Labels

Ajaib (105) Akhir Zaman (12) Akuntansi (1) Alam (344) Aneh (896) Anime (19) Asal Usul (175) Cerita (73) Cewek (73) Cowok (37) Design (143) Download (7) Ekonomi (28) Fakta (2345) Fenomena (80) fotografi (74) Games (4) Geografi (53) Gila (92) GO Green (58) Hebat (669) Hewan (262) Ilusi (11) Indah (268) Indonesia (197) informasi (3209) Inspirasi (126) Kamus (2) Kecantikan (79) kesehatan (607) Langka (58) lifestyle (232) Love (3) Lucu (156) Makanan (115) Mantap (448) Menakjubkan (1400) Misteri (64) Mitos (39) Movie (1) Otomotif (59) Parfum (2) Puzzle (19) Rapture (2) Relationship (81) Renungan (27) Resensi (3) Resep (3) Science (190) Seni (93) Serba 10 (442) Sport (99) Teknologi (391) Tips (768) Travel (101) Trik (471) Unik (1072) Wallpapers (1)

Friday, January 7, 2011

10 BERITA BESAR DUNIA 2010

Foto kombinasi oleh The Epoch Times.
Foto kombinasi oleh The Epoch Times.
(Epochtimes.co.id)

1. Google Hengkang dari RRT

Setelah 4 tahun mengoperasikan bisnisnya di pasar RRT, mesin penelusur dunia terbesar, Google Inc, akhirnya mengumumkan pemutusan kerja sama dengan Badan Sensor Berita PKT pada 23 Maret 2010 dengan alasan tidak dapat menerima sistem sensor internet PKT. Langkah ini diambil Google setelah negosiasi alot dengan penguasa Beijing selama 2 bulan lebih tidak menghasilkan keputusan apapun.

Hengkangnya Google membawa pengaruh besar di seluruh dunia. Jejak Google diikuti oleh Go Daddy dan Network Solutions, perusahaan domain besar lainnya, yang juga memutuskan untuk menghentikan pendaftaran domain di RRT.

Ekonom terkenal, He Qinglian, menjelaskan bahwa keputusan Google yang menolak kerja sama dalam hal sensor internet dan memilih hengkang dari RRT, secara gamblang mematahkan argumen PKT yang tidak mengakui pihaknya menerapkan sensor terhadap media massa.

2. Adu Otot AS-Jepang-Korsel versus PKT-Korut

Sepanjang 2010, diramaikan oleh kericuhan besar yang terjadi di Semenanjung Korea, Jepang dan wilayah perairan sekitarnya. Di antaranya termasuk peristiwa kapal perang Cheon An, tabrakan kapal RRT dan Jepang, serangan meriam Korut ke Korsel, dan peristiwa genting lainnya menyebabkan situasi genting di wilayah tersebut menjadi pusat perhatian dunia.

Sikap provokasi Korut telah mengusik ketenangan negara-negara sekitarnya. Pada 3 Desember lalu, Jepang dan AS melakukan latihan perang gabungan selama 8 hari. Kemudian pada 20 Desember, kembali Korsel dan AS melakukan latihan perang bersama di wilayah barat perairan Korea (Laut Kuning). Sebelum latihan bersama, Korut yang tadinya sesumbar mengancam masyarakat internasional berubah 180 derajat menjadi bertekuk lutut dan menunjukkan itikad baiknya.

Pakar permasalahan Tiongkok, Profesor Li Tianxiao, berpendapat, tadinya PKT sudah berniat memohon AS menyerahkan hak otoriter terhadap Perundingan 6 Negara pada RRT dengan memanfaatkan peristiwa Korut membuat kekacauan ini, di saat yang sama juga mengurangi tekanan akibat bersekutunya AS, Jepang, dan Korsel dengan negara-negara ASEAN, sekaligus mendukung suksesi Kim Jong-Un untuk memperkuat pengaruhnya terhadap Korut. Namun tak disangka AS dan Korsel tak termakan siasat ini, malah sebaliknya semakin memperbanyak frekuensi latihan perang bersama, memperkuat aliansi AS-Jepang-Korsel, serta menolak desakan RRT mengenai Perundingan 6 Negara, sehingga akhirnya PKT gagal total dan tidak berdaya sama sekali.

