Label

Ajaib (105) Akhir Zaman (12) Akuntansi (1) Alam (344) Aneh (896) Anime (19) Asal Usul (175) Cerita (73) Cewek (73) Cowok (37) Design (143) Download (7) Ekonomi (27) Fakta (2346) Fenomena (80) fotografi (74) Games (4) Geografi (53) Gila (92) GO Green (58) Hebat (670) Hewan (262) Ilusi (11) Indah (268) Indonesia (196) informasi (3209) Inspirasi (126) Kamus (2) Kecantikan (79) kesehatan (607) Langka (58) lifestyle (232) Love (3) Lucu (156) Makanan (115) Mantap (448) Menakjubkan (1401) Misteri (64) Mitos (39) Movie (1) Otomotif (59) Parfum (2) Puzzle (19) Rapture (2) Relationship (81) Renungan (27) Resensi (3) Resep (3) Science (190) Seni (93) Serba 10 (443) Sport (99) Teknologi (391) Tips (768) Travel (101) Trik (471) Unik (1072) Wallpapers (1)

Rabu, 14 September 2011

Sejarah dan Perkembangan Kincir Air


pasti Anda di sini sudah tau apa itu kincir? yap, suatu alat yang dapat mempermudah pekerjaan manusia yang berbentuk seperti roda, sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari

Awal Penemuan
Spoiler for orang:
Quote:

Roda air adalah perangkat kuno yang menggunakan air mengalir atau air jatuh untuk menciptakan listrik dengan cara satu set dayung dipasang di sekitar pusat atau poros roda. pada awalnya sekitar 400 SM, seorang penulis awal dari yunani, antipater. ia memberitahu tentang kebebasan dari kerja keras perempuan muda yang dioperasikan pabrik tangan kecil untuk menggiling jagung. digunakan untuk irigasi tanaman, biji-bijian penggilingan, air minum ahli ke desa-desa dan kemudian ke drive penggergajian, pompa, bellow menempa, tilt-palu, palu perjalanan, dan untuk pabrik tekstil kekuasaan.

Quote:
Dunia Barat
Quote:
Yunani-Romawi

Orang Yunani kuno menemukan roda air dan, bersama dengan Roma, yang pertama untuk menggunakannya dalam hampir semua bentuk dan fungsi , termasuk aplikasi dr jaman yg penting untuk watermilling. Terobosan teknologi terjadi dalam periode Helenistik berpikiran ilmiah antara abad ke-3 dan abad ke-1 SM .
Quote:
Turbin Water-lifting
Awalnya turbin ini ditemukan di tambang rio tinto yang di gunakan untuk mengatasi kekurangan-kekurangan konstruksi yang sering terjadi di tambang tersebut.

referensi awal dari turbin water-lifting ini muncul di dalam risalah teknik pneumatika dari insinyur yunani, Philo Byzantium. menyarankan penggunaan roda tersebut untuk merendam tambang pengepungan sebagai ukuran defensif terhadap melemahnya roda. dan telah menjadi sarana pengeringan dok kering di alexandria di bawah pimpinan Ptolemeus IV (221-205 SM. )
Quote:
Watermilling

Turbin ini perkiraan ditemukan di abad ke 3 SM, oleh sejarawan teknikal Inggris, MJT Lewis dengan menampilkan watermill-poros vertikal. dan watermill poros horizontal sekitar 240 SM, dengan Byzantium dan Alexandria sebagai orang yang ditugaskan dalam penemuan ini. penemuan ini dilaporkan oleh ahli geografi Yunani, Strabon. telah ada kira-kira sebelum 71 SM di istana raja Pontianus Mithradates VI Eupator, tetapi konstruksi yang tepat yang tidak dapat diperoleh dari teks.
dan turbin ini telah digunakan sebagai tempat penggilingan dengan memanfaatkan aliran air.
Awal Abad pertengahan eropa
Quote:

