Labels

Ajaib (105) Akhir Zaman (12) Akuntansi (1) Alam (344) Aneh (896) Anime (19) Asal Usul (175) Cerita (73) Cewek (73) Cowok (37) Design (143) Download (7) Ekonomi (28) Fakta (2345) Fenomena (80) fotografi (74) Games (4) Geografi (53) Gila (92) GO Green (58) Hebat (669) Hewan (262) Ilusi (11) Indah (268) Indonesia (197) informasi (3209) Inspirasi (126) Kamus (2) Kecantikan (79) kesehatan (607) Langka (58) lifestyle (232) Love (3) Lucu (156) Makanan (115) Mantap (448) Menakjubkan (1400) Misteri (64) Mitos (39) Movie (1) Otomotif (59) Parfum (2) Puzzle (19) Rapture (2) Relationship (81) Renungan (27) Resensi (3) Resep (3) Science (190) Seni (93) Serba 10 (442) Sport (99) Teknologi (391) Tips (768) Travel (101) Trik (471) Unik (1072) Wallpapers (1)

Saturday, November 13, 2010

Rosa Park,pejuang kulit hitam untuk mendapatkan persamaan hak perempuan Amerika Serikat dan dunia

# Wanita berkulit hitam yang tidak memiliki apa apa yang di pandang di muka bumi ini,tapi Ia berasil menguncang Amerika.Ia mendatangkan keadilan dan persamaan bagi sesama.

Rosa Louise McCauley Parks atau akrab di pangil sebagai rosa parks,siapa yang tak kenal wanita yang satu ini,yang tak asing di telinga kita semua.Memberikan kontribusi yang besar dalam bidang Hak asasi manusia dan persamaan derajat.Penggagas sekaligus pengerak Terbesar melawan pemisahan ras.
Wanita kelahiran di Tuskegee, Alabama (4 februari 1913 – 24 oktober 2005) adalah aktifis hak asasi afro-amerika(Istilah yang digunakan untuk merujuk kepada kelompok etnis termasuk negro, kulit hitam, yang nenek moyangnya banyak berasal dari Afrika).Rosa parks yang di sebut oleh kongres amerika serikat sebagai “the first lady of civil rights”, dan “the mother of the freedom movement”Ibu Gerakan Hak Hak Sipil atau Ibu Pergerakan Hak Asasi Manusia ”.
Sebelum saya menceritakan sepengal kisah wanita yang satu ini ijinkan saya mengutip perkataan MALIK BIN NABI yang menjadikan inspirasi bagi kita semua,”Setiap kisah penjajahan selalu di dahului kisah bangsa yang menerima untuk di jajah”.
Bisa jadi orang orang berkulit hitam akan tetap jatuhdi bawah injakan kehinaan dan perbudakan dalam kurun waktu yang cukup lama,jika rosa hanya berkata kepada dirinya sendiri,”Aku adalah wanita yang lemah dan tertindas”.


Kata”TIDAK”paling popular dalam sejarah modern.
Di suatu sore bulan Desember 1955,rosa park(seorang wanita berkulit hitam)yang berkerja sebagai penjahit berkumpul bersama orang orang untuk pulang kerumahnya setelah bekerja seharian yang sangat melelahkan.Rosa berjalan di tepi jalan rayas ambil mendekap tasnyauntuk menghangatkan tubuhnya supaya terasa lebih nyaman tentunya.
Ia melirik ke kiri ke kanan,kemudian menyebrang jalan dan menunggu bus yang akan membawanya pulang.ketika ia berdiri beberapa menit menungu kedatangan bus,ia melihat pemandangan yang sangat menyakitkan,yang saat itu sangat popular di amerika.Yaitu berdirinya orang laki lakiberkulit hitam dari kursinya kemudian laki laki berkulit putih duduk mengantikannya.
Kita bisa lihat saat itu orang orang kulit hitam dan putih dipisahkan hamper setiap aspek kehidupan sehari hari.Saat itu perilaku seperti itu tidak lahir dari semangat persaudaraan atau sentuhan peradaban,melainkan karena undang undang amerika telah melarang orang kulit hitam duduk sementara”tuannya”yang berkulit putih berdiri di sampingnya.Mesti yang duduk adalah nenek nenek yang berkulit hitam,sedangkan yang berdiri di sampingnya pemuda kekar yang berkulit putih.fenomena seperti ini adalah pelanggaran terhadap undang undang,karenanya si nenek pasti di kenakan denda.
Saat itu sangat popular di setiap toko dan atau resto ada papan pengumumanyang di gandung bertuliskan”Kucing,anjing dan laki laki berkulit hitam di larang masuk!”
coba anda bayangkan betapa menyedihkan dan menyakitkan saat itu.Walaupun saya pribadi berkulit sawo busuk,hitam ngga putih kagak.Saya merasa tersinggun, bercampur marah,serta dongkol!!
Semua peristiwa rasial itu telah menjadikan rosa sangat sedih,sampai kapan orang orang kulit hitam akan di perlakukan sebagai masyarakat kelas dua dan paling sedikit peranya dalam kehidupan?
Kenapa mereka selalu dihinakan,dipermainkan dan selalu berada di barisan paling belakang atau di bariskan sejajar dengan binatang?itulah pertanyaan yang berkecamuk di dalam dirinya.
Ketika bus berhenti,rosa pun naik dan masuk kedalamnya dengan hati yang sakit,sedih bercampur mureng-mureng karena peristiwa tadi.Didlam bus dia melirik kekakan kekiri mencari tempat kosong.ketika ia menemukan ada tempat yang kosong ia segera duduk disana,sambil mendekap tas di dadanya.ia duduk sambil memperhatikan jalan yang di telan oleh bus yang dinaikinya secara berlahan.


