Label

Ajaib (105) Akhir Zaman (12) Akuntansi (1) Alam (344) Aneh (896) Anime (19) Asal Usul (175) Cerita (73) Cewek (73) Cowok (37) Design (143) Download (7) Ekonomi (27) Fakta (2346) Fenomena (80) fotografi (74) Games (4) Geografi (53) Gila (92) GO Green (58) Hebat (670) Hewan (262) Ilusi (11) Indah (268) Indonesia (196) informasi (3209) Inspirasi (126) Kamus (2) Kecantikan (79) kesehatan (607) Langka (58) lifestyle (232) Love (3) Lucu (156) Makanan (115) Mantap (448) Menakjubkan (1401) Misteri (64) Mitos (39) Movie (1) Otomotif (59) Parfum (2) Puzzle (19) Rapture (2) Relationship (81) Renungan (27) Resensi (3) Resep (3) Science (190) Seni (93) Serba 10 (443) Sport (99) Teknologi (391) Tips (768) Travel (101) Trik (471) Unik (1072) Wallpapers (1)

Jumat, 04 Februari 2011

Karya Anak Bangsa Yang Diakui Dunia Namun Luput dari Perhatian Kita


Nama Indonesia seringkali dikaitkan dnegan hal-hal negatif : terorisme, korupsi, kemiskinan, bencana, dsb. Seolah-olah tidak ada yang baik dari Indonesia.
Namun, cukup banyak pula karya anak bangsa yang membanggakan dan diakui dunia.
Berikut ini contohnya :

  • PT.PAL sukses bikin salah satu kapal terbaik didunia “Star 50″ berbobot 50,000 ton. Salah satu Negara yg pesan kapal ini adl Singapura.
  • Di singapura gamelan jadi mata pelajaran wajib di SD pada hampir sebagian wilayahnya.
  • Pabrik/manufaktur Mattel (boneka Barbie USA) hanya ada 2 didunia yaitu diChina dan diJababeka,Cikarang.
  • Brand internasional yg amat prestisius, Gucci,menggunakan kain tenun asli Indonesia sbg bahan bakunya.
  • Mobil terpopuler diUni Emirat Arab adl Toyota Kijang Innova yg sepenuhnya diproduksi di Indonesia
  • Bunga nasional Korea Utara yg amat popular Kimilsungia berasal dari Indonesia dan diberi nama oleh Presiden RI Ir. Soekarno
  • Tahukah Anda, airbridge –tangga belalai menuju pintu pesawat yg ngetrend di bandara2 dunia kali pertama dibuat oleh PT Bukaka, Indonesia
  • Pejuang HAM legendaris bapak pembebasan Negara Afrika Selatan Nelson Mandela,setelah berhasil menghapus Apartheid di negerinya, mengakui bahwa perjuangannya itu diinspirasikan perjuangan Syekh Yusuf dari Makassar
  • Thn 2002, dlm Special Edition TIME magazine on Asian Heroes, penyanyi Iwan Fals jd cover fullpage.
  • Mobil prestisius,Mercedes Benz, menggunakan knalpot buatan Indonesia, yg pengerjaannya sepenuhnya dilakukan di Purbalingga,Jawa Tengah
  • Presiden RI ke-3, BJ Habibie adl pemegang 46 paten dibidang aeronautika dunia
  • David Foster mengaku,lagu ciptaanya ‘To Love You More’ yg dibawakan Celine Dion terinspirasi dari musik Keroncong Indonesia
  • Menara Kuala Lumpur dirancang oleh putra Indonesia, Ir.Achmad Murdijat alumni ITB
  • Indofood adl produsen mie instan terbesar di dunia
  • Tas Bagteria made in Indonesia telah dijajakan diberbagai etalase dimall2 kelas atas di 32 negara diseluruh penjuru dunia & dipakai Paris Hilton,Zara Phillips,Emma Thomson,& Audrey Tatou
  • 3 jenis kopi andalan Starbucks di Seattle,adl: Sumatera, Java Mocha& Toraja Coffee
  • Koin Ringgit dan paspor malaysia diproduksi PT PERURI

Permintaan 9 Orang Yang Akan Meninggal, Yang Menjadi Kenyataan

1. Gadis remaja yang ingin pergi ke pesta dansa sebelum meninggal 3 hari kemudian..

Brett Marie Christian, 15, menderita leukemia dan prognosis menyatakan tidak baik. Dia sedang sekarat, tapi sebelum dia meninggal, dia ingin melakukan dansa terakhir tapi ia terlalu sakit untuk pergi ke Homecoming Dance.

Jadi teman-teman sekelasnya membuat permintaan terakhirnya menjadi kenyataan dan membawa pesta dansa padanya. Dan begitulah pesta dansa Sekola Palmyra diadakan lebih awal tahun ini di Monarch, Lincoln, di mana orang - orang berada diambang maut.

Dia mengenakan gaun pink dan dengan rambutnya ikal. Dia melakukan manikur dan pedikur terakhirnya. Teman dansanya membelikannya korsase dan kalung, juga.Brett dan Treyton Carter melakukan dansa pertama di ruang pesta, dengan 50 atau lebih dari teman sekelas mereka yang berpakaian pesta.

Miss Christian dimahkotai ratu pesta dansa pada malam Sabtu dan meninggal tiga hari kemudian dengan seluruh keluarganya berada di sekitarnya. "Ada banyak hal yang dia lewatkan, Menikah, punya anak, dan menjadi tua ,Tapi dia hanya ingin melakukan dansa yang terakhir kalinya".

2. Gadis 10 th sekarat yang ingin melihat Pixar 'Up'

Colby Curtin punya keinginan terakhirnya. Gadis 10 tahun sangat ingin melihat film baru Disney-Pixar , "Up." tapi gadis kecil yang menderita kanker kronis ini terlalu lemah untuk pergi ke teater. Jadi teman keluarga menghubungi seseorang di Pixar untuk melihat apakah mereka bisa membantu.

Keesokan harinya, Pixar terbang dengan seorang karyawan disney di dalamnya yang membawa tas memorabilia "naik" dalam versi DVD film.Bersama dia dan keluarga Colby semua menonton film. di film ini ada banyak balon besar dilepaskan ke langit. Colby meninggal 7 jam kemudian.