teknologi turbin kuno terus berlanjut di eropa sampai periode awal abad pertengahan.
Roda vertikal-awal di pabrik air pasang adalah dari abad ke-6 Killoteran dekat Waterford, Irlandia, sedangkan yang pertama dikenal turbin roda horizontal digunakan di sedemikian jenis pabrik dari Pulau Kecil Irlandia.
sampai akhirnya, William dari Normandia, berencana untuk melakukan perakitan turbin ekonomi di eropa, perakitan ini di ikuti oleh lebih dari enam ribu pabrik yang tersebar di tiga ribu lokasi yang berbeda. Sejarawan besar Inggris Robert Friedel menunjukkan, tuntutan Norman di Inggris sebagai sesuatu yang ekstrim dalam sejarah;. "Penaklukan itu suatu bangsa oleh bangsa jarang, bahkan di Asia lebih lengkap. dan hal ini memicu perubahan sosial di eropa, bahkan prospek dunia
Dinasti Cina Kuno
Quote:
Roda air Cina hampir pasti memiliki asal yang terpisah, seperti turbin yang horizontal. orang Tionghoa Dinasti Han Timur yang menggunakan roda air untuk menghancurkan biji-bijian di pabrik dan kekuasaan piston-bellow dalam menempa bijih besi menjadi besi cor.
Dalam teks yang dikenal sebagai Xin Lun ditulis oleh Huan Tan sekitar 20 AD (selama perampasan Wang Mang), menyatakan bahwa raja mitologis legendaris yang dikenal sebagai Fu Xi adalah orang bertanggung jawab atas ulekan, yang berkembang menjadi kemiringan -palu dan perjalanan maka perangkat palu (lihat palu perjalanan). Meskipun penulis berbicara tentang Xi Fu mitologis, suatu bagian dari tulisannya memberikan petunjuk bahwa roda air digunakan secara luas pada abad 1 di Cina.
Fuxi menemukan ulekan, yang sangat berguna, dan kemudian itu cerdik ditingkatkan sedemikian rupa sehingga seluruh berat tubuh dapat digunakan untuk menginjak palu tilt-(tui), sehingga meningkatkan efisiensi sepuluh kali. Setelah itu kekuatan hewan-keledai, bagal, lembu, dan kuda-diterapkan dengan cara mesin, dan air-kekuasaan terlalu digunakan untuk berdebar, sehingga manfaat meningkat seratus kali lipat.


Dunia Islam
Quote:

Insinyur Arab mengambil alih teknologi air dari masyarakat hidrolik Timur Dekat kuno, mereka mengadopsi kincir air Yunani pada awal abad ke-7, penggalian kanal di wilayah Basra menemukan sisa-sisa sebuah roda air yang berasal dari periode ini. Hama di Suriah masih mempertahankan salah satu roda besar, di Orontes sungai, meskipun mereka tidak lagi digunakan. Salah satu yang terbesar memiliki diameter sekitar 20 meter dan pelek yang dibagi menjadi 120 kompartemen.

Menggunakan industri watermills, dunia Islam kembali ke abad ke-7, sementara kincir air horizontal dan vertikal keduanya digunakan secara luas pada abad ke-9. Berbagai watermills industri digunakan dalam dunia Islam, termasuk gristmills, hullers, penggergajian, shipmills, cap pabrik, pabrik baja, pabrik gula, dan pabrik air pasang. Pada abad ke-11, setiap provinsi di seluruh dunia Islam telah watermills ini industri di operasi, dari al-Andalus dan Afrika Utara ke Timur Tengah dan Asia Tengah.


Penggunaan Modern
Quote:


Spoiler for gambar:

Roda air yang paling kuat yang dibangun di Inggris yaitu 100 hp Quarry Bank Water Mill roda dekat Manchester. Sebuah desain breastshot tinggi, lalu pensiun pada 1904 dan diganti dengan beberapa turbin. Sekarang telah dipulihkan dan sebuah museum terbuka untuk umum.
Roda air terbesar yang bekerja di daratan Inggris memiliki diameter 15,4 m dan dibangun oleh perusahaan dari Caernarfon De Winton. Hal ini terletak dalam lokakarya Dinorwic Slate Museum Nasional di Llanberis, North Wales.
Roda air terbesar yang bekerja di dunia adalah roda Laxey (juga dikenal sebagai Lady Isabella) di desa Laxey, Isle of Man. besarnya sekitar adalah 72 kaki 6 inci (22,10 m) di diameter dan 6 kaki (1,83 m) lebar dan dijaga oleh Warisan Nasional Manx.
Pengembangan turbin air selama revolusi Industri menyebabkan penurunan popularitas roda air. Keuntungan utama dari turbin adalah bahwa kemampuan untuk memanfaatkan kepala jauh lebih besar dari diameter turbin, sedangkan roda air tidak dapat secara efektif memanfaatkan kepalanya lebih besar dari diameter. Migrasi dari roda air untuk turbin modern membutuhkan sekitar seratus tahun
Jenis-Jenisnya
Quote:
Turbin Horizontal

Biasa disebut roda bak atau turbin pabrik , turbin horizontal pada dasarnya adalah sebuah bentuk yang sangat primitif dan tidak efisien dari turbin modern. Hal ini biasanya dipasang di dalam gedung pabrik di bawah lantai kerja. Sebuah jet air diarahkan ke dayung dari roda air, menyebabkan mereka untuk mengubah, air keluar bawah roda, umumnya melalui pusat. Ini adalah sistem yang sederhana, biasanya digunakan tanpa gearing sehingga poros vertikal dari roda air menjadi poros drive pabrik.
Quote:
Turbin Undershot

Sebuah roda undershot (juga disebut roda aliran) adalah roda air vertikal-mount yang diputar oleh dayung air mencolok atau pisau di bagian bawah roda. Para undershot namanya berasal dari nama ini mencolok di bagian bawah roda. Jenis kincir air adalah jenis tertua dari roda.

