Labels

Ajaib (105) Akhir Zaman (12) Akuntansi (1) Alam (344) Aneh (896) Anime (19) Asal Usul (175) Cerita (73) Cewek (73) Cowok (37) Design (143) Download (7) Ekonomi (28) Fakta (2345) Fenomena (80) fotografi (74) Games (4) Geografi (53) Gila (92) GO Green (58) Hebat (669) Hewan (262) Ilusi (11) Indah (268) Indonesia (197) informasi (3209) Inspirasi (126) Kamus (2) Kecantikan (79) kesehatan (607) Langka (58) lifestyle (232) Love (3) Lucu (156) Makanan (115) Mantap (448) Menakjubkan (1400) Misteri (64) Mitos (39) Movie (1) Otomotif (59) Parfum (2) Puzzle (19) Rapture (2) Relationship (81) Renungan (27) Resensi (3) Resep (3) Science (190) Seni (93) Serba 10 (442) Sport (99) Teknologi (391) Tips (768) Travel (101) Trik (471) Unik (1072) Wallpapers (1)

Friday, March 30, 2012

(Knowledge) Beberapa Hal dalam Sejarah yang Kita Gambarkan dengan Salah

Spoiler for yang kelima:

VELOCIRAPTOR



PERSEPSINYA :
Quote:
Seperti yang kita tahu bahwa T-rex memanglah dikenal sebagai reptil paling ganas pada masa pra sejarah. Namun tidak dapat dipungkiri juga bahwa Velociraptor adalah reptil yang kemampuan membunuhnya sama mengerikan daripada T-rex. Jika bukan karena terjadinya hujan meteor besar2an yang memusnahkan mereka, Velociraptor sudah pasti menjadi penguasa dunia saat ini, dan peran manusia hanyalah sebagai sarapan, makan siang, dan makan malam bagi mereka.
Mereka tampak seperti "miniatur" T-rex, hanya saja mereka lebih cepat, lebih lincah, dan lebih berbahaya dari T-rex. Kalo agan2 sudah pernah liat Jurassic Park, pasti agan tau bagaimana penggambaran mereka dalam film itu, kecuali untuk yang satu ini,
KENYATAANNYA :
Quote:
Velociraptor memiliki BULU. Tidak seperti penggambaran dalam film yang memperlihatkan Velociraptor seperti kadal lincah yang bisa berdiri dengan 2 kaki. Nyatanya Velociraptor itu berbulu seperti burung (mirip ayam sih), dengan gigi tajam yang mencuat di sepanjang sisi mulutnya.
Quote:
Menurut Website Ini (KLIK BUKAN JEBET) Velociraptor yang sebenarnya berukuran lebih kecil dari yang digambarkan di film,(sebesar ayam kalkun) dan berdomisili di asia tengah, bukannya amerika utara. Untuk penggambaran di Filmnya, itu sebenarnya adalah keluarga dekatnya yang bernama deinonychus.(kilik langsung ke situs, bukan jebet!!)
Quote:
Memang akan terlihat keren kalo mereka dinyatakan bisa terbang dengan bentuk seperti itu. Namun kenyataannya, mereka sama sekali TIDAK bisa terbang. Jadi sebenarnya, Velociraptor itu terlihat seperti "kadal raksasa berbulu ayam". Dan kebanyakan bulu2 tersebut mereka gunakan untuk saling pamer dengan Raptor yang lain, ato untuk menarik lawan jenis pada saat musim kimpoi.

MENGAPA BISA SALAH?
Quote:
Para ilmuwan sebenarnya belum mengetahui hal ini sebelum tahun 1998. Namun setelah ditemukannya bukti tulang Velociraptor yang memiliki knob2 kecil untuk menumbuhkan bulu, maka rusaklah sudah bayangan "keren" tentang Raptor satu ini.

Jadi berharap sajalah abang Stephen Spielberg mau membuat ulang seri Jurassic Parknya dengan versi Velociraptor yang lebih akurat


Spoiler for yang keempat:

PATUNG YUNANI KUNO

PERSEPSINYA :
Quote:
Apa yang biasanya kita bayangkan ketika kita mendengar kata "Yunani Kuno"?. Kalo agan seperti sebagian besar orang lainnya,pasti agan akan langsung terbayang dengan orang2 yang memakai toga putih (kain putih dislempangkan dengan bawahan mirip rok) dan juga patung2 yang terbuat dari marmer putih, dengan mata tanpa pupil (warna hitam pada mata)
Quote:
Ornamen2 dari jaman tersebut terbuat dari marmer putih polos yang menggambarkan kesucian,kekuatan, keanggunan dan kekuatan para dewa2 dan pahlawan kuno. Cukup mengesankan bagi sejarah. Para pematung pada masa Renaissance membuat patung karya mereka dari marmer putih polos dengan "kepercayaan" bahwa orang yunani dulu juga membuatnya demikian.