Catatan: pembaca kami Christopher ingin kami untuk menambah bahwa menurut Tropes TV, film itu belum diputar di bioskop, dan Pixar khusus membuatkan versi DVD untuknya, terbang keluar, dan mengabulkan keinginannya.Selain itu, ada tertulis bahwa mereka mencoba untuk merahasiakan kejadian ini

3. Wanita berusia 100-tahun yang mendapat gelar sehari sebelum meninggal

Ini adalah impian Harriet Richardson Ames 'untuk mendapatkan gelar sarjana di bidang pendidikan. Dia akhirnya mencapainya, tiga minggu setelah pencapaian yang lain: di ulang tahunnya ke-100 .

Sehari setelah menerima diploma di samping tempat tidurnya, pensiunan guru sekolah ini meninggal, bahagia bahwa ia telah menyelesaikan tujuannya.

Ames telah mendapatkan sertifikat mengajar dua tahun pada tahun 1931 di Keene Normal School, sekarang Keene State College. Pada usia 100, Harriet Richardson Ames memenuhi mimpinya yang produktif menjadi sarjana pendidikan. ( Link )

4. Anak Kecil Yang sekarat, yang ingin memberi makan para gelandangan sebagai malaikat

Brenden Foster (4 Oktober 1997 - November 21, 2008) adalah seorang anak laki-laki dari Bothell, Washington, didiagnosa dengan leukemia lymphoblastic akut pada tahun 2005. stasiun penyiaran lokal,KOMO, melaporkan kisah keinginan terakhir Brenden, untuk memberi makan tunawisma.

Ia mengatakan ia ingin menjadi malaikat sehingga dia bisa membantu tunawisma dari Surga. Cerita ini banyak menjadi inspirasi, dan menjadi perhatian media nasional, bahkan menarik perhatian internasional.
Brenden Foster Food Drive dibuat oleh stasiun penyiaran untuk menghormatinya. Di Seattle, relawan dari Emerald City Lights Bike Ride menyiapkan lebih dari 200 sandwich untuk tunawisma.

Terinspirasi dari bagian dalam "Stuff the Truck" food drive untuk menghormati Brenden's, mengisi tujuh truk bahan makanan dan $ 95.000 tunai memberikan manfaat kepada Northwest Harvest dan Food Lifeline.
cerita Brenden juga mencapai stasiun TV di Portland, Oregon, Katu, yang melaporkan tindakan terinspirasi oleh Brenden di Los Angeles, Ohio, dan Pensacola, Florida. Pada Misi Union Rescue di Los Angeles, misalnya, lebih dari 2.500 makanan telah disajikan dengan nama Brenden's.

Mimpinya agar para tunawisma ditempatkan di tenda-tenda kota terus diingat. Seorang veteran Perang Vietnam dari Kentucky yang kehilangan kakinya di perang sangat tersentuh oleh cerita itu, dia memberikan Brenden penghargaan purple heartnya.

Seattle Seahawks NFL franchise membiayai pemakaman Brenden, ia dikuburkan di Evergreen Washelli Cemetery di Seattle, Washington

5. Wanita yang ingin menikah menjadi keinginan terakhirnya

Maire Taomia didiagnosa menderita kanker lambung dan, sebagai keinginan saat dia sekarat, ia meminta ayahnya untuk memberikan restunya dalam pernikahan.Ashburton dan Marouna Tunui, 23, menikah dalam suatu upacara yang mengharukan sekaligus pahit dihadapan 300 teman dan keluarga di Gereja St Christopher ,Avonhead.

Ketika dokter mengatakan Taomia tidak ada lagi yang bisa mereka lakukan, dia mengatakan kepada ayahnya: "Aku ingin menikah." Pasangan muda, yang telah bersama-sama selama lebih dari dua tahun, memiliki satu anak berusia 1 tahun, di Detroit. Pasangan ini telah tinggal di kamar Rumah Sakit Christchurch sejak November 2010.

Rongo mengatakan putrinya sangat energik dan cantik selama upacara yang diadakan pada bulan Januari 2011, tetapi sakitnya tidak terlupakan.CanTeen,, Cancer Society Selandia Baru dan Christchurch's Millennium Hotel membiayai kue pengantin, gaun pengantin, limusin, fotografer dan sebuah kamar hotel untuk bulan madu pasangan ini.

6. Gadis 6 tahun yang ingin meninggalkan ratusan surat cinta untuk orang tuanya

Ketika Elena Desserich berusia 6 tahun didiagnosa menderita kanker otak, ia mulai menyembunyikan ratusan surat cinta kecil di sekitar rumah untuk orang tuanya agar ditemukan setelah ia meninggal.

Dia didiagnosa hidupnya tinggal 135 hari . Dia bisa bertahan hidup sampai 255 hari, meninggal dunia pada tahun 2007. Setelah kematiannya, orang tua Elena's, Brooke dan Keith, menemukan ratusansurat dari Elena disembunyikan di sekitar rumah - di antara bungkus CD, rak buku, di laci meja rias, di ransel.

"Ini benar-benar seperti pelukan kecil dari dia, seperti dia mengatakan bahwa dia sedang melihat atas kami".
Orangtua Elena, Brooke dan Keith Desserich, kemudian menerbitkan surat - surat ini dalam sebuah buku berjudul Notes Left Behind untuk mendanai sebuah organisasi non-profit Cure Starts Now yang didedikasikan untuk melawan kanker otak anak-anak.

7. Anak berusia 5-tahun yang bermimpi bernyanyi untuk Simon Cowell sebelum meninggal

Bethany Fenton, 5, yang didiagnosis dengan tumor otak pada tahun 2009, telah dikabulkan keinginan terbesarnya - bernyanyi untuk Simon Cowell.Mimpinya menjadi kenyataan di Britain's Got Talent studio di London. Setelah itu, dia berkata: "Simon biarkan aku nyanyi 'Twinkle Twinkle Little Star' kepadanya. Dia begitu baik dan aku mencintai dia "Betania meninggal di sebuah rumah sakit tiga hari kemudian..