3. Tur keliling dunia Shen Yun kembali pecahkan rekor

Kelompok kesenian Shen Yun yang dibentuk 2006 setelah beberapa tahun melakukan tur keliling dunia untuk menggelar pertunjukan seni budaya, pada 2010 kelompok seni yang terdiri dari 3 grup termasuk 3 grup orkestra, kembali menggelar 342 kali pertunjukan di lebih dari 100 kota besar di seluruh dunia dengan skala besar.

Di tengah krisis ekonomi yang sedang melanda seluruh dunia, pertunjukan seni di negara Barat berkurang drastis, banyak grup kesenian gulung tikar. Tapi sebaliknya Shen Yun justru dengan kondisi yang tangguh, ketrampilan yang tinggi dinyatakan oleh seniman dunia sebagai “pertunjukan nomor 1 dunia”, sempat mengguncang kalangan kelas atas berbagai negara dunia, etnis Tionghoa merasa bangga olehnya, dan menjadi sebuah keajaiban dalam sejarah dunia seni.

Tujuan utama kelompok seni ini adalah mewarisi dan memprakarsai kebudayaan ortodoks umat manusia dengan menampilkan kembali intisari budaya warisan para dewa dari negeri timur. Menjunjung tinggi kesederhanaan kehidupan, melantunkan keyakinan yang teguh, serta menyebarkan rasa hormat dan syukur terhadap Tuhan.

Dampak pertunjukan Shen Yun di seluruh dunia serta pengakuan para tokoh kalangan atas dunia terhadap pertunjukan Shen Yun yang mewakili seni budaya tradisional Tiongkok yang sesungguhnya, telah membuat PKT ketakutan. Seperti yang dikatakan seseorang dari daratan Tiongkok: “(Pertunjukan) Yang dimainkan PKT adalah budaya partai, yang menghancurkan kebudayaan Tiongkok, sebaliknya Shenyun justru membangun kembali kebudayaan tradisional Tiongkok, partai komunis sedang kehilangan hak bicara atas penjelasan tentang kebudayaan Tionghoa ini, sehingga PKT sangat takut terhadap Shen Yun.”

4. Perseteruan nilai tukar RMB

Tahun 2010 ini, seputar perdagangan yang tidak seimbang, pengangguran dan masalah ekonomi lainnya, terutama masalah nilai tukar RMB telah menyebabkan persengketaan antara PKT dengan negara barat terutama AS, sehingga menjadi pusat perhatian dunia, dan juga menjadi topik pembicaraan dalam berbagai ajang konferensi tingkat internasional yang diselenggarakan sepanjang tahun 2010.

Ada pakar yang menyatakan, pihak AS memfokuskan diri dalam mencari faktor penyebab pada permukaan saja akan nilai tukar RMB ini, padahal penyebab utama murahnya produk ekspor RRT terletak pada tenaga buruh murah yang dibentuk oleh sistem kekuasaan PKT ini, yakni “Hak Asasi Manusia yang jelek” di RRT. Menurut data Badan Statistik AS, pada 1995, rata-rata gaji per jam buruh AS sebesar 16,16 dolar AS, sementara di sebagian besar wilayah di Tiongkok upah per jam buruh hanya 40 - 60 sen saja. Para pakar berpendapat, “pabrik berkeringat darah” yang terdapat di bawah penguasaan PKT ini adalah penyebab utama murahnya produk ekspor yang diproduksi RRT.

Ada juga pakar lain yang berpendapat, jika penguasa PKT memberi kebebasan terhadap nilai tukar mata uangnya, maka RMB bahkan akan melemah. Penyebab utamanya adalah kepercayaan rakyat terhadap penguasa PKT telah berada di titik paling rendah. Begitu sistem mata uang ini dilonggarkan, masyarakat akan berbondong-bondong menukarkannya dengan dolar AS, yang akan menyebabkan berkurangnya persediaan dolar AS dan nilai mata uang RMB akan anjlok drastis.

Menanggapi masalah kompleks nilai tukar mata uang ini,setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda-beda, namun bagaimana pun juga, jika dilihat keadaan saat ini, perseteruan AS- RRT terhadap masalah nilai tukar mata uang RMB ini mungkin tidak akan berakhir seiring dengan datangnya tahun yang baru ini.

5. Piala Dunia pertama kali di Afrika, Spanyol raih Piala Dunia pertama kalinya

Pada 11 Juni – 11 Juli 2010, pertandingan akbar Piala Dunia ke-19 diselenggarakan di Afrika Selatan. Obor api yang menyala selama 31 hari meloloskan 32 tim sepak bola ke babak penyisihan dan mempersembahkan 64 kali pertandingan yang menyedot perhatian seluruh pecandu sepak bola dunia.

