Barotrauma
Spoiler for wow:


Ini adalah keadaan dimana telinga merasa sakit karena tekanan udara tidak seimbang saat take-off dan landing.
Solusi: Mengunyah permen karet atau menguap dapat mengurangi kemungkinan terjadi barotrauma.
TAMBAHAN AGAN
Spoiler for tambahan agan:
]
Quote:
Originally Posted by rufs View Post
gan ane mau nambahin solusi buat barotrauma. (ane setiap naik pesawat kena ginian gan. tapi sekarang dah punya solusi sendiri)

caranya:
kalo misalnya kuping dah kerasa kaya bindeng (pada tau kan bindeng kaya gimana?)

coba deh tutup mulup + tutup hidung (idungnya di pencet pake jari telunjuk + jempol) pokoknya usahakan kita ga bisa napas dari idung / mulut deh. abis itu coba hembuskan napas (masih dalam keadaan hidung dan mulut tertutup & kalo perlu hembusin napasnya yang kuat ya gan) sampai kayak ada udara keluar dari telinga (sampai ada bunyi cuss dari telinga). dijamin bindeng bakalan ilang dan telinga ga akan sakit. karena tekanan udara yang ada ditelinga dah dinormalin (seimbang).

biasanya yang pernah nyelam (diving ya namanya?) pasti diajarin ginian sama instrukturnya biar tekanan udara bisa normal.

sorry kalo tulisannya belibet. ane ga jago nulis. ahahaa

CMIIW.
Quote:
Originally Posted by Radhitya69 View Post
sekedar info
barotrauma itu banyak gan kejadiannya
di dalem kamar mesin kapal pun bisa
pas diving sama yang agan infoin ini

kl di kamar mesin kapal itu malah bisa menyebabkan gendang telinga pecah ataupun tuli gan,
gr2 emang tekanan udara ga seimbang
biasanya solusinya pake penutup telinga
kl pas ga ada penutup telinga biasanya mulutnya dibuka biar tekanan udaranya seimbang gan
hanya share info saja gan

KEEP POSTING gan
Quote:
Originally Posted by white_shadow View Post
cara ane mengatasi Barotrauma,
klo pesawat landin ato takeoff, ane buka mulut.
kan ada saluran mulut yang terhubung dg telinga,
jadi tekanan dalam telinga bisa seimbang

Quote:
Quote:
4. Mabuk Udara
Spoiler for wow:

Biasanya terjadi jika seseorang tidak biasa naik pesawat, sehingga menjadi mual, pusing.
Solusi: Makan cukup sebelum bepergian, jangan membaca atau menulis selama perjalanan.
Quote:
Quote:
5. Gangguan Pernafasan
Spoiler for wow:

Dikarenakan tekanan berbeda, maka udara yang dihirup lebih sedikit.
Solusi: Sering-sering menarik nafas panjang.
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=574100558#post574100558

Grasse City, Kota Parfum Dunia di Prancis [+pic]

Spoiler for pic Grasse City:


LAMBANG DAERAHNYA GAN



Grasse night city

Bila Anda ingin mencari parfum berkualitas, datanglah ke Kota Grasse, Prancis. Di kota yang cuma berjarak 15 kilometer dari Kota Cannes itu, Anda akan mendapati banyak pilihan parfum.
Grasse memang bagai hamparan aroma wangi-wangian. Bisa dimengerti, karena di kota berudara sejuk dan berbukit-bukit itu tak kurang 25 pabrik parfum berdiri. Grasse pun menjelma menjadi kota parfum dunia.


Spoiler for Grasse City:


Kota Grasse


Tak berlebihan bila di kota yang dulunya sering disinggahi Putri Pauline Bonaparte ini banyak lahir para pencium parfum terkenal dunia. Sebut saja Jacques Maurel. Lelaki yang mendapat sebutan nose ini sudah 35 tahun melakoni pekerjaan sebagai pencium aroma parfum. Tak heran bila selama ini dia sudah mencium aroma sejumlah parfum terkenal.