Juru bicara Cowell Max Clifford mengatakan, "Dia benar-benar sedih, ia betapa dia gadis kecil yang sangat cantik.
Dia adalah seorang gadis kecil yang sangat spesial baginya dan Simon sangat tersentuh ketika ia bernyanyi untuk dia ... hatinya keluar untuk ibu Bethany dan ayah dan ia memikirkan mereka "Seorang juru bicara bagi keluarga Bethany mengatakan,". Ayahnya mengatakan bahwa ia telah melakukan apa yang selalu ingin dilakukan, bertemu Simon Cowell dan bernyanyi untuknya.
Dia telah mencapai mimpi besarnya dan sekarang siap untuk meninggalkan bumi ini

8. Seorang Istri Yang Sekarat, Yang Ingin suaminya Yang Dipenjara karena menyiksanya untuk dibebaskan.

Istri sekarat yang meminta suaminya yang memukulinya untuk bebas dari penjara
Seorang pria California Utara menjalani hukuman karena menyerang istrinya dan dibebaskan pada 2011 karena keinginan wanita yang menjadi korban pemukulannya. 3 bulan sebelum ini, Jeremy Davis dijatuhi hukuman 12 bulan di Monterey County Jail setelah mengaku bersalah atas tuduhan.

Dia dibebaskan setelah istrinya, Char Davis, meminta hakim untuk membebaskannya. Alasan untuk permintaan ini: ia didiagnosis dengan kanker stadium akhir di Malam Natal. Setelah memberikan bukti sakitnya, hakim Monterey County bersimpati dengan Davis dan mengabulkan permintaannya.

Char Davis berjalan jauh dari gedung pengadilan dan menangis, bergandengan tangan dengan ayah suaminya, seorang pennsiunan kepala perawat yang akan membantu merawatnya.
Sebagai bagian dari kondisi pembebasannya, Davis diharuskan menghadiri kelas kekerasan domestik mingguan.

9. Gadis 9 Tahun Yang Ingin Menikah Sebelum MEninggal

Setiap gadis akan bermimpi tentang hari pernikahannya, lengkap dengan gaun putih yang indah dan, tentu saja, pasangan yang sempurna.

Tapi Jayla Cooper (9th) tidak memiliki cukup waktu untuk menunggu pasangan yang sempurna.
Gadis Southlake, TX, telah berjuang melawan leukemia selama dua tahun, pertempuran yang bisa berakhir hanya dalam hitungan minggu.

Tapi yang tidak dimiliki Jayla adalah seorang pengantin pria. Sahabatnya, Jose Griggs, seorang pasien yang sama di Children's Medical Center di Dallas. "Dia sangat imut," Jayla terkikik, "Dan aku mencintainya."

Jayla dan Jose baru-baru ini mengikat janji untuk memenuhi keinginan terakhirnya: Menikah dalam pernikahan yang indah, dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman

Gary Neville Gantung Sepatu


Manchester: Bek senior Manchester United Gary Neville mengumumkan pensiun sebagai pesepakbola profesional, Selasa (2/2) atau Rabu dini hari WIB. Neville pensiun setelah bermain 602 pertandingan hanya untuk MU sejak memulai debut profesionalnya pada 1992 dan 85 kali membela tim nasional Inggris.

"Saya akan selalu menjadi fans MU seumur hidup dan sudah mewujudkan semua mimpiku bersama MU," kata kakak dari Phil Neville, kapten Everton. "Saya kecewa tidak bisa bermain lagi, tapi semua pemain akan mengalaminya. Kita akan mengetahui kapan waktu (saatnya pensiun) itu datang dan waktuku adalah sekarang."

Pemain yang berposisi ideal di bek kanan ini menandatangai kontrak profesional pertama kali pada Juli 1991 dan memulai debutnya pada September 1992 di ajang Piala UEFA melawan Torpedo Moscow. Dia merupakan generasi emas Class of 90s bersama David Beckham, Nicky Butt, Ryan Giggs, dan Paul Scholes yang menjuarai FA Cup yunior pada 1992.

Bersama rekan-rekan yuniornya itu, Neville turut membawa The Red Devils menjuarai sebuah trofi Liga Champions, delapan titel Liga Premier, tiga FA Cup, dan dua Piala Liga. Neville diangkat selaku kapten utama MU pada 2005 dan menjadi bek kanan yang paling sering membela Inggris bersama lima pelatih berbeda.

Cedera patah engkel ketika bermain melawan Bolton Wanderers di Maret 2007 membuatnya absen sepanjang musim. Sejak saat itu cedera silih berganti menghadang kariernya. Walaupun berusaha membangkitkan kariernya, Neville hanya bermain di 33 partai. Ia mulai tergeser Wes Brown, John OShea, dan Rafael Da Silva.

Ingin Rekonsiliasi dengan Istri? Bermainlah dengan Anak-anak Anda

Ingin Rekonsiliasi dengan Istri? Bermainlah dengan Anak Anda

REPUBLIKA.CO.ID, OHIO - Dalam keluarga di mana ayah bermain lebih banyak dengan anak-anak mereka, hubungan orang tua akan lebih berkualitas. Tapi pasangan yang merawat anak-anak prasekolah mereka bersama-sama mungkin memiliki perbedaan pendapat lebih sering dari pasangan di mana ibu adalah pengasuh utama.

Demikian simpulan penelitian The Ohio State University. Mereka melakukan studi terhadap 112 pasangan di Midwestern dengan seorang anak berusia 4 tahun. Pasangan menyelesaikan kuesioner yang menanyakan seberapa sering orang tua masing-masing bermain dengan anak dan seberapa sering orang tua masing-masing terlibat dalam kegiatan perawatan, seperti memandikan anak.

Para peneliti kemudian mengamati setiap pasangan selama 20 menit sementara mereka membantu anak mereka menyelesaikan dua tugas: menggambar gambar keluarga dan yang menggunakan suatu jenis mainan yang ditetapkan untuk membuat rumah.

Studi ini menemukan bahwa pasangan memiliki hubungan yang lebih kuat dan lebih mendukung ketika ayah menghabiskan lebih banyak waktu bermain dengan anak mereka. Namun, pasangan cenderung untuk tidak saling mendukung jika ayah berpartisipasi lebih dalam memberikan kasih sayang.

