Labels

Ajaib (105) Akhir Zaman (12) Akuntansi (1) Alam (344) Aneh (896) Anime (19) Asal Usul (175) Cerita (73) Cewek (73) Cowok (37) Design (143) Download (7) Ekonomi (28) Fakta (2345) Fenomena (80) fotografi (74) Games (4) Geografi (53) Gila (92) GO Green (58) Hebat (669) Hewan (262) Ilusi (11) Indah (268) Indonesia (197) informasi (3209) Inspirasi (126) Kamus (2) Kecantikan (79) kesehatan (607) Langka (58) lifestyle (232) Love (3) Lucu (156) Makanan (115) Mantap (448) Menakjubkan (1400) Misteri (64) Mitos (39) Movie (1) Otomotif (59) Parfum (2) Puzzle (19) Rapture (2) Relationship (81) Renungan (27) Resensi (3) Resep (3) Science (190) Seni (93) Serba 10 (442) Sport (99) Teknologi (391) Tips (768) Travel (101) Trik (471) Unik (1072) Wallpapers (1)

Friday, September 16, 2011

Pesona Keindahan Pantai Tanjung Tinggi

Quote:
Quote:
Tanjung tinggi adalah pantai yang diapit oleh dua semenanjung. Pantai ini berpasir putih, dan unik karena terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai. Ukuran granit mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik lebih besar dari sebuah bangunan sebesar rumah. Anda bisa naik, berjalan dan melompat diantara granit untuk menikmati pemandangan eksklusif dari setiap sudut anda berdiri. Bentuk dari batu-batu besar itu juga unik, sebagian membentuk gua, yang dapat digunakan berteduh selama hujan. Batu-batu itu bertumpuk satu sama lain membentuk obyek yang menarik sebagaimana secara jelas anda bisa lihat dari foto-fotonya.
Quote:
Batu-batu tersebut terletak diatas pasir putih. Sebagaimana anda lihat dari foto, anda bisa berjalan diatas pasir putih diantara batu dan air laut yang jernih. Pasir putih ada dimana-mana sepanjang pantai. Anak-anak akan sangat suka bermain disana. Karena ombak tidak besar, air lautnya jernih dengan permukaan bawah laut yang berpasir, anak-anak akan sangat suka bermain di pantai. Anda tidak perlu khawatir dengan serangan ikan hiu, karena tidak pernah terjadi di Belitung. Satu-satunya yang kadang-kadang harus diwaspadai adalah ubur-ubur, khususnya yang besar.
Quote:
Tanjung tinggi juga dinamakan Pelabuhan Bilik. Dahulu tempat ini adalah pelabuhan nelayan bagi desa terdekat Keciput atau Tanjung Tinggi. Ada paling tidak dua puluh rumah makan seafood sederhana di sepanjang pantai. Ini adalah tempat untuk anda beristirahat sejenak, minum kopi atau memesan makan siang. Menu utama adalah makanan laut. Hanya saja, jangan berharap anda mendapatkan pelayanan sekelas restoran di mall. Mereka hanya orang-orang biasa dari desa yang membuka restoran sederhana. Jangan khawatir, masyarakat di sana selalu ramah pada semua tamu, sama seperti umumnya orang Indonesia.
Quote:
Keistimewaan
Quote:

Quote:
Keistimewaan dari pantai ini, beraneka ragam ukurannya, dari yang hanya beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik. Anda dapat mencoba naik ke atas batu-batu karang ini, berpindah dari satu batu ke batu yang lain, untuk mendapatkan pemandangan yang berbeda-beda dari tiap sudut tempat anda zerdiri. Bentuk batu-batu besar ini pun tak kalah unik, sebagian di antaranya ada yang berbentuk goa yang dapat digunakan untuk berteduh jika hujan tiba. di atas batu- batu karang yang besar, pengunjung dapat duduk berteduh jika hujan tiba. Di atas batu-batu karang yang besar, pengunjung dapat duduk-duduk santai, sambil menunggu matahari terbenam.
Quote:
Saat matahari mulai terbenam pantai tanjung tinggi akan memancarkan pesona kecantikaannya yang luar biasa. selain dapat menikmati pemandangan pengunjung juga dapat melakukan beragam permainan air di pantai ini. Pengunjung dapat memancing, bermain jet ski, dan menyelam. pengujung yang mencoba menyelam di pantai ini akan menemukan terumbu karang dengan beragam bentuk dan warnanya. di sela-sela terumbu karang, pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan unik, yang menjadikan terumbu karang ini sebagai rumahnya.
Quote:
Lelah bermain di pantai dan merasa lapar pengunjung juga dapat menyambangi warung-warung makan di pinggir pantai. disini pengujung dapat menikmati beragam makanan laut, hasil olahan penduduk sekitar pantai Tanjung Tinggi.salahsatu makanan khas belitung yang dapat dinikmati adalah gangan. Gangan merupakan sejenis sayur berwarna kuning (karena menggunakan kunyit sebagai bumbu utama), yang dimasak bersama kepala ikan.
Fakta Pantai Tanjung Tinggi
Quote:
Quote:
Dengan keindahan pantai yang memiliki khas tersendiri sehingga membuat pantai tanjung tinggi banyak dikenal oleh para wisatawan luar daerah maupun luar negeri.