Pada Piala Dunia kali ini, Belanda tampil memukau dengan menyisihkan tim kuat Amerika Latin, Brasil dan Uruguay hingga lolos ke babak final. Sementara itu, tim Spanyol yang terkenal dengan bayaran paling mahal di dunia berhasil menyingkirkan Portugal serta tim unggulan Jerman, dan mengukir sejarah baru dengan melaju ke babak final untuk pertama kalinya. Setelah melalui pertarungan sengit, akhirnya tim Spanyol berhasil membobol gawang lawan lewat kaki Andres Iniesta, mengalahkan Belanda dengan skor 1-0 dan menyandang juara dunia ke-8. Spanyol, Belanda, Jerman dan Uruguay berada di urutan 4 besar Piala Dunia.

6. Gelombang Tuidang landa RRT, aksi unjuk rasa rakyat terjadi dimana-mana

RRT pada 2010 di bawah penguasaan PKT, pertumbuhan ekonomi yang tidak wajar menyebabkan inflasi serta harga properti yang selangit, ditambah lagi dengan PKT yang semakin keras mengekang kebebasan, menindas kepercayaan, sehingga mengakibatkan pergolakan masyarakat. Bersamaan itu serial editorial surat kabar Dajiyuan (The Epoch Times edisi Mandarin), “9 Komentar Tentang Partai Komunis”, semakin membekas dalam hati rakyat RRT, yang mengakibatkan banyak rakyat Tiongkok tersadar, gelombang keluar dari partai Komunis dan organisasinya (Tuidang) terus berkembang pesat, peristiwa aksi unjuk rasa rakyat menentang pemerintah secara massal terjadi dimana-mana, dan menjadi peristiwa besar yang paling menarik perhatian dunia pada 2010.

Tahun 2010, sikap rakyat menentang pemerintahan tirani PKT semakin lama semakin sering terjadi, baik dari skala, tingkat parahnya maupun dampaknya semakin lama semakin besar. Dan satu hal yang paling menonjol adalah kebencian rakyat terhadap pemerintah telah mencapai puncaknya, sehingga dalam aksi melawan kekerasan sering bentrok dengan polisi, membunuh polisi, membakar mobil polisi, menghancurkan kantor pemerintahan dan lain-lain.

Peristiwa perlawanan kekerasan massal yang terjadi pada tahun 2010 mendapat perhatian masyarakat internasional, dari sisi lain juga membuat orang lebih mengetahui bahwa runtuhnya PKT sudah tidak lama lagi.

7. Bencana tumpahan minyak BP di Teluk Meksiko

20 April, gelanggang sumur pengeboran minyak lepas pantai Deepwater Horizon milik perusahaan minyak bumi BP Inggris yang terletak di wilayah Teluk Meksiko mengalami ledakan dan terbakar, menyebabkan 11 orang pekerja di atas gelanggang sumur bor tewas, dan gelanggang tersebut tenggelam 2 hari kemudian.

Setelah bencana tersebut terjadi, menurut perkiraan rata-rata setiap hari sekitar 12.000 - 100.000 barel minyak mentah tumpah ke Teluk Meksiko, menyebabkan sedikitnya 2.500 km persegi wilayah laut tertutup tumpahan minyak. Hingga 15 Juli kebocoran minyak sementara dapat ditutup, tapi sekitar 200 juta gallon minyak mentah telah tumpah, menjadikannya sebagai bencana tumpahan minyak laut dekat berskala terbesar sepanjang sejarah Amerika Serikat.

Peristiwa tumpahan minyak di Teluk Meksiko ini membawa dampak sangat parah terhadap keseimbangan ekosistem, industri perikanan,dan pariwisata di wilayah pesisir beberapa negara bagian. Wilayah perairan dalam ruang lingkup luas telah tercemar, tidak sedikit ikan, burung, dan makhluk hidup di laut lainnya terkena dampak yang sangat serius.

Di bawah tekanan Gedung Putih, pihak perusahaan BP Inggris membuat rekening yayasan senilai 20 miliar dolar AS, yang akan digunakan untuk pembiayaan membersihkan pencemaran akibat tumpahan minyak tersebut dan memberikan ganti rugi terhadap para nelayan dan sektor usaha lainnya yang terkena dampaknya.