Spoiler for Grasse City:


Jacques Maurel


Kini Maurel mulai menurunkan keahlian itu kepada anak-anak yang ingin meniru jejaknya. Walau di Prancis banyak sekolah parfum, namun belajar dari seorang master adalah cara terbaik untuk menjadi ahli parfum. Langkah awal, Maurel mengajarkan muridnya untuk mengenali 2.000 macam bau, baik bau-bauan alami mapun buatan. Tapi di luar itu ada hal yang paling penting. Seorang pencium atau pembau parfum harus menjauhi makanan berbau tajam, minuman keras, rokok, dan kopi selama hidupnya.


Spoiler for Grasse City:


Mencoba Parfum di Toko Parfum Terbesar di Grasse


Grasse ialah sebuah kota berpenduduk 44.790 jiwa di departemen Alpes-Maritimes, Perancis tenggara.

Grasse terkenal akan industri parfumnya sejak akhir abad ke-18. Di sekitar kota ini terdapat banyak perkebunan buah dan bunga yang dari situminyak untuk industri parfum di Perancis berasal.

Grasse adalah ibukota arondisemen di Alpes-Maritimes.


Spoiler for Grasse City:


Banyaknya Pilihan Parfum disana



Spoiler for Grasse City:


Pabrik Parfum



Spoiler for Grasse City:


Patung Kebanggaan Orang Grasse, Nenek Moyang Penjual Parfum



Spoiler for Grasse City:


Etalase Toko Parfum Pinggiran Jalan


Spoiler for pic Grasse City:

Spoiler for pic Grasse City:


Spoiler for pic Grasse City:


Spoiler for pic Grasse City:


Spoiler for pic Grasse City:


Spoiler for pic Grasse City:


Spoiler for pic Grasse City:
[img] [/img]http://img3.photographersdirect.com/img/30781/wm/pd2723377.jpg


Spoiler for pic Grasse City:


http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7081220

Kucing di Italia Dapat Warisan Rp141 Miliar



VIVAnews - Seekor kucing hitam di Roma, Italia, bernama Tommaso mendadak jadi binatang terkaya di dunia setelah majikannya meninggal. Kucing berusia empat tahun ini mendapat warisan senilai 10 juta pound sterling atau sekitar Rp141 miliar.

Diberitakan laman The Guardian, Jumat 9 Desember 2011, majikan Tommaso yang tidak disebutkan namanya meninggal dunia bulan lalu pada usia 94 tahun. Dalam wasiatnya, janda tidak beranak ini memerintahkan pengacaranya untuk memberikan seluruh propertinya yang tersebar dari Milan di utara ke Calabria di selatan kepada Tomasso.

Dalam wasiat bertanggal 26 November 2009 tersebut, janda dari pengusaha konstruksi ini juga memberikan mandat bagi pengacaranya untuk menunjuk yayasan pecinta binatang yang dapat menjaga Tommaso. Salah satu pengacara, Anna Orecchioni, kepada harian Il Messaggero mengatakan bahwa terdapat beberapa yayasan yang telah masuk kualifikasi.

Menurut hukum Italia, seekor binatang tidak dapat mewarisi harta majikannya. Untuk itu, janda ini mempercayakan pembantunya, Stefania, untuk mengurus kekayaannya. Ketika janda ini sakit-sakitan, Stefania membantunya untuk mengerjakan beberapa pekerjaan rumah.

"Saya tidak tahu kalau signora sangat kaya," kata Stefania.

Tommaso bukanlah kucing pertama yang mendapatkan harta warisan ratusan miliaran rupiah. Sebelumnya, pada tahun 1988, seekor kucing bernama Blackie di Inggris juga mewarisi harta majikannya senilai 9 juta pound sterling atau sekitar Rp127 miliar.