Pantai Tanjung Tinggi ini pernah dijadikan lokasi shuting film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, jadi tak jarang para wisatawan luar menyebut pantai tanjung tinggi ini dengan sebutan pantai Laskar Pelangi.
Quote:
Lokasi dan Akses
Quote:
Pantai Tanjung Tinggi terletak di Desa Sijuk Kecamatan Sijuk kira-kira 31 km dari pusat kota Tanjungpandan Kabupaten Balitung.
Untuk menuju pantai Tanjung Tinggi ini sangatlah mudah. Jika anda berangkat dari kota tanjungpandan anda bisa menggunakan mobil dan motor rental,atau jasa travel.
Akomodasi dan Fasilitas
Quote:
Akomodasi berkisar:
-Sewa Motor Rp.100.000-Rp.120.000
-Sewa Mobil Rp.250.000-Rp.500.000
-Travel Tergantung biaya yang dibebankan oleh pemilik travel.

Fasilitas lain di Pantai Tanjung Tinggi ini lumayan memadai.Karena tidak jauh dari lokasi pantai terdapat hotel bagi anda yang ingin menginap. Selain itu disana juga terdapat warung-warung yang menyediakan berbagai macam makanan seafood.
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:

Quote:
Quote:
Saran saya, setelah anda check-in di hotel, pergilah ke Tanjung Tinggi. Dengan cara ini, anda bisa menikmati keindahan pantai dalam cuaca yang cerah, untuk menghindari kemungkinan hujan di waktu sore. Jika anda tiba di sana, mampir saja di salah satu restoran seafood di sana. Menu di tiap restoran sama, saran saya pilih tempat yang banyak pengunjungnya karena biasanya masakannya lebih enak, jika anda ingin bersantap siang di sana. Kalau tidak minum kelapa muda juga sangat mengasyikkan. Restoran biasanya menyediakan fasilitas sederhana untuk mandi dan membersihkan badan dari air asin setelah berenang di pantai.
Quote:
Percayalah, begitu anda tiba di sana, anda tidak akan sabar untuk berlari ke pantai dan merasakan halusnya pasir putih dengan ombak yang menyapu pantai dengan lembut. Anda akan berjalan-jalan sepanjang pantai, dan karena penasaran, anda akan menuju batu-batu granit dan memulai petualang dengan melompat diantara bebatuan granit, atau berjalan diantara batu-batu yang besar. Semakin anda mengitari sudut-sudut pantai, semakin bisa melihat keindahan panorama pantai ini. Total panjang pantai kira-kira 1.2km, tapi anda bisa berjalan lebih jauh lagi karena sepanjang pantai pasir tetap putih.
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:


Quote:
Keindahan Bawah Laut
Quote:
Jika kita baru melihat kondisi underwater di Pantai Tanjung Tinggi, kita akan disambut oleh ratusan hingga ribuan ikan Atherinomorus sp. yang berkelompok membentuk formasi yang artistik (schooling). Setelah itu kita akan menjumpai lapisan lamun yang didominasi oleh jenis Cymadocea, ditemukan pula jenis Thalassia dan jenis lamun Halophilla namun jumlahnya sangat sedikit.

Selanjutnya kita akan melihat lapisan makroalga yang didominasi oleh Padina dan Sargasum. Kadang dijumpai pula jenis makroalga Tubinaria tapi jumlahnya sangat sedikit. Semakin kearah tengah dan perairan lebih dalam, kita baru menjumpai karang massif kemudian baru diikuti oleh jenis terumbu karang lainnya. Sayangnya, ketika melihat karang di kawasan pantai ini, kita akan langsung mengerti bahwa sebenarnya terumbu karang di pantai ini kondisinya tidak sehat.

Hal ini karena karang tersebut terbuka atau kering saat air laut surut rendah. Ini dapat dilihat pada lapisan karang bagian paling dekat dengan permukaan tampak mati dan kemudian tertutup oleh makroalga dan mikroalga. Kecuali pada bagian yang lebih dalam, kondisi karangnya lebih baik dan beragam. Namun, lapisan terumbu karang dipantai ini tidak panjang dan luas sehingga karang yang terlihat hanya sedikit. Tampak terdapat karang Acropora branching, karang Acropora tumbulate, foliose, mushroom dan karang massif. Selain itu ditemui pula jenis akar bahar dan softcoral namun jumlahnya sangat sedikit.
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:
Spoiler for Keindahan:






No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Entri Populer