KENYATAANNYA :
Quote:
Ornamen Yunani Kuno lebih mirip seperti gambaran anak alay pada masa kini, penuh dengan corak yang mencolok dan penuh dengan warna2 hidup.
Quote:
Penelitian akhir2 ini dengan menggunakan kemampuan Laser canggih dan beberapa alat modern lainnya menemukan fakta baru bahwa Patung2 dan bangunan berornamen dari Yunani kuno masa itu dipenuhi dengan warna dan corak yang cerah. Jadi ditengah semua teori dan filosofi diatas tadi, orang Yunani juga memfokuskan untuk membuat kisah hidup mereka terlihat cerah dan mempesona. Dan anda tahu ikon Parthenon yang sering disebut itu? Berdasarkan cara mereka membuatnya dulu, ikon tersebut lebih terlihat seperti sebuah Ornamen yang "mencolok mata" dengan paduan kuning terang,merah dan biru.

MENGAPA BISA SALAH?
Quote:
Seiring berlalunya waktu, sama seperti pada piramid. Cat yang digunakan pada saat itu bukanlah jenis cat yang akan bertahan "selamanya". Jadi ketika mereka ditemukan kembali oleh peradaban yang telah maju, mereka terlihat putih polos, dikarenakan cat sudah mengalami kelunturan. Namun sayangnya orang kebanyakan lebih menyukai ide "Patung Putih yang terbuat dari marmer putih bersih untuk melambangkan dewa dan ksatria kuno", ketimbang mencari lebih dalam.


Spoiler for yang ketiga:

NINJA

VIKING

PERSEPSINYA :
Quote:
Yaah, memang kita tidak punya foto atau pun gambar yang bisa dijadikan sebagai bukti otentik tentang masa lalu, ataupun sejarah. Jadi pada intinya sebenarnya kita hanya bisa memperkirakan hal2 tersebut. Dalam hal berpakaian contohnya. Seperti ninja yang biasa digambarkan berpakaian gelap dengan penutup wajah. Juga Viking yang biasa digambarkan menggunakan helm besi bertanduk besar.
KENYATAANNYA :
Quote:
Baju yang dikenakan ninja terlihat sangat konyol, dibandingkan dengan pekerjaan mereka sebagai "Assassin", yang diharuskan berbaur dengan orang2 di sekitarnya. Alih2 menggunakan pakaian hitam seperti di atas, mereka mengenakan pakaian masyarakat pada umumnya di jaman itu,-pekerja,petani,pedagang,biksu- ataupun pakaian lain yang TIDAK memperlihatkan mereka sebagai ninja. Dengan demikian, mereka bisa menyelinap dengan leluasa siang ataupun malam hari.
Quote:
Dalam beberapa kasus, yang mengharuskan mereka bergerak dalam kegelapan tanpa terdeteksi, mereka tetap TIDAK menggunakan pakaian hitam, melainkan BIRU GELAP, itu akan membuat mereka tampak membaur dengan malam, bukannya hitam yang akan memperlihatkan siluet tubuh mereka dengan jelas.
Sama halnya untuk Viking yang selama ini kita kenal dengan helm bertanduk mereka yang besar, sayang sekali itu tidaklah nyata. Mereka hanya mengenakan helm biasa. Dikarenakan mereka sering melakukan pertarungan "hand-on-hand" yang berjarak dekat, tentu mereka tidak ingin menggunakan helm yang begitu "mencolok" yang bisa dicengkeram musuh dan digunakan untuk melawan balik. Sama halnya dengan polisi yang TIDAK memakai dasi atau atribut lainnya.

KENAPA BISA SALAH?
Quote:
Pada jaman EDO (sekitar seratus tahun setelah keberadaan ninja), Teater masa itu sering sekali memainkan drama dengan melibatkan cerita yang berhubungan dengan ninja. Sehingga mereka mencari akal untuk "memperlihatkan" kemisteriusan, kelincahan dari ninja itu. Karena "asisten panggung" pada masa itu sering menggunakan pakaian hitam,(-banyak hal2 di panggung yang harus dirubah oleh asisten, semisal setting, dll, jadi penonton sudah terbiasa mengabaikan mereka, karena mereka tau itu bukan bagian dari dramanya-), maka ketika salah satu "aktor ninja" mulai berpakaian hitam, dan secara tiba2 muncul keluar untuk membunuh sang "aktor korban" di panggung. Hal ini tentu disukai penonton yang tidak menduganya dari awal.
Untuk Viking sendiri, para sejarawan Yunani dan Roma menggambarkan mereka mengenakan Helm Bertanduk hanyalah sebagai "kesan penambah" kengerian mereka saat itu. Memang Viking merupakan kelompok orang yang dianggap begitu beringas dan berperilaku barbar. Maka TANDUKlah yang cocok untuk menggambarkan karakteristik mereka.

