Labels

Ajaib (105) Akhir Zaman (12) Akuntansi (1) Alam (344) Aneh (896) Anime (19) Asal Usul (175) Cerita (73) Cewek (73) Cowok (37) Design (143) Download (7) Ekonomi (28) Fakta (2345) Fenomena (80) fotografi (74) Games (4) Geografi (53) Gila (92) GO Green (58) Hebat (669) Hewan (262) Ilusi (11) Indah (268) Indonesia (197) informasi (3209) Inspirasi (126) Kamus (2) Kecantikan (79) kesehatan (607) Langka (58) lifestyle (232) Love (3) Lucu (156) Makanan (115) Mantap (448) Menakjubkan (1400) Misteri (64) Mitos (39) Movie (1) Otomotif (59) Parfum (2) Puzzle (19) Rapture (2) Relationship (81) Renungan (27) Resensi (3) Resep (3) Science (190) Seni (93) Serba 10 (442) Sport (99) Teknologi (391) Tips (768) Travel (101) Trik (471) Unik (1072) Wallpapers (1)

Tuesday, January 25, 2011

Semua tentang Time Travel..


Disini, kita mengenal tentang time travel, yang berpuluh-puluh tahun dianggap sebagai hal yang tidak mungkin bisa dilakukan, tapi sejak albert einstein mengeluarkan teori relativitas yang menjadi fondasi bagi teori perjalanan waktu, meskipun belum ada yang mendemonstrasikan secara langsung. hingga saat ini, masih banyak teori-teori dan paradox mengenai time travel yang dikemukakan oleh ilmuan-ilmuan ternama.

cerita tentang time travel udah ada sejak dahulu kala. dari cerita-cerita berikut ini :
cerita rakyat dan mitos kuno kadang-kadang terlibat sesuatu yang mirip dengan perjalanan ke masa depan, misalnya, dalam mitologi Hindu, Mahabharata menyebutkan kisah king revaita, yang dalam perjalanan ke surga untuk bertemu sang pencipta Brahma dan terkejut mengetahui bahwa banyak usia berlalu ketika ia kembali ke Bumi. cerita rakyat tentang urashima taro juga menyinggung tentang time travel, ceritanya tentang kisah seorang nelayan bernama Urashima Taro yang mengunjungi sebuah istana bawah laut dan tinggal di sana selama tiga hari. Setelah pulang ke rumah ke desanya, dia menemukan dirinya tiga ratus tahun di masa depan, di mana dia lama terlupakan, rumahnya di rusak, dan keluarganya lama mati.

mengerti tentang waktu
banyak dari kita mengerti tentang waktu, tapi sulit untuk mendenifisikan. Anda tidak dapat benar-benar melihat atau menyentuh waktu, namun Anda dapat melihat dampaknya. Bukti bahwa kita bergerak melalui waktu ditemukan dalam segala sesuatu - usia tubuh kita, cuaca dan bangunan runtuh, pohon tumbuh. Sebagian besar dari kita merasakan tekanan waktu sebagaimana kita didorong untuk memenuhi tenggat waktu dan membuat janji. Hidup kita sering didikte oleh apa waktu kita perlu suatu tempat.

Mintalah kebanyakan orang untuk menentukan waktu dan mereka cenderung melihat arloji atau jam. Kita melihat waktu sebagai berdetak dari tangan pada perangkat ini. Kita tahu bahwa ada 60 detik dalam satu menit, 60 menit dalam satu jam, 24 jam dalam sehari dan 365 hari dalam setahun. Ini adalah jumlah dasar waktu itu kita semua pelajari di sekolah dasar.

Waktu juga didefinisikan sebagai dimensi keempat dari alam semesta kita. Ketiga dimensi lainnya adalah ruang, termasuk atas-bawah, kiri-kanan dan belakang-depan. Waktu tidak bisa ada tanpa ruang, dan juga, ruang tidak bisa ada tanpa waktu. Hubungan saling ruang dan waktu disebut kontinum ruang-waktu, yang berarti bahwa setiap peristiwa yang terjadi di alam semesta harus melibatkan baik ruang dan waktu.