8. Krisis Moneter Eropa

Krisis mata uang Euro datang dari krisis hutang debitur dalam Uni Eropa, krisis hutang ini mengimbas pada kestabilan keseluruhan sistem mata uang Euro di Eropa, menyebabkan mata uang Euro terus melemah dan mengancam posisinya di tengah nilai tukar mata uang seluruh dunia. Jika 5 negara “PIIGS” Eropa yakni Yunani, Irlandia, Portugal, Spanyol, dan Italia yang merupakan negara penghutang terbesar dipaksa untuk melepaskan mata uang Euro atau dikeluarkan dari wilayah Euro, sistem Euro di ambang kehancuran, kondisi ekonomi dunia pun akan mengalami restrukturisasi.

Meskipun krisis hutang anggotanya membuat kesatuan Uni Eropa terseok-seok, tapi upaya dan komitmen Uni Eropa dalam melepaskan diri dari krisis tersebut tidak dapat dianggap enteng. Seiring dengan berkembangnya krisis hutang debitur, semua negara Uni Eropa yang terganggu akibat hutang ini harus melakukan restrukturisasi dalam skala besar baik terhadap hutang perorangan maupun hutang negaranya.

Kini ramalan akan krisis Euro ini apakah dapat dilewati dengan baik, serta apakah wilayah Euro akan tercerai berai, sepertinya terlalu dini untuk meramalkan, tapi di tahun 2011 ini, bagaimana wilayah Euro akan menyelesaikan konflik internal yang timbul akibat mata uang bersama ini patut untuk diperhatikan secara seksama.

9. Jatuhnya pesawat Presiden Polandia

Pada 10 April, pesawat khusus kepresidenan buatan Rusia yang ditumpangi oleh Presiden Polandia Lech Kacsynski beserta istri serta rombongan pejabat penting lainnya dalam rangka kunjungan ke Rusia untuk menghadiri Peringatan 70 Tahun Peristiwa “Pembantaian Hutan Katin” jatuh di wilayah barat Rusia. Total 97 orang penumpang berikut awak di dalam pesawat tersebut dinyatakan tewas.

Bencana penerbangan ini membuat lebih banyak lagi rakyat Polandia memahami tindakan anarkis “pembantaian Katin” yang dilakukan oleh Partai Komunis Soviet, juga memaksa Polandia mempercepat pemilihan presidennya. Akhirnya Bronislaw Komorowski yang menjadi pejabat presiden sementara yang pro Uni Eropa meraih kemenangannya.

50 tahun lalu, Stalin dari Partai Komunis Soviet secara diam-diam memerintahkan eksekusi terhadap 22.000 orang perwira dan para cendikiawan Polandia di Katyn, lalu melimpahkan kejahatan di Katyn tersebut kepada NAZI. Hingga 1990 akhirnya terpaksa mengakui telah melakukan kejahatan tersebut dan menutupi “pembantaian Katyn”.

Peristiwa jatuhnya pesawat ini membuat rakyat Polandia memahami tempat bernama Katyn ini pada 50 tahun lalu, pernah membuat Polandia kehilangan begitu banyak cendikiawannya. Hal ini juga semakin menyadarkan rakyat Polandia untuk tidak melupakan bencana yang dibawakan oleh komunisme terhadap Polandia.

10. Gempa Haiti menewaskan 230 ribu jiwa

12 Januari sore, pukul 16:53 waktu setempat, sebuah gempa berkekuatan 7,3 SR (Skala Richter) meluluh lantakkan Haiti, dan hingga 24 Januari, sedikitnya tercatat telah terjadi 52 kali gempa susulan berkekuatan 4,5 SR.

Ini merupakan gempa terparah yang menerjang Haiti selama 200 tahun terakhir, menyebabkan 230 ribu orang tewas, 300 ribu orang luka-luka, 1 juta orang kehilangan tempat tinggal, 250 ribu rumah penduduk dan 30 ribu gedung komersial roboh atau rusak parah. Pusat gempa kali ini terletak di kedalaman 10 km, dengan titik gempa berada di lokasi 16 mil (25 km) dari Port of Prince ibukota Haiti (LU 18,5 derajat, BB 72,5 derajat).

Setelah gempa terjadi, banyak organisasi kemanusiaan dari berbagai negara berbondong-bondong memberikan bantuan makanan, air minum dan obat-obatan kepada Haiti.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Entri Populer