Limonen: Cerita tentang Perang Melawan Raksasa Sterofoam

LIMONEN
Cerita tentang Perang Melawan Raksasa Sterofoam
Quote:
Quote:
()"Mau dimakan disini ato take-away?", tanyanya.
()"Bungkus aja, Mbak", jawab saya.
...
...
()"Baik, nasi goreng sak karepmu dewe 2, teh manis 2, totalnya XX rupiah", jelasnya seraya menyodorkan pesanan.
()"Trims", pungkas saya pendek seraya menyerahkan uang.
Kedua barang berpindah tangan. Transaksi selesai.
Quote:
Hari yang lain...
()"Mas, ini semua bekas package CPU mau diapain?"
()"Buang aja, menuh-menuhin tempat"
()"Kemana, Mas?"
()"Ngg...kalo nggak dibakar saja. Gampang."
()"..."
Kedua ilustrasi di atas sepertinya tidak berhubungan, tetapi keduanya ternyata menggunakan dua container yang sama, yaitu sterofoam (bahasa Inggris: styrofoam). Ini hanya sebagian contoh kecil penggunan sterofoam dalam kehidupan sehari-hari.

Quote:
Sterofoam tidak hanya digunakan untuk container makanan (padahal bahaya), dia juga dipakai dalam skala luas untuk package barang-barang elektronik, dekorasi dan gizmos untuk acara-acara seperti pensi (pentas seni), sunatan, pernikahan dan seterusnya. Setelah fungsinya selesai, ia akan turun pangkat menjadi sampah. Bahaya sterofoam dalam bidang kesehatan rasanya sudah banyak sekali diulas dalam media, dan upaya mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse) dan mengubah ke bentuk lain (recycle) belum mampu mengimbanginya.

Sterofoam sebenarnya adalah merek dagang The Dow Chemical Company yang merujuk pada busa polistiren-tekan yang dibuat untuk insulasi termal dan aplikasi keahlian. Di Amerika Serikat dan Kanada, kata sterofoam sering salah kaprah digunakan sebagai istilah generik busa polistiren-meluas (bukan tertekan) seperti cangkir kopi, pendingin, atau bahan pelapis dalam packaging (pembungkus), yang biasanya berwarna putih dan dibuat dari butiran-butiran polistiren-meluas.

Sterofoam tersusun atas udara 98% dan material anorganik plastik 2%. Biaya yang dihabiskan untuk membuang material ini mahal dan menjadi bencana bagi lingkungan. Sampah ini tidak mengalami biodegradasi selama ratusan bahkan ribuan tahun dan resisten terhadap fotolisis. Karena stabilitasnya, biodegradasi sampah ini dapat menciptakan limbah cair dan gas yang relatif berbahaya yang mencemari air tanah dan udara.

Spoiler for sampah sterofoam:

Sampah sterofoam yang mengambang di Sungai Citarum

Spoiler for sampah sterofoam:
"Jadi adakah solusinya?"

Quote:
Dua orang anak negeri, Adrienne Trinovia Sulistyo dan Vici Riyani Tedja, berhasil mengusung tema mengatasi sampah dengan sampah. Melalui karya tulis berjudul "Pengolahan Limbah Styrofoam Melalui Proses Kimiawi Sulfonasi dan Proses Biologi Tradisional dengan Ekstrak Kulit Jeruk", kedua Srikandi ini berhasil menggondol medali perak pada Olimpiade Proyek Lingkungan Internasional Eropa-Asia Ke-2 (INEPO Euroasia), yang dilangsungkan di Baku, Azerbaijan, pada 1-6 April 2008.


Kulit jeruk, yang selama ini pemanfaatannya masih sebatas dibuat selai, manisan, dan penambah aroma parfum, ternyata menjadi solusi memerangi sampah sterofoam yang dewasa ini malah semakin menumpuk. Selidik punya selidik, ternyata kandungan kulit jeruk mampu merontokkan kesombongan sterofoam. Siapakah pahlawan itu?

Namanya limonen. Dia menyusun sekitar 94% kulit jeruk. Limonen adalah hidrokarbon cair tak berwarna yang diklasifikasikan sebagai terpena siklik. D-Isomer yang lebih umum mempunyai aroma seperti jeruk dan sering digunakan dalam sintesis kimiawi sebagai prekursor salah satu turunan terpenoid (carvone) dan sebagai pelarut produk-produk pembersih. Limonen berasal dari kata lemon; seperti buah jeruk-jerukan yang lain, lemon juga mempunyai kandungan limonen yang lumayan. D-Limonen secara komersial didapatkan dari buah jeruk melalui dua metode: separasi sentrifugal atau distilasi uap.