"Temuan ini mengejutkan para peneliti dan mungkin mengecewakan bagi orang yang percaya pengasuhan harus dibagi sama rata oleh ibu dan ayah," kata penulis studi Sarah Schoppe-Sullivan, seorang profesor perkembangan manusia dan ilmu pengetahuan keluarga.

Namun setidaknya, penelitian ini membuka secara ilmiah satu cara untuk berbagi tugas orangtua dalam keluarga mereka.

Rabu, 02 Februari 2011

Luar Biasa!!! Wanita 44 Tahun Ini Selamat Setelah Di Tabrak Mobil ( Full Pict )

Ini adalah saat yang mengejutkan seorang perempuan ditabrak oleh sebuah mobil ngebut dan terlempar 12 meter ke udara. Ajaibnya, wanita 44 tahun selamat dari kecelakaan menakjubkan. rekaman CCTV menangkap saat mobil menabrak perempuan itu saat ia berjalan di sepanjang jalan di Brasil pada hari Sabtu.


Wanita tak dikenal – yang pulang dari kerja di 6:00 nampak jungkir balik naik ke kap mobil dan terlemparkan lebih dari 12 meter sepanjang jalan sebelum ia jatuh. Pengendara mobil yang melaju berhenti di sisi wanita yang berbaring terluka. Kamera dari sebuah gedung di dekatnya menangkap tabrakan dan kedatangan mobil polisi. G1.Globo.com situs Brasil mengatakan seorang tetangga dibangunkan pada suara kecelakaan di kota Belem.



Ana Christina Santana, 55, mengatakan dia berpikir pada awalnya bahwa dua mobil yang bertabrakan. Tapi ketika ia melihat luar dan melihat wanita itu, yang terliputi darah dan berbaring di trotoar, ia menyadari kebenaran mengerikan. Sopir, katanya, sambil menangis menangis untuk bantuan dan mengemis pengampunan. Luar biasa, katanya, korban – seorang pelayan di rumah keluarga kaya – dalam keadaan sadar dan mampu memberikan alamatnya.


Sopir sangat ingin membantu korban, katanya, tetapi tidak mampu. Dia mengatakan sopir panik dan tidak berhenti menangis. Wanita itu dilarikan ke rumah sakit, mengherankan, ia selamat dengan hanya luka ringan pada lengan dan tulang selangka. Video, yang telah diposting di YouTube, yang sekarang telah menyebar bagaikan virus, dan diambil oleh blog dan website di seluruh dunia. Hal ini juga telah ditampilkan pada US TV pada acara Good Morning America dimana presenter terlihat begitu terkejut oleh rekaman dan terdengar di video saat ia sedang mengekspresikan shock-nya dari kamera.


Duh.. Enam Bulan Kayu Bersarang di Kepalanya, Pria Rusia Masih Bisa Tetap Hidup

Duh.. Enam Bulan Kayu Bersarang di Kepalanya, Pria Rusia Masih Bisa Tetap Hidup
Seorang pasien memperlihatkan hasil rontgen yang menunjukkan ada benda asing di kepalanya.

REPUBLIKA.CO.ID,YEKATERINBURG - Mati hidup manusia memang urusan Allah. Buktinya, seorang pria berkebangsaan Rusia masih dapat hidup dengan sebatang kayu sepanjang 13 centimeter bersarang di kepalanya selama enam bulan.

Pria beruntung itu bernama Vladimir Bitnev. Dia pergi ke Rumah Sakit di Yekaterinburg setelah merasakan sakit kepala yang luar biasa.

Setelah melakukan pemindaian otak, para dokter rumah sakit di Yekaterinburg itu merasa terkejut sekaligus takjub. Mereka menyadari bahwa ada sebatang kayu di dalam kepala Bitnev. Dokter pun takjub karena Bitnev mampu tetap hidup dengan sebatang kayu bersarang di dalam kepalanya selama enam bulan.

Bitnev mengatakan bahwa tidak tahu ada kayu yang bersarang di kepalanya. Namun, Bitnev mengaku dia pernah terjatuh ketika memotong pohon rasberry pada enam bulan lalu.

Bitnev saat itu langsung memeriksakan diri ke rumah sakit. Namun, dia tidak tahu bahwa ada sebatang kayu di kepalanya yang membuatnya merasa pusing selama enam bulan ini. Kini, setelah tiga hari perawatan intensif, para dokter membolehkan Bitnev pulang dengan menyatakan tidak terdapat cedera yang serius pada kepala Bitnev.

Red: Didi Purwadi
Sumber: ANTARA/Cihan/RT

Kristal 'Sunstones' Viking Jadi Navigator pelaut Ketika Kabut

No sun here (Image: Doughoughton/Alamy)

Viking sagas may have been more truthful than we realised. Crystal "sunstones" could have helped Viking sailors to navigate even when cloud or fog hid the sun.

Vikings navigated using sundials calibrated to show the direction of the North Pole. While there is no physical evidence for the navigational techniques adopted on cloudy days, there are references in the Viking sagas to "sunstones" being used.

In 1967, Danish archaeologist Thorkild Ramskou suggested that sunstones may work by creating a pattern of light that revealed the hidden sun's location – although sceptics countered that the method is unwieldy, if not unworkable.

It is only within the last 10 years that Ramskou's theory has been put to the test, and the results, summarised in Philosophical Transactions of the Royal Society B (vol 366, p 772), claim to demonstrate that the sunstone method does work in cloudy or foggy conditions.

Sunstones – translucent crystals of minerals such as calcite – are potentially useful because both they, and the atmosphere, behave like natural Polaroid filters. This means they polarise light, causing its photons to vibrate in only one plane. Crucially for this navigation technique, the atmosphere leaves sunlight polarised in a series of concentric rings centred on the sun.

Pinpoint the sun

It is this pattern that can be detected using a sunstone – at least in theory. When the crystal is pointed skywards and rotated, the theory goes, the light passing through it progressively brightens and dims, depending on whether the crystal's direction of polarisation is aligned or misaligned with the polarisation rings in the atmosphere. When the two are aligned, the crystal appears at its brightest and points towards the sun – even if the sun is hidden. Taking two readings at different points in the sky should enable a navigator to pinpoint the sun's position.