teori
menurut relativitas eistein, waktu melambat jika ada benda yg kecepatanya medekati cahaya. Hal ini menyebabkan banyak ilmuwan untuk percaya bahwa perjalanan lebih cepat dari kecepatan cahaya dapat membuka kemungkinan waktu perjalanan ke masa lalu serta masa depan. Masalahnya adalah bahwa kecepatan cahaya diyakini kecepatan tertinggi di mana sesuatu dapat melakukan perjalanan, sehingga tidak mungkin bahwa kita akan dapat melakukan perjalanan ke masa lalu.
teori-teori lainnya tidak begitu tergantung pada mesin yg akan dibuat untuk perjalanan waktu, justru prinsip tentang mesin waktu bergantung pada teori fisika, meliputi :
  • black hole
  • wormhole
tentang black hole, merupakan objek angkasa yg terbentuk karena bintang yg massanya 4 kali matahari meledak, kemudian menciptakan medan gravitasi yg sangat besar, sehingga cahayapun tidak bisa lolos.
Tipe lain dari lubang hitam, yang disebut lubang hitam Kerr, juga secara teoritis mungkin. lubang hitam Kerr yang berputar dapat digunakan sebagai portal untuk perjalanan waktu atau perjalanan ke alam semesta paralel. Pada tahun 1963, matematikawan asal selandia baru, Roy Kerr mengusulkan teori pertama untuk lubang hitam yang berputar. Dalam teorinya, bintang sekarat akan runtuh ke cincin neutron yang berputar, yang akan menghasilkan gaya sentrifugal yang cukup untuk mencegah pembentukan singularitas. Ketika lubang hitam tidak punya singularitas, Kerr yakin akan aman masuk ke dalamnya tanpa hancur oleh gaya gravitasi yang tak terbatas pada pusatnya.

Jika Kerr hole memang ada, ada kemungkinan untuk melewati mereka dan keluar dari lubang "putih" (white hole). Sebuah lubang putih memiliki kebalikan dari sebuah lubang hitam. Jadi, bukannya menarik segala sesuatu ke dalam gaya gravitasi, ia akan menggunakan beberapa jenis materi untuk mendorong semuanya dan jauh dari itu. Lubang-lubang putih akan cara kita untuk masuk ke dunia lain.

Mengingat sedikit yang kita tahu tentang lubang hitam, Kerr hole mungkin ada. Namun, ahli fisika Kip Thorne dari California Institute of Technology berpendapat bahwa hukum fisika mencegah pembentukan seperti itu. Dia mengatakan tidak ada cara seperti itu untuk masuk dan keluar dari lubang hitam, dan apa pun yang mencoba untuk memasukkan lubang hitam akan tersedot dan hancur sebelum bahkan mencapai singularitas.

lubang cacing (worm hole), kalau dibayangkan, maka yg terlintas di pikiran kita adalah terowongan yg menghubungkan 2 black hole atau lebih. wormhole diperkirakan dapat digunakan untuk kegiatan time travel. lubang cacing adalah jalan pintas melalui ruang dan waktu. Hingga sekarang masih belum diketahui apakah lubang cacing terbentuk secara alami. Jika lubang cacing benar ada, untuk membuat lubang cacing tetap terbuka, sejenis materi akan dibutuhkan. Jika tidak, lubang cacing akan hilang dengan sangat cepat setelah terbentuk. Jika digambarkan melalui bidang datar, seperti kertas yang dilipat, lubang cacing membengkokan bidang tersebut, sehingga kedua ujung akan saling bertemu (seperti pada gambar). bisa dipakai untuk perjalanan yg melebihi kecepatan cahaya.

twin paradox, Seperti yang kita diskusikan sebelumnya, teori relativitas menyatakan bahwa kecepatan suatu benda mendekati kecepatan cahaya, waktu melambat. Para ilmuwan telah menemukan bahwa bahkan pada kecepatan pesawat luar angkasa, astronot dapat melakukan perjalanan beberapa nanosekon ke masa depan. Untuk memahami hal ini, bayangkan dua orang, orang A dan B. Orang Si A tetap di bumi, sementara orang B lepas landas dalam pesawat ruang angkasa. Pada lepas landas, jam tangan mereka selaras sempurna. Orang di pesawat B bergerak dengan kecepatan cahaya, waktu yang lebih lambat untuk orang B . Jika orang B pergi hanya beberapa jam dalam kecepatan cahaya dan kembali ke bumi, maka orang A telah berusia lebih tua daripada orang B. Perbedaan penuaan adalah karena waktu berlalu lebih cepat untuk orang B, yang sedang dalam perjalanan mendekati kecepatan cahaya. Bertahun-tahun mungkin telah berlalu bagi orang A, sementara orang B mengalami selang waktu hanya beberapa jam.

masalah?
mungkin kita juga harus berpikir tentang risiko dalam perjalanan waktu, bisa saja kamu mengubah sejarah dan membuatnya berantakan.