Spoiler for yang kedua:

WAJAH YESUS


PERSEPSINYA :
Quote:
Bahwa wajah dari Yesus, atau Yeshua adalah seperti "trademark" diatas. Wajah bersih, berjenggot, dan berambut panjang. Wajah tersebut mungkin sudah menjadi wajah yang dikenali oleh seluruh dunia.
KENYATAANNYA :
Quote:
Anda mungkin berpikir, Wajah Yesus mirip dengan orang2 Timur Tengah kebanyakan. Ya, karena dia MEMANG ORANG TIMUR TENGAH.
Dan dengan melihat wajah dibawah, ini adalah penggambaran wajah Yeshua atau Yesus yang paling dekat dengan wajah aslinya. Wajah ini dibuat oleh seorang "rendering artist" menggunakan komputer berdasarkan pada bentuk wajah kebanyakan orang pada waktu itu.


KENAPA BISA SALAH?
Quote:
Wajah Yesus yang kebanyakan kita kenal memang dilukis oleh seniman Eropa, kebanyakan oleh Leonardo dan Michaelangelo pada masa Renaissance. Sehingga penggambaran mereka pada waktu itu seakan sudah menjadi patokan yang tetap tentang gambar sosok Yesus, yaitu seorang pria Italia berwajah tampan, sama seperti di lukisan2 mereka yang lainnya.
Tapi itu juga bukan sepenuhnya kesalahan mereka. Karena pada abad pertengahan, di masa Perang Salib, Gereja seakan tidak ingin mengingatkan pada jemaatnya, bahwa Sosok yang mereka sembah berwajah mirip dengan musuh yang sedang mereka perangi.
Namun penggambaran Yesus bisa berbeda di tiap negara, ada beberapa versi seperti "Black Jesus, Hispanic Jesus, Asian Jesus, dll
Penggambaran Yesus di cina

Black Jesus


Hispanic Jesus


Spoiler for yang PERTAMAX:

BIG BANG

PERSEPSINYA :
Quote:
Anda tidak harus mendalami Astronomi atau ilmu pengetahuan lainnya untuk mengetahui tentang teori BIG BANG (-teori terciptanya alam semesta dari ledakan besar-). Dari namanya saja sudah terdengar seperti ledakan yang besar. Bahkan Carl Sagan juga menyetujui hal ini, paling tidak itulah yang ia kemukakan dalam Dokumenternya yang sudah disegani dunia.

"Our Universe began with the mightiest explosion of all time."

KENYATAANNYA :
Quote:
Dikarenakan belum ada yang bisa menemukan jawaban yang paling tepat, masih diperdebatkan sampai saat ini, bagaimana awal mulanya Kosmos itu tercipta. Namun yang pasti bukanlah dengan ledakan seperti yang digambarkan diatas. Ada beberapa yang mengatakan bahwa alam semesta itu berawal dari kumpulan "materi" yang berkembang atau meluas dengan kecepatan yang sangat tinggi, atau dikenal dengan BIG BANG. Namun di satu sisi, ada yang mengemukakan bahwa alam semesta terus mengembang dengan tingkat yang sama tiap harinya, dari awal terbentuk, sampai saat ini. Atau yang dkenal dengan "Steady State". Namun dari kedua belah pihak tidak ada yang setuju bahwa alam semesta tercipta dari sebuah "ledakan" besar.

MENGAPA BISA SALAH?
Quote:
Ini sebenarnya adalah kesalahpahaman dalam pengartian BIG BANG. Fred Hoyle adalah seorang Ilmuwan yang berdiri pada asas "Steady State". Ia yang pertama kali mengemukakan kata BIG BANG, sebagai ketidak setujuannya dengan asas terciptanya Alam Semesta dari kumpulan materi yang secara luar biasa mengembang, di dalam sebuah debat.
Namun kesalahan kita adalah langsung mengambil makna harafiah "BIG BANG" itu, dan tidak pernah melepaskannya
Fred Hoyle


SUMBERNYA

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Entri Populer