Once the position of the sun was established, Ramskou speculated, Viking navigators could hold a lighted torch in the correct position above their sundial, giving them the required shadow reading on the dial.

However, critics say that too little polarised light passes through clouds to take accurate readings using a sunstone. So to settle the dispute, Gábor Horváth at Eötvös University in Budapest, Hungary, and colleagues studied polarisation patterns under cloudy skies and foggy conditions in Hungary, Finland and within the Arctic circle.

Using a polarimeter, which determines light's angle of polarity, Horváth's team found that the atmospheric polarity patterns can be detected even under cloudy skies or foggy conditions, suggesting that the Vikings could have made use of them. The patterns are difficult to detect under completely overcast conditions, however.

Despite the latest evidence, not everyone is convinced. "The sky is strongly polarised only in certain regions relative to the sun," says Tom Cronin of the University of Maryland, Baltimore, and an authority on polarisation. "If the light's not very polarised, the sunstone won't get [bright or] dark enough [when rotated]," he says. "So I think it would work, but not very accurately."

Also, Horváth and his team have yet to demonstrate that real sunstones – crystals mined in Scandinavia or Iceland – could detect the weak patterns under cloudy skies as well as their sensitive polarimeter can, which is something he is now investigating. If they do, Horváth will have compelling evidence that the Vikings possessed both the ways and the means to navigate under cloudy skies.

Asal-usul dan Sejarah Lima kota Besar Utama di Indonesia

1. Jakarta
Jakarta tempo dulu

Jakarta bermula dari sebuah bandar kecil di muara Sungai Ciliwung sekitar 500 tahun silam. Selama berabad-abad kemudian kota bandar ini berkembang menjadi pusat perdagangan internasional yang ramai. Pengetahuan awal mengenai Jakarta terkumpul sedikit melalui berbagai prasasti yang ditemukan di kawasan bandar tersebut. Keterangan mengenai kota Jakarta sampai dengan awal kedatangan para penjelajah Eropa dapat dikatakan sangat sedikit.
Laporan para penulis Eropa abad ke-16 menyebutkan sebuah kota bernama Kalapa, yang tampaknya menjadi bandar utama bagi sebuah kerajaan Hindu bernama Sunda, beribukota Pajajaran, terletak sekitar 40 kilometer di pedalaman, dekat dengan kota Bogor sekarang. Bangsa Portugis merupakan rombongan besar orang-orang Eropa pertama yang datang ke bandar Kalapa. Kota ini kemudian diserang oleh seorang muda usia, bernama Fatahillah, dari sebuah kerajaan yang berdekatan dengan Kalapa. Fatahillah mengubah nama Sunda Kalapa menjadi Jayakarta pada 22 Juni 1527. Tanggal inilah yang kini diperingati sebagai hari lahir kota Jakarta.

Tugu Monas

Belanda datang ke Jayakarta pada akhir abad ke-16 dan kemudian menguasainya. Nama Jayakarta diganti menjadi Batavia. Semangat nasionalisme Indonesia di canangkan oleh para mahasiswa di Batavia pada awal abad ke-20.Sebuah keputusan bersejarah yang dicetuskan pada tahun 1928 yaitu itu Sumpah Pemuda berisi tiga buah butir pernyataan , yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan menjunjung bahasa persatuan : Indonesia. Selama masa pendudukan Jepang (1942-1945), nama Batavia diubah lagi menjadi Jakarta. Pada tanggal 17 Agustus 1945 Ir. Soekarno membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jakarta dan Sang Saka Merah Putih untuk pertama kalinya dikibarkan.

2. SURABAYA

Surabaya tempo dulu

Surabaya secara resmi berdiri pada tahun 1293. Tanggal peristiwa yang diambil adalah kemenangan Raden Wijaya, Raja pertama Mojopahit melawan pasukan Cina.Peranan Surabaya sebagai kota pelabuhan sangat penting sejak lama. Saat itu sungai Kalimas merupakan sungai yang dipenuhi perahu-perahu yang berlayar menuju pelosok Surabaya.
Bukti sejarah menunjukkan bahwa Surabaya sudah ada jauh sebelum zaman kolonial, seperti yang tercantum dalam prasasti Trowulan I berangka 1358 M. Dalam prasasti tersebut terungkap bahwa Surabaya (Churabhaya) masih berupa desa ditepian sungai Berantas sebagai salah satu tempat penyeberangan penting sepanjang sungai tersebut.
Surabaya (Churabhaya) juga tercantum dalam pujasastra Negara Kertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca tentang perjalanan pesiar baginda Hayam Wuruk pada tahun 1385 M dalam pupuh XVII. Walaupun bukti tertulis tertua mencantumkan nama Surabaya berangka tahun 1358 M Prasasti Trowulan) dan 1365 M (Negara Kertagama), para ahli menduga bahwa Surabaya sudah ada sebelum tahun-tahun tersebut.
Menurut hipotesis Von Faber, Surabaya didirikan tahun 1275 M oleh Raja Kertanegara sebagai tempat pemukiman baru bagi prajuritnya yang berhasil menumpas pemberontakan Kemuruhan tahun 1270 M. Hipotesis yang lain mengatakan bahwa Surabaya dulu bernama Ujung Galuh.
Versi lain mengatakan bahwa nama Surabaya berasal dari cerita tentang perkelahian hidup dan mati Adipati Jayengrono dan Sawunggaling. Konon setelah mengalahkan tentara Tartar, Raden Wijaya mendirikan sebuah Keraton di Ujung Galuh dan menempatkan Adipati Jayengrono
Kata “ SURABAYA “ juga sering diartikan secara filosofis sebagai lambang perjuangan antara darat dan air, antara tanah dan air. Selain itu dari kata Surabaya juga muncul mitos pertempuran antara ikan Suro (Sura) dan Boyo (Baya atau Buaya), yang menimbulkan dugaan bahwa nama Surabaya muncul setelah terjadinya peperangan antara ikan Sura dan Buaya (Baya)
Agar tidak menimbulkan kesimpang-siuran dalam masyarakat maka Walikotamdya Kepala Daerah Tingkat II Surabaya, dijabat oleh Bapak Soeparno, mengeluarkan Surat Keputusan No. 64/WK/75 tentang penetapan hari jadi kota Surabaya. Surat Keputusan tersebut menetapkan tanggal 31 Mei 1293 sebagai tanggal hari jadi kota Surabaya. Tanggal tersebut ditetapkan atas kesepakatan sekelompok sejarahwan yang dibentuk oleh Pemerintah Kota bahwa nama Surabaya berasal dari kata “Sura ing Bhaya” yang berarti “ Keberanian menghadapi bahaya “ diambil dari babak dikalahkannya pasukan Mongol oleh pasukan Jawa pimpinan Raden Wijaya pada tanggal 31 Mei 1293.