Spoiler for Limonen:

Senyawa kimia limonen

Spoiler for Limonen:

Kandungan limonen dalam kulit jeruk

Spoiler for Limonen:

Pembuatan D-Limonen


D-Limonen digunakan dalam industri makanan sebagai pemberi aroma dan ditambahkan pada produk pembersih seperti sabun cuci tangan untuk memberi aroma jeruk. Limonen juga digunakan sebagai alternatif untuk menghilangkan minyak pada bagian mesin; lebih mudah terbiodegradasi daripada minyak mineral, dan dihasilkan dari sumber yang dapat diperbaharui.

Spoiler for Isolasi Limonen part 1:

Spoiler for Isolasi Limonen part 2:


Proses kimiawi yang dapat diaplikasikan untuk menghancurkan sampah sterofoam, yaitu memakai proses kimiawi. Dalam proses yang disebut sulfonasi ini, sterofoam yang sudah dipotong-potong dicampur dengan klorofom dan asam sulfur. Campuran ini didiamkan selama dua jam dalam suhu 45 derajat Celsius sampai berubah menjadi larutan PSSNa. Lewat proses pemisahan dan netralisasi memakai sodium hidroksida (NaOH), larutan ini akan menghasilkan serbuk polimer setelah dikeringkan.

Walaupun lebih rumit, metode pengolahan sterofoam secara kimiawi ini bukan hanya agar aman dibuang, tapi juga menghasilkan produk dengan nilai tambah yang tinggi. Serbuk polimer PSSNa yang dihasilkan bisa digunakan sebagai bahan super-plastifier dalam industri semen, sebagai bahan polimer dalam pemrosesan air bersih, dan lainnya.

Caranya mudah, kulit jeruk dihaluskan dalam blender lalu di peras untuk mengeluarkan ekstrak yang mengandung D-Limonene tersebut. Kemudian cairan ekstrak kulit jeruk ini di pakai untuk melarutkan sterofoam yang telah dipotong kecil-kecil. Selama peredaman, sterofoam terus diaduk. Hasilnya potongan sterofoam perlahan mengecil sampai akhirnya lumer dan air ekstrak jeruk mengental. sterofoam yang telah lumer itulah yang sudah aman dibuang ke lingkungan karena sudah bisa diurai oleh mikroorganisme.
Quote:
Di bawah ini adalah contoh peperangan limonen melawan polistiren bandel.
Spoiler for Limonen:

Spoiler for Limonen:

Spoiler for Limonen:
Quote:
Fakta-fakta tentang limonen:
  • Limonen dapat digunakan untuk melarutkan polistiren, dan lebih bersahabat secara ekologis menggantikan aseton.
  • Limonen adalah produk kosmetik yang umum, digunakan sebagai pemberi aroma buah sitrus. D-Limonen juga digunakan dalam industri makanan dan beberapa obat-obatan seperti untuk menutupi rasa pahit alkaloid dan aroma pada parfum; dan juga insektisida botani.
  • D-Limonen dapat digunakan sebagai pengobatan alami dan alternatif untuk penyakit refluks gastroesofagal dan heartburn.
  • Limonen digunakan sebagai pelarut cairan pembersih, campuran lem model pesawat terbang, pengharum ruangan dan digunakan oleh filatelis untuk menghilangkan perekat perangko dari kertas amplop.
  • Limonen dapat terbakar, sehingga dapat digunakan sebagai biofuel.
  • Dalam pembuatan preparat jaringan histologi ataupun histopatologi, D-Limonen sering digunakan sebagai pengganti xylen sebagai larutan clearing spesimen yang sudah mengalami dehidrasi.

Pemanfaatan D-Limonen sebagai penanggulangan limbah sterofoam mungkin masih belum banyak dilirik oleh industri maupun pemerintah.
Ttetapi dengan adanya terobosan ini, tampaknya ada angin segar perubahan melawan tirani sang immortal, sterofoam.