Hingga tibalah bus pada pemberintian berikutnya,maka para penumpang pun naik.Namun ternyata bus itu penuh.Dengan tenang seorang lelaki berkulit putih berjalan menuju tempat duduk rosa,sambil menunggu agar rosa memberikan(kue cucur he5)maksudnya kesempatan kepadanya untuk duduk.Namun,rosa tidak memperdulikanya sedikitpun.Maka marahlah laki laki kulit putih itu.para penumpangpun memaki rosa ,seperti inilah makianya ,”Dancok,ndang ngaleo!!”Dan mengancamnya jika tidak segera berdiri,maka para penumpang siap untuk mengelitikinya.
Namun rosa tidak mau,dia tetap memilih duduk ditempatnya apapun yang terjadi sampai di ketekin pun rosa tetep bersi keras untuk duduk.Melihat kejadian yang melangar undang undang itu,sopir bus segera mendatangi polisi dan melaporkannya,agar wanita berkulit hitam itu di tindak sesuai dengan hokum yang berklaku,karena telah mempermalukan tuanya yang berkulit putih.mka rosa dikenakan sangsi.Ia harus membayar denda lima belas dollar karena telah melangar hak orang lain.
Setelah peristiwa itu situasi panas bergejolak di langit amerika.Terjadilah demo kulit hitam diseluruh wilayah amerika.Mereka memutuskan untuk memboikot semua alat tranportasi dan menuntut hak hak mereka sebagai manusia yang memiliki hak untuk hidup dan di hormati.kondisi panas itu berlangsung cukup lama,381 hari.Amerika pun dibuat pusing karenanya.
Hingga akhirnya pengadilan mengeluarkan keputusan yang membela rosa parks yang telah di hinakan.Kemudian kebiasaan buruk dan adat serupa serta peraturan yang bersifat rasialis diputuskan untuk tidak di berlakukan.
Pada tangal 27 okt 2001,46 tahun setelah peristiwa tersebut,di gelarlah sebuah acara peringatan secara besar besaran untuk pertama kalinya dalam sejarah amerika.pada saat itu Steve Hamp direktur yayasan Henry Ford di kota derborn memgumumkan untuk membeli bus kuno model taun 40-an,yaitu bus yang menyebabkan terjadinya insiden rosa,yang telah menjadi pemicu gerakan tuntutan akan hak hak sipil di Amerika.
Tujuanya untuk mengambil pelajaran,dimana kaum kulit hitam harus diperlakukan adil.bus tersebut di beli dengan harga 492 ribu dollar Amerika

Setelah rosa berusia 80 tahun,kisahnya di ceritakan dalam sebuah buku yang berjudul”Kekuatan Yang Tenang” pada tahun 1994.Buku ini sangat mempengaruhi perasaanya saat itu.
24 okt 2005,ribuan orang berkumpul untuk mengantarkan jenazah rosa,sang pejuang hak hak sipil Amerika,Ia wafat di usianya yang ke 92
Hari itu adalah hari yang di tangisi ribuan manusia.pada hari itu hadir para kepala Negara dari berbagai negeri,dan di hari itu pula bendera amerika di turunkan sebagai tanda berduka.Rosa di muliakan dengan di semayamkan di salah satu Gedung Kongres sejak wafatnya hingga di makamkan.Perlakuan seperti itu merupakan pengotmatan yang tidak di berikan kecuali kepada pemimpin dan orang orang besar saja.Yang di perlakukan seperti itu sejak tahun 1825 hanya 30 orang saja.Semuanya laki laki kecuali rosa.
Ia telah wafat mendapatkan lencana penghargaan paling tinggi pada tahun 1996.Ia juga mendapatkan mendali emasKongres Amerika tahun 1999,yang merupakan mendali sipil paling tinggi di berbagai negeri.
Yang lebih dari itu semua,ia telah mendapatkan mendali kebebasan yang ia hadiahkan kepada bangsanya melalui kata “TIDAK”..kata”TIDAK”lah yang paling popular di Amerika.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Entri Populer