Jembatan Suramadu

Masih banyak cerita lain tentang makna dan semangat Surabaya. Semuanya mengilhami pembuatan lambang-lambang Kota Surabaya. Lambang kota Surabaya yang berlaku sampai saat ini ditetapkan oleh DPDRS kota besar Surabaya yang keputusan No. 34/DPRS tanggal 19 Juni 1955 diperkuat dengan Keputusan Presiden R.I No. 193 tahun 1955 tanggal 14 Desember 1956.

3.Bandung

Bandung tempo dulu

Mengenai asal-usul nama "Bandung", dikemukakan berbagai pendapat. Sebagian mengatakan bahwa, kata "Bandung" dalam bahasa Sunda, identik dengan kata "banding" dalam Bahasa Indonesia, berarti berdampingan. Ngabanding (Sunda) berarti berdampingan atau berdekatan. Hal ini antara lain dinyatakan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka (1994) dan Kamus Sunda-Indonesia terbitan Pustaka Setia (1996), bahwa kata bandung berarti berpasangan dan berarti pula berdampingan.
Pendapat lain mengatakan, bahwa kata "bandung" mengandung arti besar atau luas. Kata itu berasal dari kata bandeng. Dalam bahasa Sunda, ngabandeng berarti genangan air yang luas dan tampak tenang, namun terkesan menyeramkan. Diduga kata bandeng itu kemudian berubah bunyi menjadi Bandung. Ada pendapat lain yang menyatakan bahwa kata Bandung berasal dari kata bendung.
Sebelum Kabupaten Bandung berdiri, daerah Bandung dikenal dengan sebutan "Tatar Ukur". Menurut naskah Sadjarah Bandung, sebelum Kabupaten Bandung berdiri, Tatar Ukur adalah termasuk daerah Kerajaan Timbanganten dengan ibukota Tegalluar. Kerajaan itu berada dibawah dominasi Kerajaan Sunda-Pajajaran. Sejak pertengahan abad ke-15, Kerajaan Timbanganten diperintah secara turun temurun oleh Prabu Pandaan Ukur, Dipati Agung, dan Dipati Ukur. Pada masa pemerintahan Dipati Ukur, Tatar Ukur merupakan suatu wilayah yang cukup luas, mencakup sebagian besar wilayah Jawa Barat, terdiri atas sembilan daerah yang disebut "Ukur Sasanga".
Setelah Kerajaan Sunda-Pajajaran runtuh (1579/1580) akibat gerakan Pasukan banten dalam usaha menyebarkan agama Islam di daerah Jawa Barat, Tatar Ukur menjadi wilayah kekuasaan Kerajaan Sumedanglarang, penerus Kerajaan Pajajaran. Kerajaan Sumedanglarang didirikan dan diperintah pertama kali oleh Prabu Geusan Ulun pada (1580-1608), dengan ibukota di Kutamaya, suatu tempat yang terletak sebelah Barat kota Sumedang sekarang. Wilayah kekuasaan kerajaan itu meliputi daerah yang kemudian disebut Priangan, kecuali daerah Galuh (sekarang bernama Ciamis).

Gedung Sate

Di penghujung abad ke-19, penduduk golongan Eropa di Bandung jumlahnya sudah mencapai ribuan orang dan menuntut adanya lembaga otonom yang dapat mengurus kepentingan mereka
Dalam hal ini, pemerintah Kabupaten Bandung di bawah pimpinan Bupati RAA Martanagara (1893-1918) menyambut baik gagasan pemerintah kolonial tersebut. Berlangsungnya pemerintahan otonomi di Kota Bandung, Ketetapan itu semakin memperkuat fungsi Kota Bandung sebagai pusat pemerintahan, terutama pemerintahan Kolonial Belanda di Kota Bandung. Semula Gemeente Bandung
Dipimpin oleh Asisten Residen priangan selaku Ketua Dewan Kota (Gemeenteraad), tetapi sejak tahun 1913 gemeente dipimpin oleh burgemeester (walikota).

4. Medan

Medan tempo dulu


Pada zaman dahulu Kota Medan ini dikenal dengan nama Tanah Deli dan keadaan tanahnya berawa-rawa kurang lebih seluas 4000 Ha. Beberapa sungai melintasi Kota Medan ini dan semuanya bermuara ke Selat Malaka. Sungai-sungai itu adalah Sei Deli, Sei Babura, Sei Sikambing, Sei Denai, Sei Putih, Sei Badra, Sei Belawan dan Sei Sulang Saling/Sei Kera.
Pada mulanya yang membuka perkampungan Medan adalah Guru Patimpus lokasinya terletak di Tanah Deli, maka sejak zaman penjajahan orang selalu merangkaikan Medan dengan Deli (Medan–Deli). Setelah zaman kemerdekaan lama kelamaan istilah Medan Deli secara berangsur-angsur lenyap sehingga akhirnya kurang popular.
Lokasi asli Kampung Medan adalah sebuah tempat di mana Sungai Deli bertemu dengan Sungai Babura. Terdapat berbagai kerancuan dari berbagai sumber literatur mengenai asal-usul kata “Medan” itu sendiri.

a. Dari catatan penulis-penulis Portugis yang berasal dari awal abad ke-16, disebutkan bahwa Medan berasal dari nama “Medin”,

b. sebagian masyarakat yang menyatakan bahwa disebutkannya kata “Medan” karena kota ini merupakan tempat atau area bertemunya berbagai suku sehingga disebut sebagai medan pertemuan.