Quote:
Glossarium:
Sampah: suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber aktivitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis.

Sampah anorganik: merupakan jenis sampah yang berasal dari sumber daya alam tak terbarui seperti mineral dan minyak bumi atau dihasilkan dari proses industri. Beberapa bahan seperti ini tidak terdapat di alam, yaitu plastik dan aluminium. Sebagian zat anorganik secara keseluruhan tidak dapat diuraikan oleh alam, sedang sebagian yang lain hanya diuraikan secara lambat

Proses sulfonasi: Istilah sulfonasi terutama digunakan untuk menyatakan reaksi-reaksi yang menggunakan pereaksi sulfonasi yang umum seperti asam sulfat pekat, oleum, dan pereaksi lainnya yang mengandung sulfur trioksida.

Fotolisis: reaksi kimia dimana senyawa kimia diuraikan oleh cahaya.

PSSNa: polimer sodium polystyrene sulphonate



Quote:
Quote:
Originally Posted by benk210381 View Post
kira2 apa alternatif lain bwt gati sterofoam itu gan? lagian dia kan bisa didaur ulang gitu? cool
Pertanyaan yang sangat menarik.
Sterofoam punya efisiensi yang sangat tinggi, terhadap panas maupu degradasi biologis.
Badan POM menyarankan kepada semua pihak agar menghindari penggunaan styrofoam untuk wadah pangan yang panas, bersuhu tinggi, mengandung lemak, alkohol dan asam. Sebab dengan tetap menggunakan wadah ini akan terjadi migrasi dari monomer stirena ke dalam pangan yang dapat menimbulkan risiko gangguan kesehatan.

Ok, back to the topic,
Saya sudah mencari beberapa literatur tentang bahan pengganti sterofoam. Ternyata cukup melimpah.
Beberapa diantaranya:
Quote:
1. Besek yang terbuat dari anyaman bambu; masih diterapkan oleh industri makanan ringan seperti i industri geplak Bantul, getuk goreng Purwokerto, wingko babat Semarang dan Tape Singkong Bondowoso. Besek pun bisa Anda temui untuk membungkus salak pondoh.
Spoiler for besek:
Referensi:http://arumsekartaji.wordpress.com/2...nti-styrofoam/

2. Felofoam yang ramah lingkungan sebagai pengganti Styrofoam. Felofoam ini terbuat dari gabus jagung dan gabus batang ketela yang selama ini kurang dimanfaatkan. Bahan ini dicampur dengan Gliserol dan tepung kanji. Namun felofoam ini mempunyai jangka waktu, karena di dalam tepung bisa terdapat bakteri sehingga akan terjadi kebusukan. Felofoam ini bisa menjai alternatif kita sebagai pengganti Styrofoam yang berbahaya dan tidak ramah lingkungan.
Referensi:http://id-id.facebook.com/topic.php?...56903&topic=93

3. Ecocradle, terbuat dari bahan sejenis kulit biji-bijian dan juga akar dari jamur dan untuk membentuknya menjadi sebuah Styrofoam yang diinginkan, kita hanya perlu membuat sebuah cetakan dan selanjutnya EcoCradle bisa mengeras dan mempunyai bentuk sesuai dengan apa yang kita inginkan (hanya butuh waktu 5 hari untuk proses pembentukan ini).

EcoCradle sendiri juga berfungsi sama dengan Styrofoam dimana dapat melindungi produk sehingga tidak mudah pecah serta tahan air.

Ketika saatnya dibuang, anda bisa menghancurkannya dengan mudah dan kemudian bisa disebar ke tanaman karena EcoCradle bisa dijadikan sebagai pupuk untuk tanaman. Dan jika anda membuangnya begitu saja, dengan bantuan udara, EcoCradle akan mudah terurai dengan sendirinya.
Referensi:
http://www.otakku.com/2010/10/28/eco...ah-lingkungan/
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10176646
Related Posts with Thumbnails

Entri Populer