Labels

Ajaib (105) Akhir Zaman (12) Akuntansi (1) Alam (344) Aneh (896) Anime (19) Asal Usul (175) Cerita (73) Cewek (73) Cowok (37) Design (143) Download (7) Ekonomi (28) Fakta (2345) Fenomena (80) fotografi (74) Games (4) Geografi (53) Gila (92) GO Green (58) Hebat (669) Hewan (262) Ilusi (11) Indah (268) Indonesia (197) informasi (3209) Inspirasi (126) Kamus (2) Kecantikan (79) kesehatan (607) Langka (58) lifestyle (232) Love (3) Lucu (156) Makanan (115) Mantap (448) Menakjubkan (1400) Misteri (64) Mitos (39) Movie (1) Otomotif (59) Parfum (2) Puzzle (19) Rapture (2) Relationship (81) Renungan (27) Resensi (3) Resep (3) Science (190) Seni (93) Serba 10 (442) Sport (99) Teknologi (391) Tips (768) Travel (101) Trik (471) Unik (1072) Wallpapers (1)

Wednesday, February 23, 2011

Mengenal 13 Macam Jenis Keju Lezat

Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi pengetahuan kepada Anda tentang makanan. Makanan ini sangat terkenal didunia dan kaya akan protein makanan itu adalah keju, tentu anda tidak asing lagi dengan makanan ini bukan?

Diartikel kali ini happy blogging today tidak akan membahas apa itu keju dan asal pembuatan keju karena telah berlalu posting apa itu keju.

Dan kali ini akan mengenalkan kepada Anda 13 macam jenis keju lezat. Selama ini Anda hanya ‘berteman’ dengan keju Mozarella saja? Ah jika demikian, mungkin Anda perlu membuka diri dan mengenal 13 macam jenis keju lezat lainnya…

1. Gruyère

Keju Swiss ini mirip dengan keju Emmenthal. Bedanya hanya lubang yang dimiliki lebih sedikit dan lebih kecil. Rasanya pun jauh lebih kuat. Gruyère sangat sering dipakai untuk memasak karena lebih mudah meleleh.

2. Cheddar

Keju yang berasal dari Cheddar district of Somerset ini adalah salah satu keju terbaik di dunia. Keju produksi pabrik memiliki permukaan rata dan mengkilat seperti lilin. Sedangkan produksi rumahan cenderung bertekstur tidak rata dan keras. Rasanya beragam mulai dari manis untuk keju muda, sampai rasa yang tajam untuk keju tua.

3. Stilton

Keju ini dikenal dengan keju Raja Inggris, dibuat dari lemak susu sapi, dan biasanya ditambahi dengan krim. Rasanya beragam tergantung dari lamanya keju disimpan. Rasa keju ini tidak begitu tajam. Stilton biasanya berbentuk silinder panjang. Semakin tua kejunya, serat hijau di dalamnya semakin tidak kelihatan.

4. Edam

Keju Belanda ini bertekstur mulus, dan berwarna orange kekuningan yang dibungkus dengan lapisan merah atau kuning. Edam dibuat dari susu skim. Keju tua Edam memiliki rasa agak lembut daripada keju muda Edam yang rasanya lebih tajam.

5. Manchego

Manchego yang berasal dari Spanyol ini terbuat dari lemak susu domba. Rasanya lembut dan lebih tajam di pinggiran keju.

6. Gorgonzola

Keju dari Italia ini terbuat dari susu sapi, dan bertekstur tidak rata. Keju produksi pabrik berasa lebih lembut, dan lebih tajam untuk produksi rumahan.

7. Roquefort

Roquefort berasal dari Perancis. Keju ini terbuat dari lemak susu kambing, dan bertekstur lunak dengan warna agak kebiruan.

8. Fontina

Fontina terbuat dari susu sapi, bertekstur agak keras, dan agak berasa kacang.

9. Gouda

Keju yang berasal dari kota Gouda, Belanda ini terbuat dari susu sapi. Jadi, Gouda lebih berlemak dan berkalori dibandingkan Edam. Biasanya lapisannya berwarna kuning. Tapi, keju tua Gouda yang disimpan selama 7 tahun, lapisannya berubah menjadi hitam.

10. Havarti

Keju dari Denmark dan terbuat dari susu sapi ini memiliki cukup banyak lubang. Keju muda berasa lebih lembut, dan lebih tajam untuk keju tua.

11. Parmesan

Kebanyakan dari makanan Italia menggunakan Parmesan. Keju yang terbuat dari susu sapi ini berwarna kuning muda, bertekstur tidak rata dan memiliki rasa agak asin. Parmesan dapat bertahan selama beberapa minggu jika dibungkus dengan rapat dengan kertas aluminium dan disimpan di lemari es.

12. Provolone

Keju muda Prolovone atau Dolce, berasa sangat lembut. Sedangkan keju tua atau Picante yang disimpan selama 2 tahun berasa lebih kuat dan tajam.

13. Halloumi

Keju yang berasal dari Cyprus dan terbuat dari susu kambing ini tidak begitu keras dan tidak ada lapisan pembungkusnya. Halloumi bertekstur kenyal dan lebih nikmat apabila ditambah dengan daun mint. Anehnya, bentuknya tidak berubah ketika dimasak. Jadi, cocok untuk makanan yang dipanggang atau digoreng.

Semoga artikel kali ini bermanfaat, seperti biasa bila ada saran atau kritik atau yang lainnya tinggalkan komentar Anda di bawah.


http://www.todaypos.com/mengenal-13-macam-jenis-keju-lezat.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Entri Populer