c. bahasa Arab mengatakan ketika para saudagar arab yang kebetulan melihat tanah medan sekarang mereka mengatakan Median yang berarti datar atau rata, dan memang pada kenyataannya medan memiliki kontur tanah yang rata mulai pantai belawan sampai ke daerah pancur batu. dan bila dilihat dari ketinggian maka terlihat medan seperti hamparan tanah yang datar

d. Medan bahasa batak Karo “medan berarti sehat” .Namun demikian, ada baiknya kita kembalikan pengertian istilah Medan itu sendiri pada tempat yang semestinya. Bila kita menilik dari sumber-sumber sejarah bahwa kota Medan pertama sekali didiami oleh suku Batak, dalam hal ini Batak Karo, tentunya kata “Medan” itu haruslah berasal dari bahasa Batak Karo.Dalam salah satu Kamus Batak Karo-Indonesia yang ditulis oleh Darwin Prinst SH tahun 2002, bahwa Kata “Medan” berarti “menjadi sehat” ataupun “lebih baik”. Hal ini memang berdasarkan pada kenyataan bahwa Guru Patimpus benar adanya adalah seorang tabib yang
dalam hal ini memiliki keahlian dalam pengobatan tradisional Batak Karo pada masanya.

Medan pertama kali ditempati oleh orang-orang Suku Batak Karo. Hanya setelah penguasa Aceh, Sultan Iskandar Muda, mengirimkan panglimanya, Gocah Pahlawan Bergelar Laksamana Khoja Bintan untuk menjadi wakil Kerajaan Aceh di Tanah Deli, barulah Kerajaan Deli mulai berkembang. Perkembangan ini ikut mendorong pertumbuhan dari segi penduduk maupun kebudayaan Medan. Di masa pemerintahan Sultan Deli kedua, Tuanku Panglima Parunggit (memerintah dari 1669-1698), terjadi sebuah perang kavaleri di Medan. Sejak saat itu, Medan menjadi pembayar upeti kepada Sultan Deli.
Perkembangan Medan Putri menjadi pusat perdagangan telah mendorongnya menjadi pusat pemerintahan. Tahun 1879, Ibukota Asisten Residen Deli dipindahkan dari Labuhan ke Medan, 1 Maret 1887,Ibukota Residen Sumatera Timur dipindahkan pula dari Bengkalis ke Medan, Istana Kesultanan Deli yang semula berada di Kampung Bahari (Labuhan) juga pindah dengan selesainya pembangunan Istana Maimoon pada tanggal 18 Mei 1891, dan dengan demikian Ibukota Deli telah resmi pindah ke Medan.

Istana Maimoon

Pada tahun 1915 Residensi Sumatera Timur ditingkatkan kedudukannya menjadi Gubernemen. Pada tahun 1918 Kota Medan resmi menjadi Gemeente (Kota Praja) dengan Walikota Baron Daniel Mac Kay. Berdasarkan “Acte van Schenking” (Akte Hibah) Nomor 97 Notaris J.M. de-Hondt Junior, tanggal 30 Nopember 1918, Sultan Deli menyerahkan tanah kota Medan kepada Gemeente Medan, sehingga resmi menjadi wilayah di bawah kekuasaan langsung Hindia Belanda. Pada masa awal Kotapraja ini, Medan masih terdiri dari 4 kampung, yaitu Kampung Kesawan, Kampung Sungai Rengas, Kampung Petisah Hulu dan Kampung Petisah Hilir.

5.Makasar

Makasar tempo dulu

Awal Kota dan bandar makassar berada di muara sungai Tallo dengan pelabuhan niaga kecil di wilayah itu pada penghujung abad XV. Sumber-sumber Portugis memberitakan, bahwa bandar Tallo itu awalnya berada dibawah Kerajaan Siang di sekitar Pangkajene, akan tetapi pada pertengahan abad XVI, Tallo bersatu dengan sebuah kerajaan kecil lainnya yang bernama Gowa, dan mulai melepaskan diri dari kerajaan Siang, yang bahkan menyerang dan menaklukan kerajaan-kerajaan sekitarnya. Akibat semakin intensifnya kegiatan pertanian di hulu sungai Tallo, mengakibatkan pendangkalan sungai Tallo, sehingga bandarnya dipindahkan ke muara sungai Jeneberang, disinilah terjadi pembangunan kekuasaan kawasan istana oleh para ningrat Gowa-Tallo yang kemudian membangun pertahanan benteng Somba Opu, yang untuk selanjutnya seratus tahun kemudian menjadi wilayah inti Kota Makassar.
Pada masa pemerintahan Raja Gowa XVI ini didirikan pula Benteng Rotterdam di bagian utara, Pemerintahan Kerajaan masih dibawah kekuasaan Kerajaan Gowa, Masa ini merupakan puncak kejayaan Kerajaan Gowa, namun selanjutnya dengan adanya perjanjian Bungaya menghantarkan Kerajaan Gowa pada awal keruntuhan.
Hubungan Makassar dengan Dunia Islam diawali dengan kehadiran Abdul Ma'mur Khatib Tunggal atau Dato' Ri Bandang yang berasal dari Minangkabau Sumatera Barat yang tiba di Tallo (sekarang Makassar) pada bulan September 1605. Beliau mengislamkan Raja Gowa ke-XIV I-MANGNGARANGI DAENG MANRABIA dengan gelar SULTAN ALAUDDIN (memerintah 1593-1639), dan dengan MANGKUBUMI I- MALLINGKAANG DAENG.
MANYONRI KARAENG KATANGKA yang juga sebagai Raja Tallo. Kedua raja ini, yang mulai memeluk Agama Islam di Sulawesi Selatan. Pada tanggal 9 Nopember 1607, tepatnya hari Jum’at, diadakanlah sembahyang Jum’at pertama di Mesjid Tallo dan dinyatakan secara resmi penduduk Kerajaan Gowa-Tallo tetah memeluk Agama Islam, pada waktu bersamaan pula, diadakan sembahyang Jum’at di Mesjid Mangallekana di Somba Opu. Tanggal inilah yang selanjutnya diperingati sebagai hari jadi kota Makassar sejak tahun 2000, yang sebelumnya hari jadi kota Makassar jatuh pada tanggal 1 April.
Ambisi para pemimpin Kerajaan Gowa-Tallo untuk semakin memper-luas wilayah kekuasaan serta persaingan Bandar Makassar dengan Kompeni Dagang Belanda VOC berakhir dengan perang paling dahsyat dan sengit yang pernah dijalankan Kompeni. Pasukan Bugis, Belanda dan sekutunya dari Ternate, Buton dan Maluku memerlukan tiga tahun operasi militer di seluruh kawasan Indonesia Timur. Baru pada tahun 1669, akhirnya dapat merata-tanahkan kota Makassar dan benteng terbesarnya, Somba Opu.