grandfather paradox, teori paradox yg cukup terkenal, andaikata kamu kembali ke masa lalu, kemudian kamu membunuh semua nenek moyangmu sebelum kamu lahir, apakah sejarah akan berubah? jika berubah sudah pasti kamu tidak dilahirkan dan tidak mungkin kita bisa melakukan time travel untuk membunuh nenek moyang kita sendiri, secara keseluruhan,pernyataan inimenjadi tidak benar dan menjadi sebuah paradoks.
tapi fisikawan lain mempunyai pendapat :
  1. sejarahlah yg konsisten, apapun yg kita lakukan setelah kembali kemasa lalu tdk akan bisa mengubah sejarah.
  2. many worlds theory, ada dunia lain yg bersifat alternatif, apapun yg kita perbuat pada dunia yg kita kunjungi tdk akan mempengaruhi sejarah dunia asal kita.
juga ada masalah yg lain, apa dan berapa banyak sumber energi yg dibutuhkan dalam pembuatan mesin waktu?
masalah yg lain yg perlu kita pikirkan adalah,
"jika di masa depan manusia dpt kembali ke masa lalu, kenapa kita tdk dapat menemukan satupun penjelajah waktu?"

mungkin pendapat itu bisa dibantah dengan bukti-bukti yang ada meskipun banyak yg tidak yakin seperti..................

kisah-kisah time travel di masa modern
  • john titor, pria ini mengaku datang dari tahun 2036 mengaku sebagai prajurit amerika di tahun 2036 mengemban misi ke tahun 1975 untuk mengambil komputer portable pertama di dunia yaitu IBM 5100, dan mampir di tahun 2000-2001 untuk melihat keluarganya.
  • Ronald mallett, profesor fisika yg membuat mesin waktu untuk satu tujuan. Untuk mengunjungi ayahnya yang meninggal
  • mike marcum, adalah salah satu kasus time travel paling menarik menurut saya, Mike Marcum membuat heboh ketika pada tahun 1995 muncul di acara radio Coast to Coast dan mengatakan bahwa ia memiliki konsep mesin waktu yang dapat direalisasikan. Pada tahun 1995, Ia mencoba untuk membuat sebuah mesin waktu dari serambi rumahnya di Missouri, Amerika Serikat. Ia memberikan alasannya membuat mesin waktu, yaitu untuk melihat nomor lotere yang akan keluar dari masa depan.Dalam wawancaranya dengan Art Bell, Host dari acara radio Coast to Coast, Marcum mengatakan bahwa ia menciptakan mesin waktu dengan "Tangga Yakub".

    Tangga Yakub adalah sebuah peralatan yang memiliki dua batangan logam dengan percikan-percikan listrik diantaranya. menurut Marcum, sesuatu yang besar terjadi ketika Tangga Yakub-nya dijalankan.
    "Tepat diatas Tangga Yakub, tercipta sebuah kondisi panas dengan lingkaran di tengahnya." Kata Marcum pada saat wawancara dengan Art Bell, kata marcum, ketika ia melempar sekrup kedalam lingkaran listrik tersebut, sekrup tersebut hilang, lalu beberapa detik kemudian, muncul kembali secara tiba-tiba beberapa kaki dari tempatnya berdiri. setelah kejadian itu, marcum bermaksud membangun tangga yakub sebesar manusia. setahun telah berlalu. tahun 1996, Marcum kembali muncul di acara radio Coast to Coast. Pada saat itu ia mengatakan bahwa 30 hari lagi ia dapat menyelesaikan mesin waktunya, Itu adalah kemunculannya yang terakhir. Pada Januari 1997, Marcum menghilang.Setelah hilangnya Marcum, seorang pria dari Orange County menelepon Art Bell. Ia mengatakan bahwa ia ingat dengan sebuah foto dari surat kabar edisi beberapa tahun lalu yang menceritakan sebuah peristiwa misterius yang terjadi pada tahun 1920an.
    Menurut surat kabar tersebut, pada tahun 1920an, polisi menemukan mayat seorang pria di sebuah tabung besar yang aneh. Tubuh pria tersebut hancur berantakan. Disebelah tubuh tersebut ditemukan sebuah peralatan aneh. Para polisi saat itu tidak bisa mengidentifikasi peralatan itu atau identitas mayat itu. Penyebab kematiannya juga tidak dapat dipecahkan.
    Pria dari Orange County ini kemudian ingat kepada foto tersebut dan ia mengatakan bahwa peralatan disamping mayat tersebut mirip dengan sebuah ponsel.
    Apakah Marcum berhasil melakukan perjalanan lintas waktu ke masa lalu ? Apakah mayat pria tersebut adalah Marcum ?
sumber:
  • howstuffworks.com
  • xfile-enigma.blogspot.com
  • en.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Entri Populer