Hal ini juga dianggap sebagai jenis paling efisien, walaupun subtipe ini roda air (misalnya roda Poncelet, Sagebien roda dan roda Zuppinger) memungkinkan efisiensi yang agak lebih besar daripada roda undershot tradisional. Keuntungan dari roda undershot adalah bahwa mereka agak lebih murah dan sederhana untuk membangun, dan memiliki kurang dari dampak lingkungan-karena mereka tidak membuat perubahan besar dari sungai. Kerugian mereka-seperti yang disebutkan sebelumnya-sedikit efisiensi, yang berarti bahwa mereka menghasilkan tenaga lebih sedikit dan hanya dapat digunakan di mana laju aliran cukup untuk memberikan torsi.
Roda undershot tidak mendapatkan keuntungan dari kepala. Mereka yang paling cocok untuk aliran dangkal di negara datar.
Roda undershot juga cocok untuk instalasi pada platform mengambang. Awal itu mungkin dibangun oleh Belisarius umum Bizantium selama pengepungan Roma pada 537. Kemudian mereka kadang-kadang dipasang segera hilir dari jembatan di mana pembatasan aliran dermaga jembatan lengkung meningkatkan kecepatan arus.
Quote:
Turbin Breastshot

Sebuah roda air vertikal-mount yang diputar dengan air ember yang jatuh di dekat pusat dari tepi roda, atau hanya di atas, dikatakan turbin tersebut adalah turbin breastshot. Roda Breastshot adalah jenis yang paling umum di Amerika Serikat Dan dikatakan telah didukung revolusi industri Amerika.
Roda Breastshot kurang efisien daripada roda overshot, lebih efisien daripada roda undershot, dan backshot . Pisau individu roda breastshot sebenarnya ember, dan tidak dayung yang sederhana seperti roda yang paling undershot. Sebuah roda breastshot membutuhkan penyapuan sampah yang baik dan biasanya memiliki batu "celemek" erat sesuai dengan wajah roda, yang mengandung air dalam ember untuk memajukan roda tersebut. Roda Breastshot lebih disukai untuk stabil, volume tinggi aliran seperti yang ditemukan pada garis jatuhnya Amerika Utara Pantai Timur.
Quote:
Turbin Overshot

Sebuah roda air yang vertikal-mount dan diputar dengan dayung air,jatuh mencolok di dekat bagian atas roda bisa di katakan turbin overshot. Dalam roda overshot, air benar-benar melewati bagian atas roda, tetapi istilah ini kadang-kadang diterapkan pada roda backshot atau pitchback mana air turun di belakang roda air.
Sebuah roda overshot khas memiliki air disalurkan ke roda di bagian atas dan sedikit di luar as roda. Air dalam ember mengumpul pada sisi roda, sehingga berat dari sisi lain "kosong". dan air mengalir keluar ke dalam air ekor ketika roda berputar cukup untuk membalikkan ember. Desain overshot dapat menggunakan semua aliran air untuk daya (kecuali ada kebocoran) dan tidak memerlukan aliran cepat.
Quote:
Turbin Reversible

Jenis khusus dari roda Overshot adalah roda air reversibel. Roda Ini memiliki dua set pisau dan ember berjalan di arah yang berlawanan, sehingga dapat mengubah arah baik tergantung pada sisi mana air diarahkan. Roda reversibel yang digunakan dalam industri pertambangan untuk berarti daya angkut berbagai bijih . Dengan mengubah arah roda, tong atau keranjang bijih dapat diangkat atau diturunkan ke bawah poros. Sebagai aturan ada juga drum kabel atau keranjang rantai pada poros roda. Itu juga penting bahwa roda telah memiliki peralatan pengereman untuk dapat menghentikan roda (dikenal sebagai pengereman roda). Gambar tertua dari roda air reversibel adalah dengan Georgius Agricola pada tahun1556.
Quote:
Turbin Backshot

Sebuah roda backshot (juga disebut pitchback) adalah jenis lain dari roda overshot dimana air diperkenalkan tepat di belakang puncak roda. Ini menggabungkan keuntungan dari sistem breastshot dan overshot, karena jumlah penuh dari energi potensial yang dirilis oleh air yang jatuh dimanfaatkan sebagai air menuruni belakang roda.
Sebuah roda backshot terus berfungsi sampai air di lubang roda naik jauh di atas ketinggian as roda, bila ada roda overshot lainnya akan dihentikan atau bahkan hancur. Hal ini membuat teknik sangat cocok untuk aliran yang mengalami variasi musiman yang ekstrim dalam aliran, dan mengurangi kebutuhan untuk pintu air yang kompleks dan konfigurasi ekor ras. Sebuah roda backshot juga dapat memperoleh kekuatan dari masa lalu saat air bagian bawah roda, dan bukan hanya berat air jatuh di ember roda itu.

Spoiler for sumber:

Pesan TS :
Meskipun ini dianggap sepele di kehidupan sehari-hari, tetapi, kincir ini memiliki perjalanan yang sangat panjang dan tidak mudah dari sebelum masehi sampai jaman teknologi modern ini. jadi kita tidak boleh menyepelekan benda ini. karena bila tidak ada benda ini, mungkin manusia akan kesulitan mencari pembangkit alternatif energi listrik.

Semoga trit ini bermanfaat

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10277587

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Entri Populer