Pantai Losari

Pada awal abad ke-20, Belanda akhirnya menaklukkan daerah¬daerah independen di Sulawesi, Makassar dijadikan sebagai pusat pemerintahan kolonial Indonesia Timur. Tiga-setengah dasawarsa Neerlandica, kedamaian di bawah pemerintahan kolonial itu adalah masa tanpa perang paling lama yang pernah dialami Sulawesi Selatan, dan sebagai akibat ekonominya berkembang dengan pesat. Penduduk Makassar dalam kurun waktu itu meningkat sebanyak tiga kali lipat, dan wilayah kota diperluas ke semua penjuru. Dideklarasikan sebagai Kota Madya pada tahun 1906,

Sumber : bahasa.makassarkota.go.id,surabayacity.wordpress.com, hbis.wordpress.com, bandung.blogspot.com, Wipedia.com

Perkampungan Jakarta ini Terisolasi Selama 30 Tahun


Miris, di tengah zaman yang serba modern ini, masih ada sebuah perkampungan yang terisolasi. Ya, sudah 30 tahun Kampung Poncol RT 13 RW 03, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, terisolasi dan tidak leluasa keluar masuk pemukiman mereka.

Perkampungan ini dihuni oleh 70 keuarga dengan jumlah keseluruhan sekitar 200 jiwa lebih. Untuk masuk ke perkampungan ini harus melalui pintu masuk kompleks tentara Mako Resimen Induk Kodam Jaya (Rindam Jaya), di Jalan Raya Condet.

Untuk akses keluarnya, harus melalui jembatan gantung. Kondisinya miris, cukup membahayakan, hanya dibuat dari kayu yang kapasitas bebannya terbatas. Jembatan selebar satu setengah meter ini tergantung di atas Sungai Ciliwung yang menghubungkan permukiman warga dengan permukiman di Kelurahan Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Lewat jembatan itu, warga bisa menuju Jalan Pol Tangan yang tembus ke Jalan TB Simatupang.

Jembatan tersebut hanya bisa dilalui satu sepeda motor dan hanya dibangun secara swadaya oleh warga ini tampak membahayakan. Kendaraan roda empat tidak dapat melintasi jembatan ini. Cukup membahayakan, jembatan in bergoyang ketika dilewati dan mungkin sewaktu-waktu bisa ambruk.

Menurut Ketua RT 13 RW 03 Kelurahan Gedong, Muhammad, dulunya warga menggunakan getek atau perahu untuk melewati kali ini. Namun kondisi makin tak memadai hingga akhirnya dibuat jembatan yang lebih tinggi untuk mengindari banjir.

“setiap tahun jembatan gantung dari kayu dan bambu ini mesti direnovasi, terutama untuk mengganti pijakan jembatan yang lapuk karena dimakan usia,” jelasnya, Senin (31/01) kemarin.

Kini warga sangat mengharapkan agar Pemprov DKI atau Pemkot Administrasi Jakarta Timur mau membuat jembatan yang lebih baik, bahkan permanen, seperti jembatan yang menuju Pasar Minggu.

“Sudah diusulkan dari dulu, tapi belum ada realisasinya, paling tidak keamanan jembatan ini yang harus diperhatikan. Sebab selain selalu bergoyang hebat, apalagi jika ada angin, pijakan dan pegangan untuk jembatan sangat minim,” katanya.

17 tahun kumpulkan tulang Dinosaurus untuk membuat Rumah

Terletak dekat Medicine Bow, Wyoming, bersama US Route 30 terletak salah satu daya tarik pinggir jalan paling aneh USA. Ini adalah kabin dibuat dari tulang fosil dinosaurus. Ini berisi 5.796 buah tulang pulih dari Como Bluff dekatnya, salah satu situs utama untuk penemuan awal dinosaurus.
fossil-cabin2
Kabin dibangun sebagai bagian dari sebuah stasiun pengisian bensin oleh Thomas Boylan di awal 1930-an. Thomas Boylan telah mengumpulkan tulang selama tujuh belas tahun, berniat untuk membuat patung dinosaurus di depan rumahnya dan SPBU di sepanjang Jalan Raya Lincoln. Tapi ketika Boylan menyadari bahwa tulang berasal dari berbagai jenis dan ada tampaknya tidak ada spesimen lengkap dalam seluruh tumpukan, ia menjatuhkan ide dan bukannya membangun 29 kaki dengan 19 kaki kabin dengan bantuan anaknya.

Kabin mendapat perhatian pada tahun 1938 ketika muncul di Ripley's Believe It or Not. Ripley menyebutnya "Dunia Tertua Cabin" meskipun banyak formasi batuan yang biasa mendahului era dinosaurus. Setelah menyebutkan Ripley, Boylan juga disebut kabin "Creation Museum" dan "Membangun yang Digunakan untuk Walk."

Boylan meninggal pada tahun 1947, tapi pom bensin terus berlanjut sampai tahun 1960 yang dioperasikan oleh jandanya. Ketika pembangunan Interstate 80 menyebabkan jatuh-off dalam lalu lintas di Route 30, kabin dijual tahun 1974 kepada pemilik saat ini, Jodie Fultz. Kabarnya kabin fosil ini untuk jual kembali dan mungkin dipindahkan jauh dari lokasi.
fossil-cabin1
fossil-cabin6
fossil-cabin7
fossil-cabin4
fossil-cabin5


sumber http://www.amusingplanet.com/2011/02/cabin-built-from-fossilized-dinosaur.html
Related Posts with Thumbnails

Entri Populer